Melihat Kebiasaan Kondisi Jamaah Haji Ketika Sampai di Tanah Air

Kemenag Belitung: jamaah haji dinyatakan sehat siap dipulangkan.

Republika/Muhyiddin
Ilustrasi jamaah haji tiba di Tanah Air.
Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPANDAN -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan semua jamaah haji asal daerah itu dinyatakan sehat dan siap dipulangkan ke tanah air.

Baca Juga

"Alhamdulillah, dapat kami laporkan bahwa kondisi semua jamaah haji atau sebanyak 61 haji asal Belitung dalam keadaan sehat menjelang kepulangan ke tanah air," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung, Masdar Nawawi dalam rapat teknis pemulangan jamaah haji Belitung di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, jumlah jamaah haji asal Belitung sebelumnya sebanyak 62 orang namun satu orang atas nama Abdul Rani Rasyid (74) wafat di tanah suci.

Ia mengatakan, sebelum berangkat pulang ke tanah air sebanyak 61 haji asal Belitung akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Kondisi kesehatan yang prima sangat dibutuhkan karena perjalanan pulang ke tanah air memakan waktu panjang dan menguras tenaga sehingga cukup melelahkan.

"Namun biasanya kondisi para jamaah haji kalau menjelang kepulangan ke tanah air kondisi mereka cerah (bersemangat) karena akan berkumpul kembali bersama para keluarga," ujarnya.

Masdar menjelaskan, jamaah haji asal Belitung akan bertolak dari Jeddah menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada, Sabtu (29/6) pukul 19.10 Waktu Arab Saudi (WAS) menggunakan maskapai Saudia Airlines.

"Jamaah akan tiba di bandara SMB II Palembang pada, Minggu (30/6) pukul 08.55 WIB," katanya.

Selanjutnya jamaah haji asal Belitung, kata Masdar, akan menunggu dan beristirahat di ruang tunggu bandara SMB II Palembang sekitar empat jam.

Setelah itu, jamaah haji Belitung akan berangkat ke Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

"Namun ada dua orang haji asal Belitung yang berpindah pesawat dan terbang ke Lampung karena ingin bertemu keluarga di sana," ujarnya.

Oleh karena itu, jamaah haji asal Belitung yang kembali ke Belitung adalah sebanyak 59 orang.

"Jamaah akan terbang dari Bandara SMB II Palembang pada pukul 13.10 WIB dan tiba Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung pada pukul 14.15 WIB," ujarnya.

Dikatakan dia, setibanya di Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung para jamaah akan disambut langsung oleh Pj Bupati Belitung beserta jajaran Forkopimda Belitung.

"Selanjutnya jamaah haji Belitung dijemput oleh keluarga mereka masing-masing untuk koper dan air zam-zam diangkut ke kantor Kementerian Agama Belitung dan bisa diambil di sana pada hari yang sama juga," katanya.

 
Berita Terpopuler