Jadwal Itikaf dan Qiyamul Lail di Masjid Al Akbar Surabaya

Lailatul qiroah akan diisi qori-qoriah nasional maupun internasional.

Antara/Umarul Faruq
Umat Islam mengikuti pengajian di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/4/2022). Selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah, Masjid Al-Akbar menggelar pengajian untuk mengisi waktu jelang berbuka puasa.
Rep: Dadang Kurnia Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menegaskan kesiapannya melayani jamaah yang akan melaksanakan itikaf dan sholat malam atau qiyamul lail di 10 hari terakhir Ramadhan 2024. Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor menjelaskan rangkaian qiyamul lail diawali dzikir, muhasabah, dan tausiyah pada pukul 01.00-01.30 WIB.

"Selanjutnya pukul 01.30-03.00 WIB dengan aktivitas Sholat Tahajud 4 rakaat (2 salam), Sholat Tasbih 4 rakaat (2 salam), dan Sholat Hajat 2 rakaat," kata Helmy, Senin (1/4/2024).

Helmy mengungkapkan, untuk qiyamul lail akan dipimpin Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya KH. Abdul Hamid Abdullah pada 1, 2, 5, 6, dan 9 April 2024. Kemudian, KH. Ahmad Muzakky, Al-Hafidz akan memimpin pelaksanaan qiyamul lail pada 3, 4, 7, dan 8 April 2024.

"Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menyiapkan area sholat secara penuh, baik di lantai 1 maupun lantai 2 dengan kapasitas 40 ribu jamaah. Semuanya dibuka 24 jam," ujar Helmy.

Helmy melanjutkan, pada malam 27 Ramadhan bakal dilaksanakan lailatul qiroah dalam rangka menyambut Lailatul Qadar dengan qori-qoriah nasional maupun internasional. Di antaranya qori internasional KH Mu'min Aenul Mubarok yang akan membacakan Surat Thoha ayat 113-122.

Ada juga juara MTQ nasional Ustadz Dzanial Moh Chubaibillah yang akan membacakan Surat Ibrahim ayat 3-41. Kemudian Dinar Aulia Putri, yang merupakan juara MTQ nasional 2023 yang akan membacakan Surat Al-Hasyr ayat 21-24.

Baca Juga

Masjid Al Akbar Surabaya menyiapkan makan sahur...

Helmy menjelaskan, Masjid Al Akbar Surabaya menyiapkan 1.500 boks makanan sahur yang akan dibagi mulai pukul 01.00 WIB. Sedangkan air mineral disiapkan dengan jumlah tak terbatas yang terbagi dalam delapan titik lemari pendingin.

"Karena terbatasnya jumlah nasi sahur, Masjid Al Akbar menyarankan kepada jamaah untuk membawa bekal sahur sendiri. Kami juga mengimbau jamaah membawa masuk alas kaki di ruang sholat dengan terlebih dahulu dimasukkan dalam tas kecil atau sejenisnya, agar aman dan tidak ada kerumunan bakda qiyamul lail," ucapnya.

Helmy melanjutkan, untuk menjamin keamanan jamaah, Masjid Al Akbar Surabaya telah menyiapkan posko kesehatan. Di posko tersebut telah disediakan dua ambulan serta dokter dan paramedis, untuk mengantisipasi jika ada jamaah yang sakit dan butuh pertolongan.

Helmy melanjutkan, untuk kenyamanan dan keamanan jamaah, pihaknya telah menyediakan panduan berupa aplikasi Virtual Tour 3D Masjid Al Akbar yang bisa diakses 24 jam. Aplikasi tersebut bisa memandu jamaah memasuki Masjid Al Akbar yang memiliki 45 pintu.

Jamaah putri akan dipandu masuk dari sisi utara melalui pintu nomor 1, 3, 4, 8, sisi timur melalui pintu nomor 18, 21, 23, dan 28, serta dari sisi selatan melalui pintu nomor 38. Sedangkan jamaah putra akan dipandu masuk dari sisi utara melalui lorong wudhu antara pintu 5 dan 6, sisi timur melewati pintu 21, 23,dan 25, sisi selatan melewati pintu 43, dan pintu lorong wudhu antara pintu 40 dan 41.

 
Berita Terpopuler