Ahad 05 Jul 2020 23:01 WIB

West Ham Jauhi Zona Degradasi

West Ham dua kali memimpin di laga tersebut

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta (kiri) saat menghadapi West Ham United.
Foto: EPA-EFE/Michael Regan
Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta (kiri) saat menghadapi West Ham United.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — West Ham United menambah jarak aman dari ancaman degradasi walaupun cuma bisa mengimbangi tuan rumah Newcastle United 2-2 dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion St. James' Park, Ahad (5/7).

Padahal West Ham dua kali memimpin di laga tersebut melalui gol Michail Antonio dan Tomas Soucek, tetapi dua kali pula Newcastle menyamakan kedudukan lewat Miguel Almiron dan Jonjo Shelvey.

Hasil itu membuat West Ham yang berada di urutan ke-16 kini mengoleksi 31 poin dan menambah jarak aman dari zona degradasi menjadi empat poin, sedangkan Newcastle (43) naik ke posisi ke-12, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tim besutan David Moyes tampil cukup baik mengawali pertandingan dan langsung berhasil memimpin hanya empat menit setelah sepak mula lewat gol Antonio.

Lini belakang Newcastle tampak rapuh ketika Jamaal Lascelles gagal membaca arah umpan silang Jarrod Bouwen, yang akhirnya melintas dan disambut sepakan keras Antonio untuk menaklukkan kiper Martin Dubravka dari jarak dekat.

Newcastle berusaha membalas melalui eksekusi tendangan bebas Dwight Gayle yang bisa melewati pagar hidup, tetapi bola masih cukup mudah diamankan kiper Lukasz Fabianski.

Sebaliknya, peluang West Ham menggandakan keunggulan berlalu ketika tembakan sudut sempit Antonio bisa dihentikan oleh Dubravka.

Pada menit ke-17, Newcastle sukses menyamakan kedudukan ketika Emil Krafth mengirim umpan tarik yang bisa disontek mudah oleh Almiron tepat di muka gawang.

Gol itu membuat kendali permainan beralih ke tangan tuan rumah, tetapi West Ham sempat berpeluang mengembalikan keunggulannya melalui sepakan Bowen menyelesaikan umpan Aaron Cresswell yang disambut reaksi sigap Dubravka.

Di sisi gawang berbeda, Fabianski tak cukup kesulitan ketika gawangnya mendapat ancaman dari tembakan Allan Saint-Maximin yang masih mudah untuk dihentikan.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan kedua tim masih sama-sama melancarkan serangan sejak sepak lanjut babak kedua.

West Ham berhasil memimpin lagi pada menit ke-65 ketika Soucek menyambar bola liar hasil sundulan Declan Rice yang membentur mistar gawang.

Tetapi keunggulan itu bertahan lebih singkat, sebab dua menit kemudian Shelvey menyelesaikan umpan kerja sama satu dua sentuhan dengan sepakan ke pojok tiang jauh yang tak mampu diantisipasi Fabianski.

Sepanjang sisa pertandingan, West Ham tampak lebih berkesempatan untuk meraih kemenangan tetapi sundulan Soucek dan tembakan Andriy Yarmolenko masih bisa digagalkan Dubravka sedangkan sepakan Soucek berikutnya melenceng dari sasaran,

Skor imbang 2-2 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi, memaksa Newcastle dan West Ham puas berbagi satu poin dari pertandingan tersebut.

Kedua tim akan kembali merumput pada Rabu (8/7) waktu setempat untuk rangkaian laga pekan ke-34 dengan West Ham menjamu Burnley dan Newcastle menyambangi kandang Manchester City.

Susunan pemain:

Newcastle United (4-2-3-1): Martin Dubravka; Emil Krafth, Jamaal Lascelles, Federico Fernandez, Javi Manquillo; Jonjo Shelvey, Isaac Hayden (Nabil Bentaleb); Allan Saint-Maximin (Valentino Lazaro), Miguel Almiron, Joelinton (Andy Carroll); Dwight Gayle (Matt Ritchie)

Pelatih: Steve Bruce

West Ham United (4-2-3-1): Lukasz Fabianski; Ryan Fredericks, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Tomas Soucek, Declan Rice; Jarrod Bouwen, Pablo Fornals (Andriy Yarmolenko), Manuel Lanzini (Mark Noble); Michail Antonio

Pelatih: David Moyes

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement