Usai dari Singapura, Magelang, dan Gunungkidul, Prabowo Terima Dubes Selandia Baru

Kerja sama pertahanan antara RI dan Selandia Baru relatif berhasil sejak tahun 1967.

Dok Kemenhan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Burnett.
Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Burnett beserta pendamping di ruang kerja Menhan RI, Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Senin (1/6/2024) sore WIB.

Prabowo menerima sang tamu usai di tengah agenda padat yang dilakukannya. Pada Sabtu (1/6/2024), ia menghadiri forum Shangri-La Dialogue 2024. Kemudian, ia terbang ke Akademi Militer (Akmil) dan SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah pada Ahad (2/6/2024).

Baca: Menhan Prabowo Jenguk Jenderal Subagyo HS yang Sakit di Yogyakarta

Kemudian, ia mengunjungi kediaman mantan KSAD Jenderal (Purn) Subagyo HS di kawasan Gondokusuman, Yogyakarta pada Ahad malam WIB. Setelah itu, pada Senin (3/6/2024) pagi hingga siang WIB, Prabowo meresmikan bantuan perpipaan air bersih di Kalurahan Banyusoco, Playen, Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Setelah itu, ia balik ke Jakarta untuk berkantor di Kemenhan. Dalam pertemuan dengan Dubes Kevin Burnett, kedua pihak menegaskan kembali pentingnya hubungan dan persahabatan yang kuat antara RI dan Selandia Baru. Keduanya juga menunjukkan kepercayaan, dan niat baik bersama yang telah mendasari hubungan diplomatik selama lebih dari 60 tahun.

Baca: Kepala Bakamla Dorong Terbentuknya ASEAN Coast Guard

"Terima kasih sekali lagi, HE Kevin telah datang untuk berdiskusi terkait pertahanan hari ini. Kami menantikan kelanjutan kolaborasi dan berharap ke depan dapat memperkuat ikatan antar negara kita," ujar Prabowo.

Sebagian besar program kerja sama pertahanan RI-Selandia Baru berfokus pada bidang pendidikan khususnya Sesko TNI dan Sesko Angkatan, baik di Indonesia maupun di Selandia Baru. Ke depan, Prabowo berharap, Indonesia dan Selandia baru dapat meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Termasuk, kata dia, latihan bersama militer, kerja sama keamanan maritim, intelijen, pemeliharaan perdamaian, dan bidang strategis lainnya. Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Selandia Baru relatif berhasil sejak tahun 1967. Hal itu ditandai dengan pertukaran perwira melalui program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan di Indonesia dan Selandia Baru.

Baca: Dubes Sebut Kontrak RI Beli Sukhoi Su-35 Belum Dibatalkan

"Indonesia selalu memandang Selandia Baru sebagai teman dekat dan negara mitra utama di kawasan Pasifik Selatan, khususnya di bidang pertahanan," ujar Prabowo.

Turut hadir mendampingi Menhan Prabowo dalam kunjungan tersebut, Plt. Dirjen Strahan Kemhan

 
Berita Terpopuler