Jumat 14 Aug 2020 06:26 WIB

Keutamaan Membaca Surat Yasin

Umumnya surat Yasin dibaca umat setiap Jumat.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Keutamaan Membaca Surat Yasin
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Keutamaan Membaca Surat Yasin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua surat dalam Alquran memiliki keutamaan sesuai fitrahnya Alquran sebagai petunjuk bagi manusia. Namun, ada beberapa surat Alquran yang Rasulullah tekankan keutamaannya jika membacanya, seperti surat Yasin.

Al-Hafizh Abu Yala berkata, "Ishaq bin Abi Isra'il meriwayatkan kepada kami, Hajjaj bin Muhammad meriwayatkan kepada kami dari al-Hasan, ia berkata," saya mendengar Abu Hurairah berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabdam "Siapa yang membaca surat Yasin pada suatu malam maka pada pagi harinya diampuni. Dan siapa yang membaca surah Ha Mim yang di dalamnya ada ad-Dukhan, maka pada pagi harinya diampuni. 

Baca Juga

Ustadz Abdul Somad dalam bukunya 37 Masalah Populer menyampaikan, Imam Ibnu Katsir memberikan komentar sanad Jayyid baik. Selanjutnya, Imam Ibnu Katsir menyebutkan, kemudian Imam Ahmad bin Hanbal berkata, "Arim meriwayatkan kepada kami, Ibnu Al Mubarok meriwayatkan kepada kami, Sulaiman At-Taimi meriwayatkan kepada kami, dari Abu Utsman bukan an-Nahdi, dari bapaknya, dari Ma'qil bin Yasar. Ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Bacakanlah surah Yasin kepada orang yang sudah mati antara kamu."

Diriwayatkan oleh Abu Dawud An-Nasa'i dalam al-Yaum wa al-Lailah Ibnu Majah dari Abdullah bin al-Mubarok, hanya saja dalam riwayah an-Nasa'i disebutkan dari Abu Utsman dari Ma'qil Bin Yasar. Komentari Ibnu Katsir oleh sebab itu sebagian ulama berkata: "Di antara keistimewaan surat ini sesungguhnya tidaklah Surat Yasin dibacakan pada suatu perkara sulit, melainkan Allah SWT memudahkannya. Seakan-akan dibacakan Surat Yasin di sisi mayat agar turun rahmat dan berkata dan memudahkan baginya keluarnya ruh. Wallahualam."

Hadits lain Rasulullah bersabda. "Siapa yang membaca surat Yasin, karena mengharapkan keagungan Allah maka Allah SWT mengampuninya."

Komentar Imam asy-Syaukani. Diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dari Abu Hurairah, hadits Marfu "sanadnya menurut syarat shahih. Disebutkan Imam Abu Nuaim juga disebutkan Imam Al Khathib al-Baghdadi, tidak perlu disebutkan dalam kitab-kitab hadits palsu. 

"Andai hadits-hadits ini dhaif tetap bisa diamalkan sebagai Fadahail amal," kata Ustaz Abdul Somad.

Umumnya surat Yasin dibaca umat setiap Jumat. Ustadz Abdul Somad mengatakan, tidak hanya membaca surat Yasin saja pada Jumat, tetapi hadits lain menyebutkan keutamaan membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat. Dalam hadits disebutkan, "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat ia diterangi cahaya antara dua Jumat." (HR. An-Nasa'i dan al-Baihaqi). Hadits ini dinyatakan Shahih oleh al-Albani dalam Shahih at targhib wa tarhib

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement