Apa Itu Adenomiosis? Kondisi Ini Diderita 1 dari 5 Wanita

Tingkat keparahan gejala bervariasi antar pasien hingga sepertiga wanita penderita adenomiosis mungkin hanya memiliki sedikit gejala atau tidak menunjukkan gejala sama sekali.

network /Impresi Republika
.
Rep: Impresi Republika Red: Partner

halodoc

Presenter BBC Naga Munchetty mengungkapkan tahun lalu bahwa dia menderita adenomiosis, suatu kondisi kronis yang mempengaruhi rahim.

Dia berbicara tentang bagaimana rasa sakitnya bisa membuatnya tidak bisa bergerak dan bagaimana gejolak yang terjadi baru-baru ini begitu hebat sehingga suaminya harus memanggil ambulans.

Namun banyak orang belum pernah mendengar tentang kondisi ini, meskipun penyakit ini menyerang satu dari lima wanita.

Adenomiosis dapat menyebabkan gejala termasuk perdarahan menstruasi yang tidak teratur dan berat serta nyeri panggul.

Tingkat keparahan gejala bervariasi antar pasien – hingga sepertiga wanita penderita adenomiosis mungkin hanya memiliki sedikit gejala atau tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Kondisi tersebut juga dapat mempengaruhi kesuburan. Wanita dengan adenomiosis yang hamil memiliki peningkatan risiko keguguran, kelahiran prematur, preeklampsia, dan pendarahan setelah melahirkan.

Jadi apa penyebab adenomiosis, dan bagaimana cara mendiagnosis dan mengobatinya? Masih banyak yang belum dipahami mengenai kondisi ini, namun berikut sedikit yang diketahui selama ini.

Apa penyebab adenomiosis?

Ada dua lapisan kunci di dalam rahim. Endometrium adalah lapisan dalam tempat embrio ditanamkan. Jika tidak terjadi kehamilan, lapisan ini akan terlepas selama suatu periode.

Miometrium adalah lapisan otot rahim. Ini berkembang selama kehamilan dan bertanggung jawab atas kontraksi. Pada orang dengan adenomiosis, sel-sel mirip endometrium ditemukan di tempat yang salah – miometrium.

Meskipun sebagian besar wanita pengidap adenomiosis juga menderita endometriosis, adenomiosis merupakan penyakit yang berbeda dengan endometriosis.

Pada endometriosis, sel-sel mirip endometrium juga ditemukan di tempat yang salah, namun dalam kasus ini di luar rahim, terutama di rongga panggul.

Berkat penelitian, keterlibatan publik, dan media sosial, kesadaran akan endometriosis telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun adenomiosis masih relatif belum pernah terdengar.

Pilihan diagnosis berubah dan membaik

Adenomiosis adalah kondisi yang sulit didiagnosis. Secara historis, keberadaan sel mirip endometrium di miometrium hanya dapat diverifikasi dengan penilaian patologi di mana miometrium diperiksa di bawah mikroskop setelah histerektomi (operasi pengangkatan rahim).

Beberapa tahun terakhir telah terlihat peningkatan diagnosis dengan perkembangan teknologi pencitraan seperti MRI dan USG panggul yang mendetail.

Meskipun adenomiosis kini umumnya dapat diidentifikasi tanpa memerlukan histerektomi, dokter masih berupaya mengembangkan metode standar untuk diagnosis non-bedah.

Akibatnya, masih belum diketahui secara pasti berapa banyak wanita yang menderita adenomiosis.

Meskipun kita tahu bahwa sekitar 20 persen wanita yang menjalani histerektomi karena alasan selain dugaan adenomiosis ditemukan memiliki bukti kondisi tersebut pada penilaian patologi.

Adenomiosis adalah kondisi yang kompleks

Jenis pertumbuhan jaringan adenomiosis pada miometrium dapat berupa lesi fokal (mempengaruhi sebagian rahim) atau menyebar (mempengaruhi area otot yang luas).

Adenomyosis dapat diklasifikasikan lebih lanjut tergantung pada kedalaman invasi jaringan mirip endometrium ke dalam miometrium.

Para ilmuwan dan dokter masih menyelidiki apakah jenis atau kedalaman lesi berhubungan dengan gejala – tingkat keparahan gejala dan lesi tidak selalu sesuai.

Bbelum memahami mengapa beberapa wanita mengalami adenomiosis, meskipun bukti menunjukkan adanya peningkatan prevalensi seiring bertambahnya usia.

Daerah antara endometrium dan miometrium diperkirakan mengalami kerusakan, baik karena proses alami siklus menstruasi, kehamilan, dan persalinan, atau prosedur medis.

Pada beberapa wanita, kerusakan pada lapisan jaringan endometrium tidak sembuh sebagaimana mestinya, dan sel-sel mirip endometrium masuk dan tumbuh secara tidak normal ke dalam miometrium.

Ini mengganggu fungsi normal miometrium yang menyebabkan nyeri dan pendarahan.

Ada kemungkinan bahwa berbagai mekanisme berkontribusi, dan tidak ada satu faktor penyebab penyakit yang umum di balik adenomiosis.

Bagaimana pengobatan adenomiosis?

Strategi pengobatannya meliputi obat hormonal seperti kontrasepsi oral, pil yang mengandung progesteron, pemasangan kumparan pelepas progesteron (misalnya Mirena), atau obat yang disebut GnRHa yang menghentikan produksi alami hormon seks.

Perawatan non-hormonal termasuk asam traneksamat. Perawatan ini bertujuan untuk meminimalkan perdarahan menstruasi. Nyeri sering kali diobati dengan obat antiinflamasi nonsteroid.

Perawatan yang berhasil pada beberapa wanita tidak berhasil pada wanita lainnya, sehingga menambah bobot argumen bahwa ada lebih dari satu jenis adenomiosis.

Strategi pengobatan harus disesuaikan dengan pasien, tergantung pada keinginan dan gejala kesuburan mereka.

Jika perawatan medis tidak cukup meredakan gejala, ada pilihan pembedahan, seperti pengangkatan lesi fokal atau histerektomi.

Meskipun adenomiosis adalah kelainan umum yang menyerang banyak wanita, termasuk wanita usia reproduksi, adenomiosis belum mendapat perhatian klinis dan penelitian yang memadai.

Pengetahuan dan kesadaran seputar adenomiosis juga masih kurang di kalangan profesional kesehatan dan masyarakat.

Hal ini perlu diubah agar kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang kondisi, diagnosis, dan pilihan pengobatan.

Para ilmuwan dan dokter yang berspesialisasi dalam adenomiosis masih mencari metode diagnostik non-invasif yang akurat, dan semoga suatu hari nanti dapat disembuhkan.

 
Berita Terpopuler