7 Doa dan Dzikir untuk Bela Palestina dan Hancurkan Zionis Israel

Doa adalah senjata ampuh bagi seorang Muslim.

EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Keluarga warga Palestina mengungsi saat operasi militer Israel di kamp pengungsi Al Nusairat, Jalur Gaza, 12 April 2024.
Rep: Muhyiddin Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Israel telah berlaku kejam dan semena-mena terhadap warga Palestina, khususnya di Jalur Gaza. Umat Islam di seluruh dunia sudah seharusnya mendoakan saudara-saudaranya yang tengah dijajah zionis Israel karena doa adalah senjata ampuh bagi seorang Muslim.

Warga Gaza telah banyak menderita di bawah penjajahan Israel. Mereka dilanda kelaparan dan dibunuh secara massal. Hal ini tentu mengundang keprihatinan sesama Muslim, sehingga ada baiknya kita memanjatkan doa kepada Allah untuk melindungi kaum Muslimin di Palestina.

Doakanlah mereka dari hati yang penuh ketulusan dan keikhlasan. Karena, sebelum berdoa hal terpenting adalah memusatkan perhatian kita pada hati. Nabi SAW bersabda:

ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

Artinya: “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR Tirmidzi no 3479).

Doa apa pun yang keluar dari hati dengan keikhlasan adalah doa yang baik, meskipun doa tersebut tidak disebutkan secara khusus dalam Alquran atau hadits. Doa yang tulus dari hati lebih baik daripada doa yang dihafal tanpa pemahaman dan kekhusyukan.

Dilansir dari laman Institut Yaqeen, berikut deretan doa dan dzikir untuk Palestina dan Gaza, serta untuk kehancuran Israel.

Baca Juga

Kumpulan doa untuk Palestina di halaman selanjutnya...

Kumpulan Doa untuk Palestina dan Hancurkan Israel

1 Doa kesabaran dan kemenangan bagi rakyat Palestina

رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْهِم صَبْراً وَثَبِّتْ أَقْدَامَهُم وَٱنصُرْهُم عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَـٰفِرِينَ

Latin: Rabbana afrigh ‘alaihim sabran wa tsabbit aqdaamahum wansurhum ‘alal qaumil kafirin

Artinya: "Ya Tuhan kami, berikanlah kepada mereka kesabaran, keteguhan langkah mereka, dan berilah mereka kemenangan atas orang-orang kafir".

Terinspirasi dari surat al-Baqarah ayat 250, doa ini  mengingatkan kita bahwa Allah selalu bersama kita, merasuki hati kita dengan keteguhan dan ketenangan.

2. Doa untuk kesuksesan bangsa Palestina

رَبَّنَآ ءَاتِهِم فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلأخِرَةِ حَسَنَةً وَقِهِم عَذَابَ ٱلنَّارِ

Latin: Rabbana aatihim fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan waqihim 'adzaaban nar

Artinya: " Ya Tuhan kami! Berilah mereka kebaikan dunia dan akhirat, dan lindungi mereka dari siksa api neraka."

Terinspirasi dari ayat 201 surat al-Baqarah, tidak ada yang lebih baik yang bisa kita doakan kepada saudara-saudara kita di Palestina selain diberikan surga dan selamat dari api neraka. Saat kita menyaksikan peristiwa-peristiwa yang tampaknya tak tertahankan, kita harus ingat hanya dengan sekali masuk ke dalam surga kita sudah bisa melupakan kekejaman dan penderitaan yang menyesakkan di dunia ini.

Selanjutnya...

 

3. Doa untuk perlindungan rakyat Palestina

اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِهِم وَآمِنْ رَوْعَاتِهِم وَاحْفَظْهُم مِنْ بَ يْنِ أَيْدِيهِم وَمِنْ خَلْفِهِم وَعَنْ أَيمَانِهِم وَعَنْ شَمَائلِهِم وَمِنْ فَوْقِهِم

Latin: Allahummas-tur 'auraatihim wa-aamin rau'aatihim wahfadhhum min baini aidihim wa min khalfihim wa 'an aimaanihim wa 'an syamaa'ilihim wa min fauqihim

Artinya: "Ya Allah, sembunyikanlah kesalahan-kesalahan mereka, tenangkan ketakutan mereka, dan lindungi mereka dari depan dan belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka, dan dari atas mereka."

Diambil dari zikir Nabi SAW pagi dan petang, doa ini memohon perlindungan Allah dari segala penjuru. Ini adalah doa yang pantas untuk warga Gaza di Palestina, yang dikelilingi oleh musuh dan kekerasan.

4. Doa saat menghadapi musuh

اللَّهُمَّ مُنْزِلَ الْكِتَابِ سَرِيعَ الْحِسَابِ مُجْرِيَ السَّحَابِ هَازِم َ الأَحْزَابِ اهْزِمْهُمْ وَزَلْزِلْهُم وَانْصُرْنَا عَلَيْهِمْ

Latin: Allahumma munzil kitabi sarii'al hisabi mujriya as-sahaabi hazimal ahzaabi ihzimhum wa-zalzilhum wansurna 'alaihim.

Artinya: "Ya Allah, yang mengirimkan Kitab Suci, dan yang cepat dalam menghukum, dan yang menggerakkan awan, dan yang mengalahkan kaum; kalahkan mereka, goncangkan mereka, dan berikan kami kemenangan atas mereka."

Doa ini terinspirasi dari gabungan doa yang diambil dari beberapa hadits yang merinci doa Nabi SAW saat menghadapi musuh.

Selanjutnya...

5. Doa untuk menguatkan keimanan mereka kepada Allah

اللَّهُمَّ ارْزُقهُم صِدْقَ التَوَكُّلِ عَلَيكَ وحُسْنُ الظَنِّ بِك

Latin: Allahummar zuqhum sidqa at-tawakkuli 'alaika wa husnud dhanni bik

Artinya: "Ya Allah, berilah mereka kepercayaan yang sejati kepada-Mu, dan pikiran-pikiran yang baik tentang-Mu."

Ini merupakan adaptasi dari doa yang dibuat oleh Sa'id bin Jubair, seorang ulama besar Islam dari kalangan tabiin.

6. Doa untuk kehancuran bangsa Israel

اللَّهُمَّ عَلَيْكَ بِالْيَهُودِ الْمُعْتَدِيْن الَّذِيْنَ قَتَلُوا إِخْوَانَنَا الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ فِلِسْطِيْن ، اللَّهُمَّ عَلَيْكَ بِهِمْ فَإِنَّهُمْ

لاَ يُعْجِزُونَكَ ، اللَّهُمَّ شَتِّتْ شَمْلَهُمْ وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ وَاجْعَلِ الدَّائِرَةَ عَلَيْهِمْ ، اللَّهُمَّ أَحْصِهِمْ عَدَداً

وَاقْتُلْهُمْ بَدَداً وَلاَ تُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَداً ، اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْهِمْ وَعَلىَ مَنْ عَاوَنَهُمْ بَأْسَكَ الَّذِي لاَ يُرَدُّ عَنِ الْقَوْمِ الظَّالِمِيْن

Latin: Allahumma 'alaika bil yahudil mu'tadiinalladziina qotaluu ikhwaananaal muslimiina fii filisthiin. Allahumma 'alaika bihim fainnahum laa yu'jizuunaka. Allahumma syattatsyamlahum wafarraqna jam 'ahum waj'aliddaa irata 'alaihim. Allahumma ahshihim 'adadan waqtuluhum badadan walaa tughaadir minhum ahadaa. Allahumma anzil 'alaihim wa 'ala man 'aa wanahum basakalladzii laa yuroddu a'nil qouminzhzholimiin.

Artinya: "Ya Allah turunkanlah hukumanMu atas kaum Yahudi (Israel) yang telah melakukan kezhaliman dengan membunuh saudara-saudara kami kaum muslimin di Palestina, Ya Allah hukumlah mereka sesungguhnya mereka tak mampu melemahkanMu, Ya Allah cerai beraikan mereka porak porandakan kesatuan mereka dan turunkanlah balasanMu atas mereka, Ya Allah kumpukan dan binasakanlah mereka dan jangalah Kamu sisakan sedikitpun dari mereka, Ya Allah turunkanlah atas mereka dan semua pihak yang membantu mereka balasanMu yang tidak dapat ditolak oleh kaum pembuat kezhaliman".

Doa ini merupakan bacaan doa qunut nazilah yang dilansir dari laman resmi Wahdah Islamiyah.

Doa keselamatan rakyat Palestina...

7. Doa untuk Keselamatan rakyat Palestina

اللَّهُمَّ أَنْجِ إِخْوَانَنَا الْمُسْلِمِيْن الْمُسْتَضْعَفِيْنَِ فِيْ فِلِسْطِيْنَ ، اللَّهُمَّ الْطُفْ بِهِمْ وَارْحَمْهُمْ وَأَخْرِجْهُمْ

مِنَ الضِّيْقِ وَالْحِصَارِ ، اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْهُمُ الشُّهَدَاءَ وَاشْفِ مِنْهُمُ الْمَرْضَى وَالْجَرْحَى ، اللَّهُمَّ كُنْ لَهُمْ

وَلاَ تَكُنْ عَلَيْهِمْ فَإِنَّهُ لاَ حَوْلَ لَهُمْ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِكَ

Latin: Allahumma anji ikhwaananal muslimiinal mustadh'afiina fii filisthiina. Allahummal thuf bihim warhamhum wa akhrijhumminaddhayqi walhishaari. Allahumma taqabbal minhumussyuhadaa a wasyfi minhumulmardha wal jarhaa. Allahumma kun lahum walaa takun 'alaihim fainnahuu laa hwala lahum walaa quwwata illaa bika.

Artinya: "Ya Allah selamatkanlah saudara-saudara kami kaum muslimin yang lemah di Palestina, Ya Allah sayangi dan kasihilah mereka dan keluarkanlah mereka dari isolasi dan keadaan sempit yang mereka alami saat ini, Ya Allah terimalah syuhada mereka dan sembuhkanlah yang luka dan sakit dari kalangan mereka, Ya Allah tetaplah bersama mereka dan jauhilah musuh-musuh mereka karena tiada dayya dan kekuatan bagi mereka kecuali dariMu."

 
Berita Terpopuler