Sejarah Bus PO Handoyo, Raja Jalanan dari Lembah Tidar Magelang yang Terguling di Tol Cipali

Bus PO Handoyo berasal dari Magelang dan didirikan pada 1975.

network /
.
Red: Partner

Bus PO Handoyo. Bus PO Handoyo didirikan Dibyo Wibowo pada 1975. Foto: IST/Dok Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Kecelakaan lalu lintas terjadi di tikungan tajam interchange kilometer 72/B Tol Cipali, Jumat (15/12/2023) pukul 15.40 WIB. Bus PO Handoyo terguling karena diduga sang sopir kehilangan kendali atas kendaraanya.

Dua belas penumpang bus dilaporkan meninggal dunia. Sementara tujuh penumpang lainnya luka-luka. Sang sopir yang mengalami luka ringan ditetapkan sebagai tersangka.

Kids, bagi kamu yang pernah menjadi penumpang bus antara kota antar provinsi (AKAP) tentu tahu jika sopir mengendari bus dengan kecepatan tinggi. Termasuk bus PO Handoyo yang membuat salah satu perusahaan otobus (PO) tersebut melegenda.

BACA JUGA: 5 Tips Agar Liburan Sekolah Bersama Anak-Anak Berkesan dan Menyenangkan

Bus PO Handoyo berasal dari Magelang. Mereka merajai jalur selatan Jawa, mulai dari Purwokerto, Yogyakarta, hingga ke Malang. PO Handoyo juga beroperasi di jalur Sumatra seperti di Pekanbaru hingga Pasir Pangaraian.

PO Handoyo didirikan Dibyo Wibowo pada 1975. Handoyo diambil dari nama putra Dibyo, yaitu Daniel Handoyo.

PO Handoyo sekarang berada di bawah naungan PT Indo Transport Abdimas. Daniel Handoyo yang dipercaya memegang kendali membawa PO Handoyo mendapatkan gelar Raja Jalanan dari Lembah Tidar Magelang.

BACA JUGA: Download 5 Game Edukasi untuk Menambah Kecerdasan Anak, Aman, Orang Tua Bisa Ikut Bersenang-senang

Gelar itu disematkan ke PO Handoyo karena Daniel mampu membawa PO Handoyo berkembang pesat bahkan melebihin kepemimpinan sang ayah. Reputasi dan pengalaman bus PO Handoyo bukan didapat dalam semalam.

Daniel bahkan membawa PO Handoyo mengakuisisi PO Mandala dari Jawa Timur beserta trayeknya. PT Indo Transport juga membawahi HD Transport.


Trayek PO Handoyo

Pada awal berdirinya, PO Handoyo melayani trayek Yogyakarta-Semarang, Magelang-Weleri, dan Magelang-Ngadirejo. Saat ini PO Handoyo dijuluki Abdi-Masyarakat karena melayani jalur Jogja-Jabodetabek, Malang-Semarang, Malang-Jabodetabek, Blitar, Ponorogo, Solo, Pekanbaru, Bandung dan Surabaya.

PO Handoyo berkantor pusat di Jalan Soekarno-Hatta Magelang. Mereka juga memiliki garasi dengan 100 bus. Lokasi kantornya pun berdekatan dengan beberapa garasi PO lainnya seperti Maju Makmur, Sumber Waras, dan Santoso.

Bus PO Handoyo hadir sebagai pelopor Cyber Bus, yaitu bus pariwisata dengan fasilitas rumah dan kantor. Cyber Bus ini awalnya digunakan untuk perjalanan keluarga, tetapi lantaran banyak permintaan konsumen, Cyber Bus akhirnya digunakan sebagai bus pariwisata.

Bus Handoyo mempunyai armada kelas VIP, Ekonomi, Patas, AC, serta Ekonomi AC. Unit busnya memakai sasis bis dari Hino semacam AK, RK, dan Mercedez-Benz. Untuk membangun busnya, Handoyo kerap memakai jasa karoseri dari New Armada, Laksana, Rahayu Santosa, serta Adi Putro.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler