Menjajal Rasa Berkendara BYD Atto 3, Si Maskulin yang Ramah Perempuan

BYD Atto 3 memberikan pengalaman berkendara yang mulus dan tetap aman.

BYD Indonesia
BYD Atto 3
Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan teknologi dan mobil listrik asal China Build Your Dreams (BYD) baru-baru ini memperkenalkan varian terbarunya di Indonesia, yaitu BYD Atto 3. Mobil listrik ini menjanjikan performa ciamik dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Baca Juga

Republika.co.id berkesempatan menjajal BYD Atto 3 dalam pengujian dari Bandung, Jawa Barat, menuju Jakarta, Rabu (31/1/2024). Jarak tempuh kedua destinasi tersebut adalah sekitar 169 kilometer.

BYD Atto 3 terdiri atas dua variasi, yaitu Advanced dan Superior. Republika.co.id mengendarai BYD Atto trim Superior atau tertinggi dengan jarak tempuh yang diklaim bisa mencapai 480 km dalam sekali pengisian daya.

Tampak luar, BYD Atto 3 menghadirkan desain sporty dan sangat maskulin. Terdapat NFC Side Mirror pada spion kanan yang memudahkan membuka-kunci kendaraan dengan aman. 

Tampilan dashboard BYD Atto 3. - (BYD Indonesia)
 

Mobil segmen SUV ini juga menghadirkan lampu depan crystal LED dan lampu belakang LED yang memberikan kesan modern dan menambah daya tarik. 

BYD Atto 3 memiliki dimensi 4.455x1.875x1.615 mm dan ground clearance 175 mm. Lingkar rodanya berukuran 235/50 ring 18.

Memasuki sisi interior, BYD Atto 3 menawarkan kabin yang nyaman dan luas. Material empuk menyelimuti bagian dashboard dan beberapa panel pada pintu dan konsol tengah. Mobil ini juga dilengkapi dengan panoramic sunroof dan wireless charging.

Sunroof BYD Atto 3 - (BYD Indonesia)
 

Terdapat layar sentuh intelligent rotating berukuran 15,6 inci. Layar ini memiliki kemampuan untuk berputar menjadi tampilan landscape dan potrait. Layar ini menyajikan berbagai fungsi pengaturan kendaraan, termasuk entertainment system dan kamera 360 derajat.

Desain interior terinspirasi dari...

 

 

Desain interior terinspirasi dari sejumlah alat musik dan peralatan olahraga. Misalnya, gagang tangan di sisi pintu terinspirasi dari treadmill dan desain pilar AC terinspirasi dari kepingan barbel.

Jok mobil didesain sangat ergonomis dengan satu bagian. Tampilannya dibuat menyerupai gaming seat yang menambah kegantengan pemakainya.

Di sisi pintu terdapat 'senar bas' yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan wadah minuman. Tak hanya fungsional, senar bas ini bahkan dapat memberikan bunyi yang indah saat dipetik.

Senar bas di sisi pintu BYD Atto 3. - (BYD Indonesia)
 

Mobil listrik BYD Atto 3 menghadirkan performa yang tergolong ciamik. Ditenagai oleh sistem penggerak listrik Permanent Magnet Synchronous Motor, mobil ini mampu menyemburkan tenaga 150 kW dan torsi 310 Nm. Baterainya menggunakan baterai bertipe BYD Blade Battery berkapasitas 60,48 kWh.

BYD Atto 3 mampu memberikan akselerasi responsif dan pengendalian yang presisi. Akselerasi 0-100 km per jam diklaim mampu dituntaskan dalam 7,3 detik.

Bantingan suspensi Atto 3 tidak terlalu kaku yang membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Namun demikian, mobil ini terasa sedikit limbung saat melewati jalan berkelok dengan kecepatan tinggi.

Terdapat tiga mode berkendara, yaitu eco, normal, dan sporty. Ada juga mode berkendara saat hujan. Republika.co.id menjajal BYD Atto dengan kondisi baterai 95 persen dari Bandung. Sesampainya di kantor BYD di Sunter, Jakarta Utara, kondisi baterai berkurang sekitar 20 persen.

Tampilan dalam BYD Atto 3 - (BYD Indonesia)
 

Tiga mode berkendara juga dijajal. Mode sporty mengonsumsi lebih banyak daya karena memberikan tenaga yang lebih besar dibandingkan dua mode lainnya.

Untuk sistem keamanan, BYD Atto 3 telah dilengkapi BYD Intelligent system yang terdiri atas beberapa fitur ADAS, seperti intelligent driving, driving assistant, active safety, dan parking assistance. Mobil ini juga telah memperoleh bintang lima dari uji keamanan Euro NCAP serta 7 kantong udara.

 

Ini diuji saat berkendara....

Ini Republika.co.id uji saat berkendara di tengah hujan. Mobil memberikan sinyal berupa getaran saat mobil melaju terlalu kencang di tengah jalanan yang licin. Setir mobil juga memberikan gerakan yang menandari saat mobil berkendara terlalu ke pinggir.

Secara keseluruhan, BYD Atto 3, menawarkan desain yang sporty, interior atraktif dengan teknologi terkini, serta performa yang mumpuni untuk dikendarai di perkotaan maupun diajak dalam perjalanan jauh.

Meski tampilannya maskulin dan cowok banget, BYD Atto 3 cocok untuk perempuan dengan semua kemudahan yang diberikan, termasuk asisten pribadi yang bisa diperintah apa saja terkait kendaraan.

 

BYD Indonesia belum mengumumkan harga resmi dari Atto 3, namun diperkirakan akan segera dirilis dalam waktu yang tidak akan lama lagi.

 
Berita Terpopuler