Sabtu 04 Jul 2020 16:00 WIB

Politikus PKB Sebut 3 Menteri Nonparpol Layak Direshuffle

Terawan Agus Putranto menjadi menteri dinilai paling layak untuk direshuffle.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani
Maman Imanulhaq
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Maman Imanulhaq

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Kebangkian Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq mengomentari isu reshuffle yang sempat disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Menurutnya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjadi menteri yang menurutnya paling layak untuk direshuffle.

"Kalau menteri-menteri yang harus diganti publik sebenarnya sudah sangat tahu ada beberapa menteri yang pantasnya menjadi Kyai malah menjadi menteri, menteri kesehatan maksudnya," kata Maman dalam diskusi daring, Sabtu (4/7).

Selain Terawan, Maman juga menyebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sebagai menteri yang paling pantas direshuffle. Menurutnya kebijakan belajar jarak jauh yang diterapkan Mendikbud tidak menyelesaikan masalah.

"Menteri pendidikan itu sangat digarisbawahi belajar jarak jauh itu tidak menyelesaikan masalah karena terjadi lost education dan lost generation," ungkapnya.

 

Kemudian Maman juga menyoroti terkait kinerja Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Menurutnya Kementerian Agama menjadi kementerian yang tidak memiliki kepekaan terhadap krisis yang terjadi saat ini.

"Ada lagi satu menteri yang ketika kemarin mengajukan anggaran tambahan selama pandemi, kita sisir programnya, tidak satu pun menyentuhkan pandemi. Saya sebut itu menteri agama. Kementerian Agama tidak punya sense of crisis," tegas anggota Komisi VIII DPR itu.

Padahal, imbuhnya, para ustaz dan kyai menjadi yang paling terdampak dari pandemi Covid. Menurutnya jika pemerintah memberikan perhatian khsuus terhadap nasib para ulama, dan kyai maka mereka bisa menjadi ujung tombak sebagai pemimpin informal yang bisa mensosialisasikan tentang bahaya covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement