Boikot Produk Israel, Ini Delapan Merek Pendukung Israel Menurut BDS

BDS fokus pada perusahaan yang memainkan peran jelas dalam kejahatan Israel.

Youtube
Protes untuk memboikot produk Israel
Rep: Fuji E Permana Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Boycott, Divestment, Sanctions (BDS) atau Boikot, Divestasi, Sanksi adalah gerakan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan yang dipimpin Palestina. BDS menjunjung tinggi prinsip sederhana bahwa warga Palestina berhak atas hak yang sama seperti umat manusia lainnya.

Situs resmi BDS mengungkapkan delapan produk yang terafiliasi atau mendukung Israel. Sehubungan dengan itu, BDS mengajak memboikot perusahaan Israel dan internasional yang terlibat dalam tindakan pelanggaran hak-hak Palestina.

BDS mengungkapkan bahwa hampir semua perusahaan Israel sampai taraf tertentu terlibat dalam sistem pendudukan dan apartheid Israel. BDS fokus pada perusahaan-perusahaan yang memainkan peran jelas dan langsung dalam kejahatan Israel dan yang menurut BDS dapat memberikan dampak.

Komite Nasional BDS mendorong untuk memboikot konsumen terhadap produk dan merek berikut ini.

Baca Juga

Produk Pendukung Israel yang Diserukan untuk Diboikot

Hewlett-Packard (HP)

HP membantu menjalankan sistem ID biometrik yang digunakan Israel untuk membatasi pergerakan warga Palestina.

Siemens

Siemens terlibat dalam perusahaan permukiman ilegal apartheid Israel melalui rencana pembangunan EuroAsia Interconnector. Hal ini akan menghubungkan jaringan listrik Israel dengan jaringan listrik Eropa, sehingga memungkinkan pemukiman ilegal milik Israel di tanah Palestina mendapatkan keuntungan dari perdagangan listrik Israel-Uni Eropa (UE) yang dihasilkan dari gas fosil.

Merek berikutnya...

AXA

AXA adalah sebuah perusahaan asuransi multinasional. AXA berinvestasi di bank-bank Israel, yang membiayai pencurian tanah dan sumber daya alam milik Palestina. BDS menyeru jangan membeli polis asuransi dengan AXA, atau jika saat ini kamu memiliki polis asuransi dengan AXA, coba batalkan.

Puma

Puma adalah perusahaan internasional yang memproduksi sepatu olahraga serta perlengkapan olahraga lainnya. Puma mensponsori Asosiasi Sepak Bola Israel, yang mencakup tim-tim permukiman ilegal Israel di tanah Palestina yang diduduki.

Buah dan Sayuran Israel

Buah-buahan, sayur-sayuran, dan anggur dari Israel sering kali salah diberi label sebagai “Produksi di Israel" padahal buah-buahan tersebut berasal dari tanah Palestina yang dicuri oleh Israel. BDS menyeru untuk memboikot semua produk dari Israel di supermarket dan minta produk tersebut dikeluarkan dari rak.

Soda Stream

Soda Stream adalah produsen dan distributor pembuat air soda terkemuka di dunia. Soda Steam secara aktif terlibat dalam kebijakan Israel yang menggusur warga asli Badui-Palestina di Naqab (Negev). Soda Stream memiliki sejarah panjang penganiayaan dan diskriminasi terhadap pekerja Palestina.

Ahava

Kosmetik Ahava memiliki lokasi produksi, pusat pengunjung, dan toko utama di permukiman ilegal Israel.

Sabra

Sabra hummus adalah perusahaan patungan antara PepsiCo dan Strauss Group, sebuah perusahaan makanan Israel yang memberikan dukungan finansial kepada tentara Israel.

 
Berita Terpopuler