Ahad 05 Jul 2020 14:26 WIB

Sudah Efektifkah Masker yang Anda Gunakan?

Masker yang efektif harus memberikan jumlah filtrasi yang memadai, aman, dan nyaman.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Orang memakai masker (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Orang memakai masker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masker telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang. Namun, apakah Anda tahu jika masker yang Anda beli dan gunakan efektif?

Dokter penyakit dalam dan anggota Dewan Penasihat Boomer Naturals (salah satu produsen produk kesehatan), Mary Clifton, mengatakan masker yang efektif harus memberikan jumlah filtrasi yang memadai, pas, aman, nyaman, dan memiliki lebih dari satu lapisan. Saat mengenakan masker, penting untuk memastikannya menutupi hidung dan mulut Anda tanpa celah.

"Tujuan dari masker adalah untuk melindungi Anda dari tetesan yang dapat disebarkan oleh seseorang di dekat Anda, atau untuk melindungi orang lain ketika Anda berada dalam jarak dekat," ujarnya seperti dilansir dari laman KSAT, Ahad (5/7).

Lantas masker jenis apa yang paling baik? Menurut Clifton, ada banyak jenis masker, masing-masing memiliki tingkat efektivitas yang berbeda.

Clifton mengatakan yang terpenting saat memilih masker adalah soal perlindungan. Masker yang Anda buat sendiri atau beli secara daring mungkin memiliki perlindungan dua hingga 60 persen.

Anda harus memastikan ukuran masker pas dan tepat, terutama untuk anak-anak yang tidak bisa memakai ukuran dewasa. Anda harus bisa mencuci dan menggunakan kembali masker tanpa mengorbankan perlindungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement