Startup Flappie Pamerkan Pintu Kucing Bertenaga AI di CES 2024

Pintu AI akan terkunci otomatis jika kucing membawa mangsa dari luar.

Republika/Prayogi
Flappie memamerkan pintu kucing bertenaga kecerdasan buatan (AI) yang terkunci secara otomatis jika kucing mencoba membawa mangsa yang ditangkapnya dari luar.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menemukan teknologi aneh yang berhubungan dengan hewan peliharaan adalah tradisi CES, dan tahun ini tidak terkecuali. Contohnya adalah Flappie. 

Baca Juga

Dilansir Engadget, Senin (8/1/2024), perusahaan rintisan asal Swiss ini memamerkan pintu kucing bertenaga kecerdasan buatan (AI) yang terkunci secara otomatis jika kucing mencoba membawa mangsa yang ditangkapnya dari luar. 

Di sisi pintu yang menghadap ke luar, Anda akan menemukan sensor gerak dan kamera night vision. Flappie mengatakan mereka telah mengumpulkan kumpulan data yang “unik dan eksklusif” selama bertahun-tahun, dengan fokus pada keanekaragaman.

Kumpulan data mereka berarti mengambil banyak jenis kucing dan mangsa yang berbeda, difilmkan dalam berbagai kondisi-kondisi pencahayaan yang berbeda. 

Perusahaan mengatakan bahwa sistem deteksi bertenaga AI-nya akurat lebih dari 90 persen. Ini berarti kucing Anda masih bisa memasukkan tikus ke dalamnya. Tapi mudah-mudahan hal itu akan lebih jarang terjadi. 

Ada beberapa sakelar manual di bagian dalam pintu sehingga Anda dapat mengunci dan membukanya kapan saja Anda mau serta mematikan sistem deteksi mangsa. 

Pada akhirnya, Flappie mengatakan bahwa hewan-hewan peliharaan kemungkinan besar akan dilatih agar mereka tidak bisa masuk ketika membawa sesuatu, dan ketika mereka menjatuhkan mangsanya, pintu akan segera terbuka sehingga mereka bisa masuk ke dalam.

Salah satu pendiri Flappie mengatakan....

 

 

Salah satu pendiri Flappie mengakui bahwa seekor kucing pintar mungkin akan berpikir untuk menjatuhkan tikusnya, membuka pintunya, mengambilnya kembali, lalu berlari masuk. Namun tidak ada solusi yang mudah dilakukan, bukan? 

Flappie juga menyertakan deteksi chip di pintu kucingnya. Jadi jika hewan peliharaan Anda telah di-microchip, Anda dapat membuatnya sehingga pintu kucing hanya terbuka untuk hewan peliharaan Anda saja. 

Dan, tentu saja ada aplikasi sehingga Anda dapat mengontrol pintu dari ponsel Anda. Namun jika Anda tidak ingin menghubungkan pintu Flappie ke internet, pintu tersebut masih dapat berfungsi melalui kendali-kendali pada pintu ini sendiri. 

 

Sebagai permulaan, Flappie berencana meluncurkan pintu hewan peliharaannya di Swiss, Zurich, dan Jerman pada musim semi ini, dengan rencana untuk memperluas dari sana setelah produksinya ditingkatkan. Peluncuran di Amerika Serikat adalah bagian dari peta jalan, namun belum ada kabar kapan hal itu akan terjadi, atau berapa harga pintu Flappie saat tiba di sini. 

 
Berita Terpopuler