Peringatan Dini BMKG, Ini Dia Kota yang Berpotensi Diguyur Hujan, Cek Wilayah Anda

Sebagian wilayah Indonesia akan diguyur hujan lebat yang disertai angin kencang.

Republika/Mahmud Muhyidin
BMKG memberikan peringatan dini terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia, Selasa (17/10/2023). (ilustrasi)
Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA---Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga

Dari wilayah Sumatra, BMKG mengingatkan potensi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Simeulue, Aceh Singkil, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Aceh Besar, Aceh Jaya, Pidie, Aceh Barat, Pidie Jaya, Sabang, Aceh Singkil, Subulussalam, Nagan Raya, Aceh Timur, Aceh Tenggara, Bireun dan sekitarnya.

Sedangkan Lampung berpotensi mengalami hujan lebat di wilayah Lampung Barat pada siang hingga sore hari.

Dari Riau, BMKG mengimbau untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi disebagian wilayah  Kab. Kampar dan Kab. Pelalawan pada  malam dan dini hari.

Sedangkan di Sumatra Barat, masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang - lebat dapat disertai petir/kilat pada siang hari di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Bukittinggi, Padang Pariaman, dan sekitarnya.

Dari Banten...

 

Dari Banten, berpeluang terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kab. Lebak bagian Tengah dan Timur.

Di Jawa Barat, masyarakat diimbau mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai angin kencang pada skala lokal dan durasi yang relatif singkat antara sore hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kab Sukabumi, Kab dan Kota Bogor. Waspada pula potensi peningkatan kecepatan angin di sebagian wilayah Jawa Barat

Sedangkan di Jawa Timur, BMKG memprakirakan terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di wilayah Lumajang dan Bondowoso.

Di Maluku, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang hingga lebih dari 45 km per jam berpotensi terjadi di Kota Ambon, Kabupaten Buru, Buru Selatan, Maluku Tengah, Seram bagian barat dan timur.

Sedangkan, di Papua...

Sedangkan di Papua, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Mamberamo Raya, Mimika, Pegunungan Bintang, Asmat, Mappi, Boven Digoel, dan Merauke.

Untuk wilayah Sulawesi, BMKG mengingatkan akan potensi hujan sedang-lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Luwu Raya, Sulawesi Selatan.

Sementara di Sulawesi Tengah, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang berpeluang terjadi pada pagi dan siang hari di wilayah Donggala, Sigi, Tolitoli, Touna, Morowali, Morowali Utara dan Banggai Kepulauan.

Di Kalimantan, masyarakat diminta waspada pada potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian besar wilayah Kab./Kota Kalimantan Barat.

 
Berita Terpopuler