Mahasiswa Perhotelan Universitas BSI Sukses Selesaikan Magang Luar Negeri

Mahasiswa perhotelan Universitas BSI menyelesaikan magang di Malaysia.

Dok. Universitas BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta umumkan mahasiswanya sukses selesaikan magang di Malaysia.
Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta mengumumkan bahwa salah satu mahasiswanya dari Program Studi Perhotelan, Ayu Silfia telah berhasil menyelesaikan program magang internasional selama enam bulan di Straits Hotel & Suites Malaysia. Magang ini merupakan salah satu mata kuliah sekaligus bagian integral dari pengembangan profesionalisme mahasiswa dalam industri perhotelan. 

Baca Juga

Mahasiswa mulai melaksanakan on the jog training (magang) sejak akhir bulan Oktober 2023 hingga selesai pada April 2024 di Straits Hotel & Suites Malaysia di Jalan Melaka Raya 2, Taman Melaka Raya, 75000 Melaka, Malaysia. Selama periode ini, Ayu Silfia ditempatkan di Departemen Housekeeping dengan mentor Siti Rohani, seorang profesional perhotelan berkebangsaan Vietnam.

Ayu Silfia mengatakan magang ini bukan hanya sekadar pengalaman kerja, tetapi juga sebuah proses pembelajaran yang mendalam. Mahasiswa tidak hanya belajar tentang tugas-tugas praktis di departemen tersebut, tetapi juga merasakan pengalaman budaya yang berharga. 

“Sebagai seorang mahasiswa magang di luar negeri kita akan dihadapkan pada tuntutan untuk menguasai bahasa Melayu, bahasa Inggris, serta adaptasi terhadap lingkungan kerja yang berbeda dan iklim tropis Malaysia yang panas, serta perbedaan kuliner yang kaya akan variasi dari masakan Indonesia,” jelas Ayu, dalam keterangan tertulis, Selasa (7/5/2024).

Ia juga menambahkan bahwa disamping tuntutan-tuntutan tersebut, mahasiswa berkesempatan memperluas jejaring relasi dan pertemanan dengan rekan kerja dari berbagai negara seperti Vietnam, Bangladesh, Indonesia, Nepal, dan Malaysia. 

“Selain memberikan pengalaman berharga, saya juga mendapatkan fasilitas yang didapatkan selama magang di Straits Hotel & Suites termasuk penginapan, gaji dalam Ringgit Malaysia, tip dari tamu dalam berbagai mata uang. Selain itu juga dapat makan dua kali sehari, serta biaya kesehatan yang ditanggung oleh hotel jika mengalami sakit,” ungkap Ayu.

Semenatara itu, Emmita Devi Hari Putri selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta, mengatakan pengalaman yang diperoleh mahasiswa selama magang di luar negeri akan menjadi modal berharga untuk mengembangkan karirnya di industri perhotelan. 

“Keberhasilan salah satu mahasiswa program studi Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta menyelesaikan magang ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan peluang yang sama di masa depan,” tegasnya.

 
Berita Terpopuler