PKS Dorong Wali Kota Depok Dua Periode Jadi Cagub Jabar

Fraksi PKS menilai, Kiai Idris terbukti membangun Kota Depok selama tiga periode.

Republika/ Alkhaledi Kurnialam
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIII Tingkat Kota Depok Tahun 2023 resmi dibuka oleh Wali Kota Depok Mohamad Idris, Selasa (24/10/2023). Ratusan peserta dari 11 Kecamatan di Depok mengikuti agenda ini.
Rep: Antara Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Depok, H Khoirullah menilai, Mohammad Idris sudah tepat dimajukan sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024. Hal itu karena Idris memiliki pengalaman memimpin Kota Depok selama tiga periode.

Idris pernah menjadi wakil wali kota dan wali kota dua periode. "Kontes pemilihan kepala daerah (pilkada) Pak Kiai Mohammad Idris selalu menang. Terbukti membawa Kota Depok maju, berbudaya, dan sejahtera," kata Khairulloh di Kota Depok, Provinsi Jabar, Senin (29/4/2024).

Baca: Kalah Bersaing, Mulyanto Ahli Nuklir PKS Gagal Lolos ke Senayan

Idris pertama kali terpilih sebagai wakil wali Kota Depok mendampingi Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail pada periode 2011-2016. Dia kemudian terpilih sebagai Wali Kota Depok berpasangan dengan Pradi Supriatna (2016-2021) serta duduk di kursi yang sama saat berpasangan dengan Imam Budi Hartono (2021-2025).

Selain terbukti membangun Kota Depok selama tiga periode diusung oleh PKS, menurut Khairulloh, Idris juga sosok ulama dan umaro. Bahkan, ia menyebut, Idris merupakam tokoh yang dekat dengan semua kalangan.

"Popularitas, elektabilitas, dan kapasitas Kiai Mohammad Idris bagus, saya pandang cukup untuk maju sebagai gubernur Jawa Barat," ucap Khairulloh.

Baca: Siswa Polwan Penghafal Alquran Diuji Ustadz Adi Hidayat

Dia pun berharap, PKS mencalokan Idris sebagai cagub Jabar dalam kontestasi pada 27 November 2024. "Sekali lagi, ini pendapat  pribadi," ucap Khairulloh menekankan.

Sementara itu relawan Kiai Idris, Muhammad Husein menyambut baik kabar wali kota Depok dua periode tersebut masuk dalam penjaringan bakal cagub Jabar di internal PKS. Dia berharap, PKS mengusung nama Idris pada pilkada tahun ini.

"Kami harap (PKS) mengusung Mohammad Idris untuk Jabar 1. Karena beliau sudah teruji memimpin Kota Depok selama tiga periode," ujar Husein.

Baca: Lima Caleg DPR Peraih Suara Terbanyak Pileg 2024, Satunya dari Luar Jawa

Sebelumnya, Mohammad Idris masuk dalam penjaringan sebagai calon gubernur di DPW PKS Jabar. "Beliau (Mohammad Idris) salah satu bakal calon (gubernur) yang terjaring," kata Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suandharu.

Haru mengatakan, nama Mohammad Idris sedang dibahas di DPW PKS Jabaruntuk diajukan ke DPP PKS sebagai bakal cagub. "Kewenangan DPP PKS (untuk menetapkan bakal calong gubernur). Kita (DPW PKS) hanya melaporkan dan menyampaikan kepada DPP," kata Haru.

 
Berita Terpopuler