Dari Mana Asal Persenjataan Hamas yang membuat Israel kelimpungan?

Pensejataan Hamas kini semakin hebat sehingga buat Israel kelimpungan

network /Muhammad Subarkah
.
Rep: Muhammad Subarkah Red: Partner

Pejuang Hamas.

Penyerbuan para pejuang Hamas pada beberapa bulan lalu yang kepada penguasa Israel yang dahysat. Efeknya pun melebihi perang tujuh hari yang terjadi pada tahun 1970-an, maupun di era pertemupan di masa berikutnya..

Efek persepsi internasional akibat serangan Hamas itu pun sangat dahsyat. Ide penyerbuan menjadi kajian internasional karena penyusupan dilakukan oleh pesawat glidding sehingga tak dapat dideteksi radar.

Setelah itu adanya taktik Hamas menghujani Israek ribuan roket dalam waktu bersamaan, membuat sistem 'kubah langit' penguasa zionis lumpuh. Apa yang dikatakan mereka selama ini bahwa serangan udara tak akan berhasil menembus wilayah udaranya, ternyata hanya omong besar.

Tak hanya itu, jaringan internet Israel di retas. Untuk kali ini Israel benar-benar merasa tak berdaya dan sendirian. Di dunia interasional, bahkan sampai negara yang selama ini mendukung Israel pun muncul demontrasi besar menentangnya.

Posisi Israel kini lebih sunyi dan rentan melebihi apa yang terjadi di masa tahun 1970-an, di mana kala itu negara Arab melakukan boikot penjualan minyak mereka. Kala itu Eropa mengalami krisis energi dahsyat. Jadi sekarang ini tak terbayangkan, bila sebuah negara di kawasan Eropa tiba-tiba mengakui eksistensi Palestina. Ini sungguh tak terbayangkan!

Lalu di mana modal perlawanan senjata yang dipunyai Hamas? Apalagi ini suah melibatkan pasokan senata berupa ribuan roket dan rudal, serta drone yang menjatuhkan bahan peledak, serta senjata ringan dan amunisi yang tak terhitung jumlahnya.


Apalagi serangan yang diluncurkan dari daerah kantong Gaza yang dikuasai Hamas sangat kecil dan diawasi ketat secara 24 jam. Ini karena wilayah Gaza berada di pesisir Mediterania seluas 140 mil persegi (360 kilometer persegi) kedua sisinya berbatasan dengan Israel dan satu sisi lagi dengan Mesir.

Daerah ini pun miskin, padat penduduk, dan memiliki sedikit sumber daya. Masyarkatnya sehari-hari hidup dalam tembok. Di awasi dari udara melalui sateleit dan dikontrol keamananya dengan drone. Serangan roket dari pesawat tempur canggih Israel bisa terjadi setiap saat. Gaza seperti penjara raksasa!

Dan wilayah ini hampir sepenuhnya terputus dari dunia luar selama hampir 17 tahun, ketika Hamas mengambil alih kekuasaan, sehingga mendorong Israel dan Mesir untuk melakukan pengepungan ketat terhadap wilayah tersebut, yang hingga saat ini masih berlangsung.

Israel juga mempertahankan blokade udara dan laut di Gaza serta melakukan serangkaian pengawasan.

Hal ini inikah yang menimbulkan pertanyaan serius itu kembali: Bagaimana Hamas mengumpulkan persenjataan dalam jumlah besar yang memungkinkan kelompok tersebut melakukan serangan terkoordinasi yang telah menyebabkan lebih dari 1.200 orang tewas di Israel dan ribuan lainnya terluka – sambil terus menembakkan roket ke Israel?

Jawabannya, menurut para ahli, adalah melalui kombinasi tipu muslihat, improvisasi, kegigihan, dan dermawan penting dari luar negeri.


Faktor Iran

“Hamas memperoleh senjatanya melalui penyelundupan atau konstruksi lokal dan menerima sejumlah dukungan militer dari Iran,” menurut World Factbook milik CIA.

Meskipun pemerintah Israel dan AS belum menemukan peran langsung Iran dalam serangan akhir pekan lalu, para ahli mengatakan Republik Islam telah lama menjadi pendukung utama militer Hamas, menyelundupkan senjata ke wilayah kantong tersebut melalui terowongan rahasia lintas batas atau kapal yang melarikan diri. blokade Mediterania.

“Infrastruktur terowongan Hamas masih sangat besar meskipun Israel dan Mesir terus-menerus merusaknya,” kata Bilal Saab, peneliti senior dan direktur Program Pertahanan dan Keamanan di Middle East Institute (MEI) di Washington.

“Hamas telah menerima senjata dari Iran yang diselundupkan ke Jalur (Gaza) melalui terowongan. Hal ini sering kali mencakup sistem jangka panjang,” kata Daniel Byman, peneliti senior di Proyek Ancaman Transnasional di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS).

“Iran juga telah mengirimkan rudal balistiknya yang lebih canggih kepada Hamas melalui laut, dalam bentuk komponen untuk pembangunan di Gaza,” kata Charles Lister, peneliti senior di MEI.

Namun Iran juga menjadi mentor, kata para analis.

“Iran juga membantu Hamas dengan manufaktur dalam negeri, sehingga memungkinkan Hamas membuat persenjataannya sendiri,” kata Byman di CSIS.

Seorang pejabat senior Hamas yang berbasis di Lebanon memberikan rincian tentang pembuatan senjata Hamas dalam wawancara yang telah diedit dengan saluran berita berbahasa Arab Russia Today, RTArabic, yang diterbitkan di situs web mereka pada hari Minggu.

“Kami memiliki pabrik lokal untuk segala hal, untuk roket dengan jangkauan 250 km, 160 km, 80 km, dan 10 km. Kami memiliki pabrik mortir dan pelurunya. Kami memiliki pabrik untuk Kalashnikov (senapan) dan pelurunya. Kami memproduksi peluru tersebut dengan izin dari Rusia. Kami sedang membangunnya di Gaza,” kata Ali Baraka, kepala Hubungan Nasional Hamas di Luar Negeri, seperti dikutip.


Mendaur ulang

Untuk item yang lebih besar, Lister MEI mengatakan Korps Garda Revolusi Islam Iran, sebuah cabang militer Iran yang bertanggung jawab langsung kepada pemimpin tertinggi negara itu, telah memberikan pelatihan senjata kepada para insinyur Hamas selama hampir dua dekade.

“Bertahun-tahun memiliki akses terhadap sistem yang lebih maju telah memberikan para insinyur Hamas pengetahuan yang diperlukan untuk secara signifikan meningkatkan kapasitas produksi dalam negerinya,” kata Lister.

Dan Teheran terus memperbarui pelatihan para pembuat senjata Hamas, tambahnya.

“Para insinyur roket dan rudal Hamas adalah bagian dari jaringan regional Iran, sehingga seringnya pelatihan dan pertukaran di Iran sendiri merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya Iran untuk memprofesionalkan pasukan proksinya di seluruh wilayah,” kata Lister.

Namun cara Hamas mendapatkan bahan mentah untuk senjata buatan dalam negeri juga menunjukkan kecerdikan dan kecerdikan kelompok tersebut.

Gaza tidak memiliki industri berat yang dapat mendukung produksi senjata di sebagian besar dunia. Menurut CIA Factbook, industri utamanya adalah tekstil, pengolahan makanan, dan furnitur.

Namun ekspor utamanya adalah besi tua, yang dapat menjadi bahan pembuatan senjata di jaringan terowongan di bawah wilayah kantong tersebut.

Dan logam tersebut dalam banyak kasus berasal dari pertempuran destruktif sebelumnya di Gaza, menurut Ahmed Fouad Alkhatib, yang menulis tentang logam tersebut untuk Forum Fikra di Washington Institute for Near East Policy pada tahun 2021.

Ketika infrastruktur Gaza hancur akibat serangan udara Israel, apa yang tersisa – lembaran logam dan pipa logam, besi baja, kabel listrik – telah masuk ke bengkel senjata Hamas, muncul dalam bentuk tabung roket atau alat peledak lainnya, tulisnya.

Mendaur ulang amunisi Israel yang tidak meledak untuk dijadikan bahan peledak dan komponen lainnya menambah rantai pasokan Hamas, tulis Alkhatib.

“Operasi IDF secara tidak langsung memberi Hamas materi yang diawasi secara ketat atau dilarang sama sekali di Gaza,” tulisnya.


Tentu saja semua itu tidak terjadi dalam semalam.

Untuk menembakkan amunisi sebanyak yang mereka lakukan pada hari Sabtu dalam jangka waktu yang singkat berarti Hamas telah membangun persenjataannya, baik melalui penyelundupan maupun manufaktur, dalam jangka panjang, kata Aaron Pilkington, seorang analis Angkatan Udara AS untuk urusan Timur Tengah dan Israel. Kandidat PhD di Universitas Denver.

Baraka, pejabat Hamas di Lebanon, mengatakan kelompok militan tersebut telah mempersiapkan serangan akhir pekan lalu selama dua tahun.

Dia tidak menyebutkan keterlibatan pihak luar dalam perencanaan serangan tersebut, dan hanya mengatakan dalam laporan media Rusia bahwa sekutu Hamas “mendukung kami dengan senjata dan uang. Yang pertama dan terpenting, Iranlah yang memberi kami uang dan senjata.”

Para analis juga mengatakan besarnya dan cakupan serangan Hamas terhadap Israel membuat mereka – serta badan intelijen Israel dan negara-negara lain – lengah.

“Penting untuk diingat bahwa menembakkan sejumlah roket sebenarnya sangat mudah,” kata Pilkington.

“Apa yang mengejutkan, adalah bagaimana Anda bisa menimbun, memindahkan, menyiapkan, dan menembakkan ribuan roket sambil menghindari intelijen Israel, Mesir, Saudi, dll. Sulit untuk melihat bagaimana militan Palestina bisa melakukan hal ini tanpa Iran panduan."

 
Berita Terpopuler