Berbahaya, Jangan Biarkan Bayi Tidur di Baby Bouncer dan Bean Bag

Baby bouncer maupun bean bag bukan tempat tidur yang aman untuk bayi.

www.freepik.com
Bayi tidur di bean bag (Ilustrasi). Bean bag bukan tempat tidur yang aman untuk bayi.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baby bouncer dan ayunan telah menjadi peralatan yang umum digunakan untuk menenangkan bayi dan membantu mereka tidur. Namun, menurut Lullaby Trust, bukti menunjukkan bahwa menempatkan bayi di tempat tidur yang tidak tepat, seperti baby bouncer atau ayunan, dapat meningkatkan risiko sindrom kematian mendadak (sudden infant death syndrome alias SIDS).

Membuat bayi tertidur dalam posisi duduk atau miring dapat membuat kepala mereka lebih mudah terkulai ke depan. Posisi ini dapat membuat mereka kesulitan bernapas.

Kepala eksekutif Lullaby Trust, Jenny Ward, merekomendasikan agar bayi tidur dalam posisi telentang di atas permukaan tidur yang rata dan kokoh, seperti dipan atau keranjang bayi. Ward juga menekankan pentingnya menjaga jalan napas bayi tetap terbuka dan bersih. Hindari pula penggunaan seprai yang longgar atau pelindung sisi ranjang yang empuk.

Baca Juga

"Banyak orang tua menganggap produk seperti baby bouncer dan ayunan berguna selama bayi mereka terjaga dan diawasi, namun produk tersebut tidak cocok untuk tempat tidur bayi," kata Ward, dilansir Daily Mail, Rabu (13/3/2024).

Meskipun rekomendasi ini telah diberikan, survei yang dilakukan oleh Lullaby Trust menemukan bahwa banyak orang tua masih membiarkan bayi mereka tidur di tempat yang tidak sesuai. Sebanyak tujuh dari 10 orang tua baru menempatkan bayi mereka tidur di baby bouncer.

Lalu, lebih dari dua pertiga orang tua baru menempatkan bayinya tidur di ayunan. Sebanyak 61 persen malah memperbolehkan penggunaan baby bouncer dan bean bag. Bahkan ada delapan persen yang mengaku meninggalkan bayi mereka dalam baby bouncer, ayunan, atau bean bag semalaman.

SIDS merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan kematian yang tidak terduga dan tidak dapat dijelaskan pada bayi yang sehat. Sindrom yang juga dikenal dengan sebutan cot death itu masih menjadi keprihatinan utama di banyak negara.

Di Inggris, SIDS menyebabkan sekitar tiga kematian bayi per pekan setiap tahunnya. Kasusnya sering terjadi pada bayi yang berusia enam bulan ke bawah.

Penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami, tetapi faktor-faktor seperti tidur yang tidak aman, kepanasan, dan ibu merokok saat hamil dapat meningkatkan risikonya. Untuk mengurangi risiko SIDS, National Health Service di Inggris menyarankan agar bayi tidur dalam posisi telentang, kaki nya menyentuh ujung tempat tidur, dan dengan kepala yang tidak tertutup.

Selimut harus diselipkan tidak lebih tinggi dari bahu. Selain itu, bayi sebaiknya tidur di kamar yang sama dengan orang tua selama enam bulan pertama kehidupan mereka.

 
Berita Terpopuler