Ahad 05 Jul 2020 10:01 WIB

Anak-Anak Belajar Panahan? Ini Manfaatnya

Olahraga panahan memiliki manfaat untuk anak.

Rep: WIlda Fizriyani/ Red: Muhammad Hafil
Anak-Anak Belajar Panahan? Ini Manfaatnya. Foto: Lomba panahan (ilustrasi)
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Anak-Anak Belajar Panahan? Ini Manfaatnya. Foto: Lomba panahan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi masyarakat yang tertarik dengan dunia olahraga, tentu sudah tidak asing lagi dengan panahan. Olahraga ini sudah mendunia termasuk beberapa atlet Indonesia yang sukses memperoleh prestasi di beberapa ajang.

Mantan atlet panahan Indonesia, Defrizal Siregar mengatakan, olahraga ini tidak hanya untuk orang dewasa tapi bagus juga untuk anak-anak. Oleh sebab itu, dia mengungkapkan sejumlah manfaat olahraga panahan bagi anak, seperti dikutip laman sahabatkeluargakemdikbud.go.id, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Menurut Defrizal, olahraga ini bagus untuk melatih ketenangan anak. Karena itu, dia mengaku pernah ada beberapa orang tua yang datang untuk mencoba olahraga ini. Salah satu alasan utamanya, yakni karena anak-anaknya tidak bisa diam atau terlalu aktif bergerak.

Olahraga ini juga dikenal dapat melatih fokus siapapun. Apalagi dalam panahan  selalu ada target yang harus dibidik. Dari sinilah secara langsung melatih seseorang untuk membangun fokus dan konsentrasinya.

Defrizal mengatakan, panahan juga dapat menimbulkan keberanian. Kondisi ini terlihat saat seseorang menganalisis arah angin hingga melepaskan anak panah. "Dia harus berani mengambil keputusan yang terbaik untuk dirinya," ujar Devrizal.

Selain itu, panahan juga mampu mengasah mental pemenang. Hal ini berdasarkan proses memanah seseorang yang selalu memiliki titik target. Dari hal ini, mental tersebut terbentuk untuk berusaha menjadi seorang pemenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement