Belanja Baju Lebaran, Franka Soeria: Kualitas Bahan Baik, Umur Pakai Panjang

Muslimah perlu cermat dalam memilih busana agar umur pakainya panjang.

Edi Yusuf/Republika
Pengunjung memadati pusat perbelanjaan pakaian Pasar Baru, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024). Sejak awal Ramadhan hingga jelang Lebaran memberi berkah tersendiri bagi para pedagang pakaian di Pasar Baru. Menurut pedagang, omset pakaian busana muslimnya terus meningkat mendekati Lebaran.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin tampil lebih "wah" saat Lebaran? Modest fashion expert Franka Soeria merekomendasikan untuk cermat memilih material busana karena itu akan berpengaruh besar terhadap kenyamanan dan umur pakai pakaian.

"Lebih baik cari abaya atau gamis yang material, tekstilnya itu kelihatan mewah ya. Karena itu akan ngaruh banget tuh, jahitannya juga ya," kata Franka, kepada Republika.co.id, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Franka juga menyarankan untuk memilih abaya atau gamis dengan bukaan depan karena memungkinkan untuk dipadupadankan dengan berbagai busana lainnya, serta memiliki umur pakai yang lebih panjang. Dia juga menyoroti pentingnya memperhatikan detail pada busana Muslimah.

Sebaiknya, menurut Franka, hindari abaya dengan detail yang terlalu mencolok atau banyak aksen. Sebab, biasanya busana semacam itu memiliki umur pakai yang lebih pendek.

Franka merekomendasikan abaya dengan desain yang sederhana namun elegan. Bisa dipadukan dengan berbagai gaya, abaya tersebut akan memiliki umur pakai lebih panjang.

Selain itu, Franka menyerukan untuk memperhatikan bahan abaya. Dia menyarankan agar memilih bahan yang adem, tidak terlalu tipis seperti jersey, dan tidak mudah nyeplak.

Franka juga mengingatkan pentingnya memeriksa secara teliti apakah abaya tersebut terawang atau transparan, terutama jika pakaian tersebut tidak memiliki dalaman. Sebaiknya, hati-hati dalam memilih abaya yang murah karena banyak di antaranya cenderung memiliki kualitas yang kurang baik.

Di samping itu, Franka memberikan saran khusus bagi Muslimah yang memerlukan busana big size. Dia menyarankan untuk menghindari abaya dengan bahan yang tipis seperti jersey atau kaus yang rentan membentuk badan.

Sebagai gantinya, pilih saja busana dengan cutting yang baik dan memiliki bukaan luar. Model seperti itu dapat menciptakan kesan lebih elegan.

 
Berita Terpopuler