Terungkap, Satu Korban Jatuhnya Pesawat TNI AU Pernah Mengantar Bantuan ke Palestina

Keempat korban meninggal dimakamkan pada Jumat (17/11/2023).

Antara/Umarul Faruq
Warga berada di dekat bangkai pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU yang mengalami kecelakaan di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (17/11/2023). Dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU milik Skadron Udara 21 Landasan Udara Abdulrachman Saleh, Malang mengalami kecelakaan di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis 16 November 2023 yang mengakibatkan empat orang meninggal dunia.
Rep: Dadang Kurnia Red: Agus raharjo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan duka mendalam atas musibah jatuhnya dua pesawat tempur TNI AU Super Tucano di Kabupaten Pasuruan, Kamis (16/11/2023). Dalam musibah ini, empat prajurit yang merupakan awak kedua pesawat tempur, gugur dalam tugas.

Empat prajurit tersebut, yaitu Letkol Pnb Sandhra Gunawan dan Kolonel Adm Widiono di pesawat TT-3111 dan Mayor Pnb Yuda A Seta serta Kolonel Pnb Subhan di Pesawat TT-3103. Khofifah menyampaikan, keempat awak yang gugur merupakan prajurit yang tinggal di Jatim, tepatnya dari Kabupaten Malang.

"Bahkan, Kolonel Pnb Subhan diketahui merupakan sosok yang turut serta dalam misi kemanusiaan mengantar bantuan dari Indonesia ke Palestina," kata Khofifah, Jumat (17/11/2023).

Khofifah mengatakan, sebagai prajurit TNI AU, keempat korban telah menorehkan berbagai prestasi bagi bangsa ini. "Kami sangat menghargai perjuangan beliau semua dan semoga amal kebaikannya diterima Yang Maha Kuasa," ujarnya.

Khofifah mengatakan, saat menerima informasi kejadian jatuhnya dua pesawat TNI AU, BPBD Provinsi Jawa Timur, Agen Bencana Provinsi Jatim, dan BPBD Kabupaten Pasuruan langsung melakukan asesmen di lokasi kejadian. Evakuasi korban pun dilakukan bersama tim gabungan dari berbagai unsur terkait.

"BPBD Jatim menurunkan satu tim berisi enam orang yang juga di-backup oleh tim BPBD kabupaten kota setempat," kata dia.

Prosesi pemakaman prajurit...

Baca Juga

 

Tiga awak pesawat Super Tucano yang gugur saat tugas dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Kota Malang, Jumat (17/11/2023). - (Republika/ Wilda Fizriyani )

Sebagai informasi, keempat jenazah awak pesawat Super Tucano telah ditemukan. Keempat jenazah bahkan telah dilakukan pemeriksaan di RS TNI AU Malang. Keempat jenazah akan disemayamkan pada Jumat (17/11/2023) dengan prosesi upacara kemiliteran untuk pelepasan jenazah.

Tiga korban meninggal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati, Kota Malang, Jawa Timur. Tiga korban yang dimakamkan di TMP Suropati, pada Jumat tersebut adalah Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Subhan, Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Widiono Hadiwijaya dan Kolonel Penerbang (Anumerta) Sandhra Gunawan.  

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R Agung Sasongkojati mengatakan, sementara satu korban lain yakni Letkol Penerbang (Anumerta) Yuda A Seta dimakamkan di TMP Madiun.

"Telah selesai pemakaman di TMP Suropati di Kota Malang, ada tiga almarhum yang dimakamkan di sini. Untuk di TMP Madiun, dimakamkan Letkol Penerbang (Anumerta) Yuda A. Seta," kata Agung, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.  

Upacara pemakaman secara militer dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi II, Marsda TNI Budhi Achmadi. Upacara pemakaman dimulai kurang lebih pada pukul 10.45 WIB dan rampung pada pukul 11.30 WIB.  

Sesi latihan...

"Apel Persada. Saya Panglima Komando Operasi II. Atas nama negara dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan kepada persada ibu pertiwi jiwa, raga, dan jasa-jasa almarhum," kata Inspektur Upacara (Irup), Marsda TNI Budhi Achmadi.

Korban dalam kecelakaan pesawat tempur saat menjalani sesi latihan formasi tersebut, lanjutnya, meninggal dunia demi kepentingan dan keluhuran negara dan bangsa pada 16 November 2023. "Semoga jalan Dharma Bhakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka," katanya.

Dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI Angkatan Udara jatuh di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis siang kurang lebih pukul 12.00 WIB. Dua pesawat itu bernomor registrasi TT-3111 dan TT-3103 yang tengah melakukan sesi latihan rutin.

Pesawat tersebut take off pada pukul 10.51 WIB dan hilang kontak pada 11.18 WIB. Dua pesawat mengalami hilang kontak seusai melakukan manuver formasi dan menembus awan. Dugaan awal, jatuhnya pesawat tempur tersebut akibat cuaca buruk.

TNI AU Diperkuat Lima Unit Pesawat C-130J Super Hercules - (Republika.co.id)

 
Berita Terpopuler