Tak Hanya Santri, Ortu di SMP IT Pesantren Qur'an Kayuwalang juga Digembleng Baca Tulis Alquran

Sejumlah orang tua santri yang memasukkan putra-putrinya ke pesantren tidak mahir BTQ.

network /Lilis Sri Handayani
.
Rep: Lilis Sri Handayani Red: Partner

Orang tua santri SMP IT Pesantren Qur'an Kayuwalang mengikuti pelatihan BTQ. (Istimewa)

CIREBON -- SMP IT Pesantren Qur'an Kayuwalang Kota Cirebon, dibawah Yayasan Fityatul Islam Pesantren Quran Kayuwalang, mengadakan program pelatihan Al-Quran dan cara cepat baca tulis Alquran (BTQ).

Program itu terbilang istimewa, lantaran tak hanya ditujukan bagi para santrinya. Melainkan juga bagi para orang tua santri.

Hal itu berangkat dari fakta bahwa sejumlah orang tua/wali santri yang memasukkan putra-putrinya ke pesantren, tidak mahir BTQ. Menyadari hal tersebut, komite sekolah dan SMP IT Pesantren Quran Kayuwalang bersinergi menyelenggarakan Pemberantasan Buta Huruf Alquran (PBHA) khusus bagi mereka.

Komite sekolah yang dipimpin oleh Kyai Agus Talik, menyelenggarakan program itu dengan membagi peserta menjadi dua kelompok. Yakni, yang mahir membaca akan mengikuti Tahsin Alquran atau membaguskan. Sementara yang belum lancer, mengikuti program Baca Tulis Alquran (BTQ).

Sekretaris komite sekolah, Heni Sriwintari, menjelaskan, kegiatan PBHA itu diprogramkan berjalan selama sepuluh pertemuan. Adapun pengajar yang dilibatkan dalam program tersebut adalah Ustadzah Siti Julaeha dan Ustadzah Shopa.

‘’Pembelajaran dilakukan sepekan sekali,’’ ujar Heni, Senin (20/11/2023).

Para peserta yang telah berhasil menyelesaikan pelatihan PBHA itu diberikan apresiasi berupa acara wisuda dan pemberian sertifikat.

Salah satu orang tua santri, Sri Lindu, menyambut gembira program tersebut. Tak hanya putrinya, Fira, yang mendapat pelatihan khusus untuk belajar membaca dan menghafal Alquran, namun orang tua juga didorong untuk memiliki kemampuan yang sama.

‘’Terima kasih kepada Pak Kyai Agus Talik yang telah memfasilitasi program ini dengan baik,’’ tutur Sri.

Sri berharap, program serupa juga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Tak hanya mereka yang berada di lingkungan SMP IT Pesantren Quran Kayuwalang.

Sejak berdiri, SMP IT Pesantren Quran Kayuwalang Cirebon telah berkomitmen untuk fokus pada PHBA para santrinya, dan orang tua santri, melalui metode BTQ Plus. Yakni metode cepat baca tulis Al Quran dalam 10 kali pertemuan.

Untuk itu, SMP IT Pesantren Quran Kayuwalang membuka kesempatan bagi keluarga muslim, yang menaruh perhatian khusus serta hendak menumbuhkan kecintaannya terhadap Alquran, untuk menjadi bagian dari pesantren yang terletak di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon tersebut.

 
Berita Terpopuler