Selain Sandra Dewi, Helena Lim Juga Kembali Diperiksa Kejagung Hari Ini

Pemeriksaan Helena kali ini terkait penyitaan beberapa aset di kasus korupsi timah.

Republiika/Bambang Noroyono
Kejakgung tetapkan pengusaha Helena Lim sebagai tersangka ke-15 dalam penyidikan kasus korupsi penambangan timah di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk, Selasa (26/3/2024).
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung), Rabu (15/5/2024), kembali memeriksa Helena Lim, tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk selama kurun 2015 hingga 2022. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana di Jakarta, Rabu, mengatakan pemeriksaan terhadap tersangka Helema Lim dijadwalkan bersamaan dengan pemeriksaan Sandra Dewi mulai pukul 09.00 WIB.

Helena Lim tiba di Gedung Jampidmil Kejaksaan Agung, Jakarta, pukul 11.14 WIB. Dengan menggunakan rompi tahanan Kejagung, dan tangan diborgol, Helena Lim tiba dikawal petugas Rutan Kejagung. Ketut mengatakan pemeriksaan Helena Lim kali ini terkait dengan penyitaan beberapa aset.

"Ada tersangka Helena Lim juga diperiksa hari ini terkait beberapa penyitaan aset-aset yang kami lakukan," kata Ketut.

Helena Lim merupakan satu dari 21 tersangka kasus korupsi timah yang merugikan keuangan negara akibat kerusakan ekosistem sebesar Rp271 triliun. Selain Helena Lim, Penyidik Jampidsus juga sedang melakukan pemeriksaan terhadap artis Sandra Dewi, terkait aset.

 

Diberitakan sebelumnya, Kejagung har ini menjadwalkan pemeriksaan kembali aktris Sandra Dewi. Pemeriksaan oleh tim penyidikan Jampidsus, masih terkait dengan lanjutan permintaan keterangan atas kasus dugaan korupsi penambangan timah ilegal di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjerat Harvey Moies (HM) dkk sebagai tersangka.

Harvey, adalah suami dari Sandra Dewi. Salah seorang penyidik Jampidsus membenarkan kabar pemeriksaan tersebut.

“Iya, SD sudah terjadwal (untuk diperiksa kembali). Mungkin pagi sudah datang,” kata penyidik tersebut kepada Republika, saat dihubungi di Jakarta, pada Rabu (15/5/2024).

Nama Sandra Dewi terseret dalam kasus korupsi timah ini, terkait dengan suaminya Harvey Moeis yang sudah dijadikan tersangka. Tim penyidik, pun pernah melakukan penggeledahan di rumah, dan apartemen tinggal pasangan tersebut di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel) pada April 2024 lalu.

Dari sejumlah penggeledahan tersebut, penyidik Jampidsus-Kejagung menyita sejumlah aset-aset milik Harvey Moeis. Bahkan sejumlah rekening Sandra Dewi, pun pernah dilakukan pemblokiran oleh penyidik.

 

 
Berita Terpopuler