Bantah Dukung Israel, Grab Indonesia dan OVO Donasi Rp 3,5 Miliar untuk Warga Gaza

Grab mengaku tidak mengambil sikap netral dalam perlindungan HAM.

ANTARA/Muhammad Adimaja
Pengemudi ojek daring kendaraan listrik GrabElectric menunggu calon pengguna di Jakarta, Selasa (12/7/2022).
Rep: Dian Fath Risalah Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grab Indonesia dan OVO menegaskan tidak pernah mendukung tindakan apapun yang tidak mengindahkan perikemanusian dan perikeadilan.

Sebelumnya, istri dari pendiri Grab Anthony Tan, yakni Chloe Tong membuat heboh publik lewat postingan Instagram-nya yang diduga memberi dukungan untuk Israel. Dalam unggahannya di Instagram, Chloe mengaku sangat mencintai Israel dan menjadi negara tempat berlibur paling favorit bagi keluarganya.

Baca Juga

"Kami tidak mengambil sikap netral dalam perlindungan kemutlakan hak asasi manusia dan mendukung segala upaya untuk menciptakan perdamaian yang nyata dan adil," ujar Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenandi dalam keterangan, Ahad (5/11/2023).

BACA JUGA: Doa Qunut Nazilah untuk Warga Palestina yang Berada dalam Peperangan

Grab Indonesia dan OVO pun mengaku telah mendonasikan dana kemanusiaan sebesar Rp 3,5 miliar untuk membantu korban kebrutalan Israel di Gaza Palestina. Bantuan tersebut kabarnya akan disalurkan melalui BenihBaik.com, platform crowdfunding dan CSR marketplace independen di Indonesia.

Kami berharap bantuan ini...

"Kami berharap bantuan ini dapat turut membantu meringankan penderitaan korban konflik di Gaza, agar dapat dimanfaatkan sesuai yang dibutuhkan di lapangan," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, CEO & Founder BenihBaik.com Andy F Noya berharap agar bantuan ini dapat meringankan para korban di Gaza. "Kami percaya banyak yang diperlukan di sana dan bantuan ini akan turut meringankan beban mereka yang jadi korban," ujar Andi.

Viralnya unggahan milik Chloe yang yang diduga beri dukungan untuk Israel itu menuai berbagai kritik. Banyak warganet mengancam akan memblokir aplikasi Grab akibat unggahan Chloe tersebut.

Bahkan akun instagram Grab Indonesia @grabid juga dipenuhi kritik para warganet. "Sudah uninstall OVO n grab," tulis salah satu warganet.

Siapa Chloe Tong?

Siapa Chloe Tong?

Chloe Tong adalah istri salah satu pendiri Grab Anthony Tan dari Singapura. Keduanya memiliki lima orag anak. Dikutip dari The Rakyat Post, Jumat (3/11/2023), ia adalah putri mantan bankir Malaysia dan pemilik The Edge Media Group Tan Sri Tong Kooi Ong.

Dalam unggahan di akun Instagram resmi Grab Malaysia dua hari lalu dimuat tanggapan Chloe Tong atas Story-nya yang memuji Israel.

Dalam unggahan itu, disebutkan tangkapan layar Instagram Stories Tong diambil beberapa pekan yang lalu. Status tersebut tiba-tiba muncul ke permukaan dan dengan sengaja diambil di luar konteks dan dibagikan untuk membangkitkan lebih banyak kebencian.

"Insta-story saya dibuat sebelum saya memahami semua yang terjadi dengan Israel dan Gaza. Seperti umat manusia lainnya, saya mengharapkan gencatan senjata dan perdamaian. Saya sungguh sedih dan merasa sangat tidak berdaya atas hilangnya nyawa tak berdosa," katanya.

Grab Malaysia memilih menutup kolom komentar di unggahan tersebut.

 
Berita Terpopuler