Simak Jadwal Operasional Perbankan Selama Libur Idul Adha 1445 H

Sejumlah bank telah menetapkan jadwal operasionalnya, dan ada yang libur.

Prayogi/Republika
Anjungan Tunai Mandiri (ilustrasi). Berikut jadwal operasional bank saat libur Idul Adha.
Rep: Dian Fath Risalah Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang libur dan cuti bersama Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada Senin (17/6/2024) dan Selasa (18/6/2024), sejumlah aktivitas perbankan akan rehat atau libur. Sejumlah bank pun telah menetapkan jadwal operasionalnya.

Baca Juga

Bank Central Asia (BCA) menyesuaikan jadwal operasional kantor cabang dengan mengikuti jadwal libur dan cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah pada 17-18 Juni 2024. Selama periode tersebut, nasabah dapat mengakses layanan perbankan BCA di manapun dan kapanpun melalui aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta ATM BCA. 

"Seluruh kantor cabang BCA akan kembali beroperasi normal pada Rabu, 19 Juni 2024," ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam keterangan dikutip Ahad (16/6/2024).

Nasabah, juga dapat menggunakan fitur tanpa kartu (cardless) di BCA mobile dan myBCA untuk setor dan tarik tunai di ATM BCA tanpa membawa kartu fisik.

"Kami harap berbagai layanan BCA yang tersedia dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan finansial, termasuk selama periode libur dan cuti bersama Idul Adha 2024," sambung Jahja.

Selama masa libur Idul Adha, masyarakat dan nasabah yang hendak membuka rekening baru dapat melakukannya via aplikasi BCA mobile dan myBCA. Selain itu, nasabah juga dapat melakukan berbagai transaksi secara mudah, seperti pembayaran via QRIS, top up Flazz, serta membayar dan isi ulang kebutuhan paket data menggunakan aplikasi myBCA dan BCA mobile.

Khusus di myBCA, nasabah bisa memanfaatkan fitur Paylater untuk memenuhi kebutuhan mendadak dengan opsi pembayaran kemudian. Layanan Paylater BCA bisa digunakan nasabah setelah melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi myBCA.

Sementara Bank Rakyat Indonesia (BRI) tetap memberikan layanan Kantor BRI secara terbatas pada Selasa (18/6/2024) di 45 Unit Kantor Operasional (UKO) BRI seluruh Indonesia untuk layanan Nasabah Inti Kerjasama meliputi pembukaan rekening klaim asuransi untuk Jasa Raharja, setoran untuk Penebusan DO BBM/Non BBM Pertamina, dengan jadwal operasional pukul 08.00 - 12.00 waktu setempat.

Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengatakan, meskipun periode libur, BRI tetap optimal dalam memberikan pelayanan terbaik dan kenyamanan nasabah.

"Kami juga senantiasa mengimbau nasabah untuk bertransaksi perbankan secara digital yang memberikan kemudahan akses kapanpun dan di manapun dengan lebih praktis," ujarnya dikutip Ahad (16/6/2024).

Masyarakat juga dapat memanfaatkan jaringan e-channel seperti ATM/CRM serta fasilitas laku pandai BRI "AgenBRILink" yang jumlahnya mencapai 627 ribu tersebar di seluruh pelosok negeri.

Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan layanan digital banking BRI dalam hal ini Super Apps BRImo yang saat ini sudah memiliki lebih dari 100 fitur serta layanan yang memudahkan masyarakat bertransaksi dan terhubung dengan Contact BRI melalui layanan bebas pulsa.

Bank Negara Indonesia (BNI) juga akan memberlakukan kegiatan operasional terbatas dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Direktur Network and Services BNI, Ronny Venir, mengungkapkan layanan operasional terbatas dilakukan dalam rangka memenuhi permintaan PT Pertamina (Persero) untuk penerimaan setoran BBM Pertamina pada hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2024.

Dalam pelaksanaan....

 

"Dalam pelaksanaan Operasional Terbatas Libur Idul Adha 1445 H, BNI tetap mengoperasikan jaringan kantor di 21 outlet pada tanggal 17 Juni 2024 dan 22 outlet pada tanggal 18 Juni 2024 yang beroperasional mulai dari Kota Medan hingga Kota Jayapura," kata Ronny pekan ini.

Adapun transaksi yang dilayani antara lain Setoran Pembayaran BBM Pertamina melalui sistem OPBS Pertamina H2H. Ke depannya, dalam rangka penerapan shifting to digital untuk melakukan transaksi penebusan BBM Pertamina, nasabah dapat melakukannya melalui channel BNIDirect.

"BNI berkomitmen akan tetap memberikan pelayanan kepada nasabah secara terbatas, termasuk penerimaan setoran BBM melalui pelaksanaan Operasional Terbatas. Selama libur Idul Adha nasabah tetap bisa menggunakan layanan digital BNI Mobil Banking, Internet Banking, ATM, dan lainnya," ujar Ronny.

Bank Mandiri selama libur dan cuti bersama Idul Adha 1445 H tetap mengakomodir layanan khusus di beberapa cabang. Layanan khusus ini guna memenuhi kebutuhan transaksi, nasabah dapat memanfaatkan layanan digital Bank Mandiri seperti Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel dan Kopra by Mandiri khusus nasabah wholesale. 

"Untuk transaksi tunai diatas Rp. 100 Juta nasabah yang telah terdaftar dapat memanfaatkan Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) melalui Kopra by Mandiri. Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan e-channel Bank Mandiri dengan menggunakan ATM/CRM/CSM yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih detail dapat dilihat melalui bmri.id/operasionalcabang, " ujar VP Corporate Communication Bank Mandiri Ricky Andriano dalam keterangan, Ahad (16/6/2024).

Sementara itu, Bank Syariah Indonesia (BSI) menetapkan pembukaan layanan terbatas setiap akhir pekan selama Juni 2024. Karena di pertengahan tahun ini sedang musim Haji dan Idul Qurban, serta pendaftaran sekolah, untuk itu 604 cabang BSI layanan weekend banking siap melayani nasabah di seluruh Indonesia.

“Menjelang Idul Adha dan bulan ibadah haji, tentu banyak nasabah yang membutuhkan transaksi untuk berkurban, apalagi di bulan Juni ini banyak orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah,” kata Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar pada pekan lalu.

Layanan weekend banking diadakan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Kantor cabang BSI yang telah ditentukan akan beroperasi dengan jam layanan terbatas, dimulai pukul 08.00 hingga 14.00 waktu setempat. Masyarakat dapat mengakses informasi lokasi kantor cabang BSI di www.bankbsi.co.id.

Untuk menjangkau wilayah yang jauh dari ATM dan kantor cabang, BSI juga telah menyiapkan 97.326 BSI Agen yang bisa melayani setor dan tarik tunai, pembayaran listrik, air, pembelian pulsa, dan sebagainya. Layanan perbankan juga semakin mudah diakses nasabah melalui BSI Mobile. Lewat mobile banking, nasabah dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu, pembayaran biaya bulanan seperti (PDAM, PLN, internet, sekolah, pulsa/paket data, ziswaf, transfer antar-bank lewat BI Fast), pembiayaan hingga pembukaan rekening.

Dian Fath Risalah

 
Berita Terpopuler