Komet A3 Makin Dekat ke Bumi dan Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang, Tandai Kalender Anda!

Komet A3 bepergian antara orbit planet Mars dan Jupiter.

EPA
Foto eksposur panjang menunjukkan guratan meteor melintasi langit malam di atas boneka batu di Kuklica, Republik Makedonia Utara, 13 Agustus 2023. Hujan meteor Perseid terjadi setiap tahun di bulan Agustus saat Bumi melewati puing-puing dan debu komet Swift-Tuttle.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah terjadinya gerhana matahari total dan “badai super” matahari yang tiba-tiba, kemungkinan besar kita juga akan melihat komet dengan mata telanjang pada akhir tahun ini di langit malam. Dilansir Forbes, Selasa (28/5/2024), komet Tsuchinshan-ATLAS (C/2023 A3) kini semakin terang dan bertambah ekornya. Ini berdasarkan Sky and Telescope. 

Baca Juga

Komet A3 bepergian antara orbit planet Mars dan Jupiter. Untuk saat ini komet A3 hanya dapat diamati melalui teleskop besar. Letaknya di konstelasi Virgo. 

Di mana komet itu?

Menjadi terkenal setelah apa yang disebut “komet gerhana” 12P/Pons-Brooks, “komet hijau” tahun 2023 dan komet NEOWISE tahun 2020, bola salju kosmik khusus ini adalah komet berperiode panjang dengan orbit lebih dari 80.000 tahun. Itu berasal dari Awan Oort, sebuah bola di sekitar tata surya kita yang menjadi rumah bagi jutaan komet. 

Komet A3 ditemukan pada Februari 2023 oleh para astronom di teleskop Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) Afrika Selatan dan Observatorium Tsuchinshan China. 

Jarak terdekat dengan....

 

 

Kapan dan dimana melihat komet ini? 

Perihelion komet, jarak terdekatnya dengan Matahari, akan terjadi pada 10 Oktober 2024. Dari belahan bumi utara, komet akan paling mudah terlihat setelahnya, karena komet akan terlihat di barat daya tepat setelah matahari terbenam. 

Komet tersebut diharapkan akan menjadi objek yang terlihat dengan mata telanjang di langit selatan, dan naik lebih tinggi ke langit selama Oktober dan November. 

Seberapa cerah komet itu? 

Mustahil untuk mengetahui sebelumnya, tetapi komet A3 ini bisa seterang Venus, dengan magnitudo sekitar -5. Venus merupakan objek paling terang kedua di langit malam setelah bulan purnama dengan magnitudo-12,6. Geometri posisi komet ini relatif terhadap Bumi-lah yang memungkinkan hal ini terjadi. 

Sekalipun titik terangnya sangat terang, kita tidak akan mendapatkan banyak manfaat karena, pada titik paling terang, titiknya akan sangat rendah di cakrawala dan hilang dalam kabut, seperti yang terlihat dari belahan bumi utara. 

 

Komet A3 akan sedikit meredup saat ia naik lebih tinggi ke langit setelah perihelionnya pada pertengahan Oktober, tetapi kemungkinan besar itu adalah waktu terbaik untuk melihatnya. Jika terlihat dengan mata telanjang, maka komet tersebut akan menjadi pemandangan istimewa bagi para pengamat langit di seluruh dunia. 

 
Berita Terpopuler