Cara Sembuhkan Anak Sakit Berdasarkan Ajaran Nabi Muhammad

Nabi Muhammad membaca doa untuk meminta kesembuhan bagi anak.

Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi anak sakit.
Rep: Umar Mukhtar Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan beberapa tips untuk menyembuhkan sakit yang diderita seseorang. Doa ini juga bisa diterapkan pada anak atau anggota keluarga yang lain.

Berikut ini sejumlah cara menyembuhkan anak yang sakit berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Cara Menyembuhkan Anak Sakit Menurut Nabi Muhammad

Cara Pertama

Hadits riwayat Aisyah RA, yang dikeluarkan oleh Imam Bukhari, menyebutkan bahwa Rasulullah SAW biasa memohon perlindungan kepada Allah SWT untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya (di atas bagian yang sakit).

Lalu beliau SAW membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Latin:

Allahumma robbinnaas adzhibil ba'sa wasyfihi wa anta asy-syaafii laa syifaa a illa syifaa uka syifaa an la yughoodiru saqoman

Terjemahan:

"Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Selanjutnya...

Cara Kedua

Cara ini adalah untuk menyembuhkan bagian tubuh yang sakit dengan meletakkan tangan di area yang sakit. Adapun langkah pertama, yaitu meletakkan tangan di area yang sakit, kemudian ucapkan bismillah tiga kali, lalu ucapkan doa di bawah ini sebanyak tujuh kali:

'أَعُوذُ باللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِن شَرِّ ما أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Doa tersebut didasarkan pada hadits riwayat Muslim dalam kitab Shahihnya dari jalur Nafi' bin Jabir.

Cara Ketiga

Imam Nawawi menukil Ibnu Sinni yang di dalam kitabnya menyebut riwayat Ibnu Abbas. Riwayat tersebut memuat doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat, ketika mengalami sakit atau tidak enak badan seperti sakit demam, sakit kepala dan semacamnya.

Berikut bacaan doanya:

 بِاسْمِ اللهِ اْلكَبِيْرِ نَعُوْذُ بِاللهِ اْلعَظِيْمِ مِنْ كُلِّ شَرِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillaahil kabiir, na'uudzu billaahil adzhiim min syarri 'irqin na' 'aarin wa min syarri harrin naar.

Artinya:
"Dengan nama Allah Yang Mahabesar, kami berlindung kepada Allah Yang Mahaagung dari buruknya pendarahan yang parah dan dari buruknya panas api."

Selain membaca doa itu, orang yang sedang sakit tersebut sebaiknya juga membaca Surat Al Fatihah. Dilanjutkan dengan membaca Surat Al Ikhlas dan Surat Al Mu'awwidzatain (Al Falaq dan An Naas). Kemudian, meniupkan nafasnya ke kedua telapak tangan, lalu diusapkan ke anggota tubuh yang sakit.

 
Berita Terpopuler