Apakah Laut Merah Benar-Benar Berwarna Merah?

Laut Merah mendapatkan namanya dari mekarnya ganggang yang melimpah

network /Muhyiddin Yamin
.
Rep: Muhyiddin Yamin Red: Partner

Laut merah. Dok. Istimewa

OCEANIA.ID -- Satelit yang diambil dari luar angkasa menunjukkan Laut Merah sebagai garis biru yang membentang dari utara ke selatan di sepanjang tepi timur laut benua Afrika. Warna airnya yang biru pekat, sangat kontras dengan warna coklat kusam di lanskap sekitarnya, tidak sesuai dengan nama laut yang terkenal itu. Sepertinya tidak ada yang “merah” di Laut Merah.

Jadi, bagaimana Laut Merah mendapatkan julukan terkenalnya?

“Saya rasa tidak ada yang tahu pasti bagaimana ia mendapatkan namanya,” kata seorang profesor ilmu kelautan dan atmosfer di Stony Brook University di New York, Karine Kleinhaus dilansir dari livescience, Sabtu (17/2/2024).

Tapi mungkin saja, tambahnya, jawabannya mungkin ada hubungannya dengan alga – dalam hal ini, Trichodesmium erythraeum. Kadang-kadang disebut “serbuk gergaji laut,” ini adalah jenis cyanobacteria (bakteri air yang bertahan hidup melalui fotosintesis ) yang termasuk dalam kelompok ganggang biru-hijau, dan bertanggung jawab atas antara 60 persen dan 80 persen konversi nitrogen di lautan.

Trichodesmium erythraeum sangat produktif dan ditemukan di sebagian besar lautan tropis dan subtropis di dunia. Tanaman ini tumbuh subur di Laut Merah dan mengalami mekarnya bunga secara berkala, yang terjadi ketika terjadi pertumbuhan populasi yang pesat. Ketika alga mati, air berubah warna menjadi coklat kemerahan saat alga yang mati menyebar ke seluruh permukaan laut.

"Namun, mungkin juga nama Laut Merah diambil dari nama pegunungan merah yang melapisi sebagian garis pantainya, seperti di sepanjang pantai Yordania," kata Kleinhaus.

Namun Laut Merah tidak hanya didefinisikan berdasarkan namanya saja. “Laut Merah adalah pusat keanekaragaman hayati dengan banyak hewan endemik yang hanya ditemukan di Laut Merah atau Teluk Aden,” kata Kleinhaus.

Panjang dan sempit, Laut Merah (dalam bahasa Arab, Al-Bahr Al-Ahmar) terjepit di antara timur laut Afrika dan Semenanjung Arab. Membentang sekitar 1.200 mil (1.930 kilometer) dari Teluk Suez di utara hingga Teluk Aden di selatan, dan akhirnya terhubung dengan Samudera Hindia.

Menurut Britannica , lebar maksimum Laut Merah adalah 190 mil (305 kilometee) dan kedalaman maksimumnya adalah 9.974 kaki (3.040 meter). Ini mencakup area seluas sekitar 174.000 mil persegi (450.000 kilometer persegi).


Laut Merah memiliki salah satu terumbu karang terpanjang di dunia. Membentang sejauh 2.485 mil (4.000 kilometer) dan menampung keanekaragaman kehidupan laut yang kaya.

"Karakteristik unik terumbu karang menjadikannya satu-satunya tempat perlindungan laut di dunia dari perubahan iklim," kata Kleinhaus.

“Karang yang sampai di sana pada akhir zaman es terakhir hanyalah karang yang mampu bertahan pada suhu dan salinitas yang sangat tinggi, karena kondisi Laut Merah pada saat mereka masuk,” kata Kleinhaus. Oleh karena itu, mereka kini hidup jauh di bawah suhu maksimum dan diperkirakan menjadi salah satu terumbu karang terakhir yang bertahan pada abad ini," jelas dia.

Laut Merah adalah salah satu perairan termuda di dunia dan terbentuk oleh terbelahnya dua lempeng tektonik , Lempeng Arab dan Lempeng Afrika, kata Kleinhaus. “Ini masih terhanyut, jadi ini adalah lautan yang terus berkembang,” kata Kleinhaus.

 
Berita Terpopuler