Gelombang Panas di India yang Mematikan: Puluhan Petugas TPS Pemilu Meninggal Dunia

New Delhi mengalami suhu tertinggi sepanjang masa mencapai 52,9 derajat Celsius.

AP Photo/Manish Swarup
Seorang pria berjalan melewati monumen Gerbang India pada hari musim panas di New Delhi, India, Senin, 27 Mei 2024.
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Gumanti Awaliyah, Antara, Anadolu

Baca Juga

Pemilu India yang berakhir pada Sabtu (1/6/2024) di 57 daerah pemilihan di beberapa negara bagian, menyisakan duka. Sedikitnya 33 petugas tempat pemungutan suara (TPS) meninggal akibat gelombang panas selama fase terakhir Pemilu di India.

 

Beberapa kota di India dilanda gelombang panas, dengan suhu di atas 49 derajat Celsius, dan banyak negara bagian melaporkan kematian akibat gelombang panas tersebut. Ibu Kota New Delhi mengalami suhu tertinggi sepanjang masa sebesar 52,9 derajat Celsius, tetapi beberapa pejabat urusan cuaca lantas mengatakan bahwa angka tersebut salah.

Mei dianggap sebagai bulan terpanas selama musim panas, departemen cuaca India menyatakan jumlah hari gelombang panas pada bulan itu kemungkinan "melebihi hari-hari normal sekitar 5-8 hari" di beberapa negara bagian India.

Menurut badan cuaca India, pada Sabtu, Kota Jhansi di Uttar Pradesh mencatat suhu 46,9 derajat Celsius. Kepala Pejabat Pemilu Uttar Pradesh Navdeep Rinwa mengatakan, pengawas pemilu akan memberikan bantuan uang tunai kepada keluarga korban yang meninggal, termasuk pekerja sanitasi.

Di negara bagian timur, Odisha, beberapa pejabat memastikan bahwa sembilan orang meninggal akibat gelombang panas. Otoritas juga menantikan konfirmasi 81 kematian lainnya.

Kasus kematian pertama dilaporkan pada Rabu (29/5/2024) di Ibu kota India, New Delhi. Menurut laporan dari media setempat, seorang pekerja berusia 40 tahun meninggal dunia setelah mengalami heat stroke.

Heat stroke atau sengatan panas merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang mengalami peningkatan suhu tubuh secara drastis hingga 40 derajat Celcius atau lebih. Siapapun bisa terserang heat stroke walaupun kondisinya sedang sehat.

 

Wakil Gubernur Delhi telah memberi arahan kepada pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah darurat demi melindungi para pekerja. Termasuk menyediakan air dan area-area teduh di lokasi-lokasi konstruksi, serta memberikan cuti berbayar dari siang hari sampai jam 3 sore.

 

Cara Mencegah Heat Stroke untuk Jamaah Haji - (Republika)

 

Seperti dilaporkan Times of India pada Jumat (31/5/2024), kondisi panas terik ini meluas ke seluruh negeri, di mana beberapa wilayah lain juga mengalami suhu panas yang luar biasa. Berikut delapan daerah terpanas di India saat ini:

1. Mungeshpur, Delhi (52,3 derajat Celcius)

Mungeshpur di Delhi memecahkan semua rekor pada tanggal 29 Mei 2024. Wilayah yang berada di Delhi ini mencatatkan suhu 52,3 derajat Celcius, menjadi kawasan terpanas di India saat ini.

2. Phalodi, Rajasthan (51 derajat Celcius)

Sebelum Mungeshpur, Phalodi di Rajasthan memegang rekor sebagai daerah terpanas di India dengan suhu 51 derajat Celcius. Daerah ini mengalami suhu yang sangat panas selama musim panas.

3. Sirsa, Haryana (50,3 derajat Celcius)

Sirsa di Haryana adalah tempat terpanas lainnya di India akhir-akhir ini. Suhu di sini mencapai 50,3 derajat Celcius, membuat orang-orang kepanasan di bawah teriknya matahari.

4. Gwalior, Madhya Pradesh (48 derajat Celcius)

Gwalior di Madhya Pradesh mencatatkan suhu 48 derajat Celcius pada 29 Mei 2024. Gelombang panas yang tak kunjung reda telah mencengkeram wilayah ini, mendorong para penduduk untuk mencari perlindungan dari kondisi panas terik.

5. Narela, Delhi (47,9 derajat Celcius)

Narela adalah wilayah lain di Delhi yang mengalami gelombang panas yang intens. Daerah ini mencatat suhu yang mencapai puncaknya pada 47,9 derajat Celcius, menjadikannya salah satu tempat terpanas di Delhi.

6. Rohtak, Haryana (47,7 derajat Celcius)

Rohtak di Haryana juga terbakar di bawah tingkat merkuri yang tinggi, dengan suhu yang melonjak hingga 47,7 derajat Celcius. Hal ini telah menciptakan sebuah kondisi yang menantang bagi semua orang yang tinggal di Rohtak.

7. Churu, Rajasthan (47,4 derajat Celcius)

Churu merupakan salah satu daerah terpanas di India dan di dunia. Tempat ini dikenal dengan kondisi cuaca yang ekstrim dan suhu yang tercatat mencapai 47,4 derajat Celcius.

8. Bikaner, Rajasthan (47 derajat Celcius)

Tempat terpanas lainnya di India saat ini adalah Bikaner di Rajasthan. Tempat yang terkenal dengan lanskap gurun ini mengalami suhu yang menusuk kulit hingga 47 derajat Celcius.

 

Hasil pemilu

Mayoritas hasil survei terhadap para pemilih yang baru selesai mencoblos di bilik suara (exit poll) pada Sabtu (1/6/2024) mengisyaratkan aliansi Partai Bharatiya Janata pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi menang dalam pemilihan umum tujuh tahap di India. Survei exit poll tersebut memperkirakan lebih dari 350 dari 543 kursi parlemen India dimenangkan Aliansi Demokratik Nasional yang berkuasa.

Namun, penghitungan resmi akan dilakukan pada 4 Juni. Sementara itu, aliansi oposisi INDIA, yang dipimpin Kongres Nasional India, diperkirakan memenangkan kurang dari 200 kursi pada pemilu ini.

Pemungutan suara untuk 57 daerah pemilihan parlemen terakhir diadakan pada Sabtu. Komisi pemilu sebelumnya menyebutkan tahap terakhir ini menandai “penyelesaian besar maraton pemilu terbesar di dunia” yang dimulai pada 19 April.

Pemungutan suara telah dilakukan bagi 486 dari 543 kursi parlemen di seluruh negeri. Pemilu kali ini pada dasarnya merupakan pertarungan antara Aliansi Demokratik Nasional, pimpinan Partai Bharatiya Janata yang berkuasa, dengan aliansi oposisi INDIA.

Saat pemungutan suara berakhir pada Sabtu, aliansi oposisi mengaku mereka dapat memenangkan 295 kursi. Sementara partai Modi mengklaim telah meraih kemenangan lebih dari 370 kursi pada hasil 4 Juni nanti.

Penyakit yang mengintai saat cuaca panas. - (Dok. Republika)

 
Berita Terpopuler