Threads Ungguli X dengan Unduhan Harian Tiga Kali Lipat di iOS

Jumlah pemasangan Threads di Google Play lebih dari dua kali lipat jumlah unduhan X.

AP Photo/Richard Drew
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads (kiri) dan Twitter di New York, AS, Rabu (5/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.
Rep: Shelbi Asrianti    Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah unduhan memang bukan sepenuhnya penentu kualitas suatu aplikasi, namun hal itu dapat memberi petunjuk ke mana arah pasar. Khusus persaingan X/Twitter versus Threads, aplikasi yang sementara lebih unggul dalan besaran unduhan adalah Threads. 

Baca Juga

Dikutip dari laman TechCrunch, Kamis (29/2/2024), unduhan harian Threads kini mencapai tiga kali lipat unduhan harian X di iOS secara global. Sementara, jumlah pemasangan Threads di Google Play lebih dari dua kali lipat jumlah unduhan X.

Threads Instagram besutan Meta mengalami lonjakan besar dalam jumlah pemasangan baru setelah peluncuran publiknya pada musim panas 2023. Namun, dalam beberapa bulan setelahnya, jumlah unduhan sering kali berfluktuasi.

Hal itu sebagai respons perusahaan induk Meta yang mencoba berbagai strategi untuk mengirimkan lebih banyak traffic ke aplikasi baru itu. Misalnya, menampilkan status populer di Threads dalam linimasa aplikasi lainnya di bawah Meta, seperti Facebook dan Instagram.   

Akan tetapi, seiring berkurangnya peningkatan fitur dari upaya awal tersebut, jumlah download Threads sempat menurun. Keadaan mulai berubah pada akhir Desember 2023, di mana Threads mendapatkan lebih dari setengah juta pemasangan per hari di Google Play dan iOS.  

Angka di iOS sedikit menurun selama Januari 2024, namun di kedua platform, Threads secara konsisten mendapatkan lebih banyak unduhan harian dibandingkan X. Capaian itu tampaknya memperlebar kesenjangan jumlah unduhan antara kedua aplikasi.

Misalnya, pada 25 Februari 2024, Threads mendapatkan 486.803 pemasangan di Google Play dan 342.228 di iOS. Sebagai perbandingan, X memperoleh 225.408 unduhan di Google Play dan 112.625 di iOS. Jumlah itu didapat dari data Appfigures.  

Hanya beberapa hari sebelumnya....

 

 

 

Hanya beberapa hari sebelumnya, pada 22 Februari, kesenjangannya semakin lebar. Kemudian, Threads memiliki 382.999 penginstalan harian di iOS dibandingkan hanya 113.649 penginstalan X pada platform yang sama, atau lebih dari tiga kali lipat. Unduhan Threads di Google Play saat ini berjumlah 660.882, dibandingkan 210.475 untuk X.

Meskipun tingkat pemasangan harian Threads masih naik dan turun, kini secara konsisten angkanya berada di atas X. Seiring waktu, perubahan ini pada akhirnya diprediksi dapat juga terjadi pada pengguna aktif bulanan. Jika itu yang terjadi, maka Threads akan menjadi platform mikroblog utama pilihan bagi sebagian besar pengguna.

Padahal, X alias Twitter sudah lama memimpin dalam bidang ini. Terlebih lagi, hal ini berarti Meta memiliki kontrol editorial yang lebih besar terhadap berbagi informasi dan ekosistem berita yang digunakan oleh jurnalis, peneliti, akademisi, dan lainnya. 

Namun, Meta mengatakan bahwa mereka tidak akan memperkuat berita di Threads dan tidak merekomendasikan konten politik. CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Threads memiliki 130 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal keempat perusahaan. 

Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan aplikasi Threads berjalan sangat baik di Jepang, negara yang merupakan pasar dengan daya tarik kuat untuk Twitter. Meskipun X menyatakan memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan pada musim gugur lalu, tidak jelas berapa banyak dari pengguna tersebut yang merupakan akun otomatis atau spam.  

Seperti yang dilaporkan TechCrunch bulan lalu, X tampaknya memiliki masalah bot terverifikasi, yaitu sejumlah akun berbayar yang diberi tanda centang biru yang secara tidak sengaja mengungkapkan sumbernya dengan membalas postingan X dengan beberapa variasi respons standar terhadap AI. Penelusuran untuk kueri yang sama di X menunjukkan bahwa masalahnya sedang berlangsung.

Meskipun Threads tidak kebal terhadap masalah ini....

Meskipun Threads tidak kebal terhadap masalah ini, tampaknya semakin banyak orang yang memposting frasa ini secara organik di platform Meta sebagai lelucon kepada pengikut mereka. Masalah X dengan instalasi baru mungkin terkait dengan rebranding dari nama sebelumnya, Twitter.  

Meskipun unduhan aplikasi X dari bulan ke bulan meningkat sedikit pada bulan Desember dan Januari, angka tersebut masih jauh lebih rendah dibandingkan sebelum rebranding. Sementara itu, pendapatan Threads juga sedikit meningkat di Januari 2024 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Adapun alternatif X selain Threads, seperti aplikasi seluler resmi Mastodon dan Bluesky yang baru dipublikasikan, hampir tidak turut dalam persaingan ini. Grafik unduhannya relatif mendatar tanpa ada gebrakan. Mastodon memiliki ekosistem aplikasi pihak ketiga yang luas, namun secara total, jaringannya memiliki sekitar satu juta pengguna aktif bulanan saat ini.

Bluesky sempat mengalami peningkatan kecil saat dibuka untuk publik awal bulan ini, namun momentumnya telah memudar. Pada momen terbesarnya (7 Februari 2023, sehari setelah peluncurannya), terdapat 79.685 pemasangan di iOS dan 55.711 di Google Play.

 

Jumlah itu terbilang jauh dari angka Threads atau X. Namun, tentunya masih merupakan tahap awal bagi jejaring sosial Bluesky yang menawarkan siapa pun dapat menjalankan server mereka sendiri. Jadi, mungkin saja aplikasi ini mendapatkan daya tarik dari waktu ke waktu sebagai alternatif Twitter/X.

 
Berita Terpopuler