Robert Downey Jr Jadi Empat Karakter Berbeda di Serial The Sympathizer

Downey Jr rela mencukur rambutnya demi penampilannya di The Sympathizer.

Aceshowbiz
Robert Downey Jr.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Robert Downey Jr. bertransformasi menjadi empat karakter berbeda di serial televisi mini The Sympathizer. Yaitu, Claude yang merupakan kontak Kapten CIA, seorang profesor, anggota kongres dan sang penulis. 

Baca Juga

Dari keempat karakter tersebut, desainer prostetik FX, Vincent Van Dyke mengatakan Clude paling banyak berevolusi saat mereka melalui proses diskusi. “Idenya adalah dia perlu merasa tegar dan dia telah melihat sesuatu yang buruk,” kata Van Dyke, dilansir Variety, Rabu (1/5/2024). 

Produser Eksekutif Susan Downey mencatat bahwa rambut Claude adalah sesuatu yang berubah. Mengingat latar belakang militernya, ada perbincangan-perbincangan tentang apakah dia harus diberi potongan rambut. 

“Downey Jr. secara khusus ingin dia menjadi sangat tidak berbahaya. Hanya seseorang yang Anda lewati di jalan dan tidak akan berpikir dua kali,” ujar Susan Downey. 

“Seperti yang Anda lihat setiap saat, terutama saat dia berada di Amerika, dia selalu menyamar tapi tidak kentara. Dia punya buku saat dia berperan sebagai pemandu wisata dan dia selalu punya anjing.”

Proses untuk mengubah Downey Jr. menjadi Claude tidak lebih dari satu jam. Van Dyke mengatakan waktu mereka terbatas.

“Jadi saya memastikan kami menyederhanakan segalanya. Ada earpieces di keduanya: satu untuk menunjang keluar telinganya untuk memberinya telinga [model] kembang kol yang halus; telinga lainnya sedikit dijepit ke belakang, jadi ada asimetri yang nyata di dalamnya,” ujar Van Dyke. 

Karakter kedua, Profesor Hammer adalah mentor dan sosok ayah bagi Kapten. Karakter ini pertama kali diperkenalkan di Episode 2. Profesor Hammer adalah seorang profesor perguruan tinggi tua yang dikenal Kapten. 

Van Dyke mengungkapkan Downey Jr rela mencukur rambutnya demi penampilannya sebagai Profesor Hammer. Dengan kemauan pria berusia 59 tahun tersebut, itu berarti Van Dyke tidak perlu lagi membuat topi botak yang mengurangi waktu yang dihabiskan aktor tersebut di kursi rias. Proses penerapan riasan memakan waktu 90 menit bagi penata rias Chris Burgoyne dan Mike Mekash. 

Dalam epidode 2, kostum....

 

 

Dalam episode 2, kostum Profesor Hammer berhenti menjadi kimono, memperlihatkan perut buncit dan bekas luka, yang mana Van Dyke membuat prostetik lengkap. Downey Jr. mengusulkan bahwa profesor perlu mengangkat limpanya, sehingga menimbulkan bekas luka. 

Karakter ketiga, anggota kongres. Menurut Susan Downey, anggota kongres adalah yang paling tidak bernuansa desain, dan satu-satunya detall yang menarik adalah lensa kontak hitam sang aktor. 

“Tidak ada cahaya di mata itu,” kata Downey. 

Van Dyke mengatakan tim ingin menciptakan karakter yang “langsung terasa suka memuji. Anda tidak tahu apakah Anda memercayai pria ini, namun dia sangat menawan dan menarik. Downey Jr. benar-benar ingin hal itu terwujud dalam desain ini.”

Bagi kepala departemen rambut Katherine Kousakis, menata rambut dengan benar adalah hal yang mudah karena karakter ini adalah seorang politisi di 1970-an. 

“Kami tahu cara memisahkan lini belakang. Warnanya mudah, kami juga melihatnya sedikit lebih tua dan berwarna abu-abu,” ujar Kousakis. 

Karakter keempat, sang penulis yang diperkenalkan di Episode 3. Dia adalah seseorang yang ditemui Kapten di Los Angeles. Nuansa sang penulis adalah Eropa dan memancarkan pesona 1970-an. 

“Rambutnya acak-acakan dan dia membawa getaran. Anda mendapat kesan bahwa dia adalah seorang pelukis cat minyak di malam hari, dan syuting film di siang hari,” kata Van Dyke. 

Dalam menata penampilannya, Van Dyke ingin dia memiliki hidung yang berbeda. “Downey Jr. menimpali dan berkata, ‘Ayo beri dia tahi lalat’” ujarnya. 

Dari semua karakter, tutur Van Dyke, Downey Jr. paling menonjol di karakter sang penulis. “Hidung sangat mengubah seseorang, dan pilihan yang kami buatlah yang membedakan karakter-karakter ini sehingga memberi Anda estetika yang berbeda dari yang lain,”  katanya. 

 

Berdasarkan novel terlaris karya Viet Thanh Nguyen dan berlatar akhir Perang Vietnam, The Sympathizer menceritakan seorang kapten, diperankan oleh Hoa Xuande, di tentara Vietnam Selatan yang diam-diam memata-matai komunis Vietnam Utara. Saat Saigon jatuh dan Amerika Serikat (AS) mundur, Kapten tetap bertahan dan melarikan diri ke Los Angeles. Sepanjang serial ini, Robert Downey Jr. muncul sebagai berbagai karakter yang berinteraksi dengan Kapten termasuk Claude yang merupakan kontak Kapten CIA,  seorang profesor, anggota kongres, dan sang penulis. 

 
Berita Terpopuler