Wak Haji Ragnar Optimistis Timnas Menang. Berharap Bisa Bobol Gawang Filipina

Ragnar kemungkinan besar akan menjadi starter timnas Indonesia melawan Filipina.

Republika/Edwin Dwi Putranto
Ekspresi pesepak bola Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen seusai gagal mencetak gol ke gawang Timnas Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2.
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ragnar Oratmangoen mencetak gol pada laga debutnya membela timnas Indonesia. Sumbangan gol Ragnar membawa Indonesia mengalahkan Vietnam 3-0 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion My Dinh, Maret lalu.

Baca Juga

Setelahnya, ia tampil membela timnas dalam laga uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya, Senayan pada awal bulan ini. Berikutnya ketika melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, tengah pekan lalu. Sayangnya, tak ada gol datang dari kaki atau kepalanya.

Kesempatan bagi Ragnar akan datang besok. Indonesia akan menjamu Filipina dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di SUGBK, Selasa (11/6/2024) malam. Ragnar hampir pasti menjadi starter. Gelandang serang Groningen ini berharap, ia bisa menambah koleksi golnya bersama skuad Garuda.

Menurut Ragnar Filipina bukan lawan yang mudah dan besok akan jadi pertandingan sulit. Namun skuad Garuda percaya diri sebagai tim bisa memenangi pertandingan. "Harapan saya sendiri, semoga bisa mencetak gol di GBK," jelas pemain berpostur 181 cm ini.

Ragnar beroperasi sebagai gelandang atau pemain sayap di klubnya. Namun di Indonesia, ia juga bermain lebih ofensif. Pola serangan yang cair dari pelatih Shin Tae-yong membuat Ragnar tiba-tiba bisa berubah menjadi penyerang tengah. Ini yang membuat kans mencetak golnya di timnas lebih besar ketimbang di klub.

Saat melawan Irak, Ragnar sebenarnya hampir mencetak gol. Namun pada momen kunci, bek Irak berhasil menyapu bola yang siap dilesakkan Ragnar ke gawang lawan.

"Saya rasa, kami sudah melakukan beberapa hal baik di laga terakhir, tetapi pada akhirnya kami harus kalah 0-2. Sekarang adalah pertandingan penting buat kami, kami akan berusaha mendapat 3 poin, dan kami optimistis sebagai tim dapat menunjukkan yang terbaik," ujar pemain yang mendapatkan julukan Wak Haji ini drai fans timnas.

Ia menampik ada perasaan tidak nyaman di lini depan timnas. Sebab saat melawan Tanzania, Indonesia menciptakan banyak peluang.

"Searusnya bergantung kami untuk mencetak gol dan menyelesaikan peluang. Namun, seperti yang saya harapkan besok kami bisa mencetak gol di pertandingan dan menjadi pemain penting buat tim," kata dia berharap.

 
Berita Terpopuler