April Mop! Boeing Umumkan 797 Baru untuk Gantikan Tipe 737

Pesawat tipe 797 menghadirkan peningkatan efisiensi dan kenyamanan penumpang.

AP Photo/Reed Saxon
Logo Boeing Co. Boeing tengah merancang 797 untuk gantikan 737.
Rep: Santi Sopia Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah lebih dari 50 tahun, Boeing akhirnya mengumumkan rencana pembatalan program Boeing 737. Perusahaan tersebut akan meluncurkan pesawat 797 yang baru dan telah lama ditunggu-tunggu untuk menggantikan 737. 

Baca Juga

Hal yang benar-benar mengejutkan adalah perusahaan tersebut mengatakan bahwa pekerjaan pengembangan telah berlangsung secara diam-diam selama beberapa waktu. Karenanya, pesawat tersebut akan disertifikasi dalam waktu yang relatif cepat.

"Boeing telah melewati masa-masa sulit selama dua dekade. Ini tidak terlepas dari insiden tahun 2018 ketika Lion Air 737 MAX jatuh tak lama setelah lepas landas," demikian dikutip dari Crankyflier, Kamis (4/4/2024).

Boeing menyalahkan pilotnya atas kecelakaan tersebut, dan hal ini terus berlanjut setelah MAX Ethiopia mengalami nasib yang sama pada bulan Maret 2019. Baru kemudian menjadi jelas bahwa desain sistem Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) yang salah adalah penyebabnya. 

MCAS dan 737 

MCAS diciptakan secara khusus karena MAX merupakan salah satu jenis pesawat 737. Lebih dari lima puluh tahun yang lalu, pesawat 737-100 pertama diluncurkan. CEO Bill Allen meluncurkan pesawat tersebut karena triskafobia yang dideritanya, membuat tidak bisa terbang dengan pesawat 727 bermesin tiga. Sejak saat itu, Boeing meningkatkan kinerjanya dengan merentangkan pesawat dan menambahkan mesin baru yang lebih efisien berkali-kali.

Versi berikutnya, seri Klasik (-300/400/500), harus memiliki nacelle dengan dasar datar karena diameter mesin high-bypass CFM jauh lebih besar daripada mesin Pratt asli. Para insinyur Boeing telah merancang pesawat itu sangat rendah dari permukaan tanah. 

Desain baru ini memberikan hasil yang luar biasa, namun setelah kekurangan tersebut berlalu dan mesin baru dikembangkan, mesin tersebut tidak akan dapat berfungsi tanpa modifikasi.

Pada saat pesawat yang disebut Generasi Berikutnya (NG) dibuat (-600/700/800/900), mesin yang lebih baru dan berdiameter lebih besar memerlukan roda gigi yang didongkrak agar pesawat dapat duduk lebih tinggi. Saat MAX dirancang, dibutuhkan lebih banyak ruang untuk mesin yang lebih besar, sehingga mesin didorong ke depan dan di depan sayap, sehingga menimbulkan masalah pada pusat gravitasi. 

MCAS dirancang untuk....

Tulisan ini hanya candaan April Mop dan rekaan dr situs Crankyflier dan bukan rencana yang sesungguhnya dr Boeing.

 

 

 

MCAS dirancang untuk memperbaiki masalah tersebut secara diam-diam, namun malah menyebabkan dua kecelakaan yang mengerikan. Pesawat tersebut dilarang terbang di seluruh dunia oleh regulator yang telah dipermalukan di depan umum karena membiarkan pesawat tersebut terbang sesuai rancangannya.

Hal ini memicu renggangnya hubungan antara Boeing, pemasoknya, masyarakat, dan Federal Aviation Administration (FAA).

Meskipun terbang MAX sekali lagi, perjalanannya tidak mulus. Ada pintu pesawat yang lepas dari Alaska 1282 karena pengerjaan yang buruk. Arogansi manajemen dan kegagalannya dalam membenahi perusahaan membuat pemerintah mengambil tindakan drastis. 

Mereka menolak untuk mensertifikasi varian MAX 7 dan MAX 10 sampai cacat kecil diperbaiki. Hal ini juga menghalangi Boeing untuk meningkatkan tingkat produksi MAX, sehingga membuat frustrasi setiap maskapai penerbangan yang sangat menunggu Boeing untuk memenuhi janjinya.

Semakin terpojok, Boeing akhirnya membuat keputusan yang sudah lama tertunda untuk berhenti memproduksi MAX. Sebaliknya mereka telah meluncurkan 797 untuk membawa bendera perusahaan sebagai penawaran pesawat berbadan sempit (narrow body) utamanya.

Tentang Pesawat 797 

Pesawat tipe 797 menghadirkan peningkatan efisiensi, peningkatan kinerja lingkungan, dan peningkatan kenyamanan penumpang di pasar lorong tunggal. Menggabungkan winglet berteknologi canggih dan mesin yang efisien, 797 menawarkan penghematan yang sangat baik.

Ini mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi sebesar 20 persen dibandingkan NG sekaligus menghasilkan jejak kebisingan 50 persen lebih kecil. Selain itu, 797 menawarkan biaya pemeliharaan badan pesawat hingga 14 persen lebih rendah dibandingkan kompetitor. 

Penumpang akan menikmati Boeing Sky Interior, yang ditonjolkan oleh ukiran dinding samping dan jendela modern, pencahayaan LED yang meningkatkan kesan lapang, dan tempat penyimpanan berputar yang lebih besar.

Jika ini terdengar....

Tulisan ini hanya candaan April Mop dan rekaan dr situs Crankyflier dan bukan rencana yang sesungguhnya dr Boeing.

Jika ini terdengar mengesankan, memang benar dan bisa terlihat dari desainnya yang revolusioner. CEO Dave Calhoun, yang tetap memegang jabatannya hingga pensiun pada akhir tahun 2024, mengatakan Boeing telah lama dikenal sebagai penghasil pesawat terbaik di dunia. 

"Kami mengalami beberapa kendala dalam berurusan dengan FAA pada 737 MAX, jadi kami tahu bahwa hanya desain yang bersih yang akan membantu memperbaiki kepercayaan tersebut. Sekarang, 797 akan membawa kita ke masa depan seiring kita mengucapkan selamat tinggal pada 737," kata dia.

Bagaimana bisa FAA tidak mensertifikasi pesawat tersebut? 797 tidak memiliki masalah desain atau manufaktur. Tidak ada satu pun kualitas yang lolos. Dengan rekor sempurna ini, 797 kini seharusnya mampu melewati proses tersebut.

Banyak maskapai penerbangan yang bersemangat untuk mengalihkan pesanan mereka ke pesawat ini meskipun ada kenaikan harga sebesar 15 persen dibandingkan MAX.

CEO Southwest Bob Jordan mengaku akan dengan senang hati membayar 50 persen lebih banyak untuk mendapatkan pesawat yang benar-benar dapat dikirimkan oleh Boeing. Boeing 797-7 terlihat seperti luar biasa.

CEO United Scott Kirby, yang dikenal sebagai salah satu pemikir paling tajam di industri ini, memiliki pandangan berbeda. Dia menpertanyakan soal itu hanya 737 dengan nama berbeda. "Apakah mereka yakin FAA akan terpengaruh dengan hal ini? Oh, sebenarnya, sudahlah. Bukan ide yang buruk. Tapi saya tidak akan membayar 15 persen lebih untuk itu," kata dia.

 

Seorang karyawan Boeing yang tidak bersedia disebutkan namanya menjelaskan bahwa kenaikan harga sebesar 15 persen itu penting. Pesawat ini diharapkan akan disertifikasi tahun ini dan mulai beroperasi pada tahun 2045.“Tahukah Anda berapa banyak tempat yang kami tulis tentang 737 dan MAX di sekitar pabrik dan materi pemasaran? Tidaklah murah untuk mengubahnya dengan mengatakan 797, maksud saya, mengembangkan pesawat baru," ungkap dia.

 
Berita Terpopuler