Perlukah UMKM Memiliki Website?

Selain dapat memberikan informasi yang lengkap tentang bisnis Anda, memiliki website juga memberikan banyak manfaat bagi UMKM.

retizen /suparjo
.
Rep: suparjo Red: Retizen

Di era digital seperti sekarang ini, pengelolaan dan pengembangan bisnis sepertinya wajib melakukan adaptasi digital, khususnya bagi para pelaku UMKM (Usaha MIkro Kecil Menengah). Jika tidak, mereka akan tersalip para kompetitornya, bahkan bukan mustahil gulung tikar karena tidak mempu menyesuaikan dari dengan dinamika bisnis yang ada.

Pandemi Covid-19 beberapa tahun yang lalu sudah membuktikan hal tersebut. Bukan hanya UMKM, perusahaan retail besar semacam Matahari, Giant dan Centro saja banyak yang menutup gerainya di berbagai kota besar.

Tapi nampaknya, image membuat website mahal dan sulit dalam pengelolaannya masih banyak tertanam di benak para pelaku UMKM. Padahal, jika mereka mengetahui manfaat website bagi usaha mereka, niscaya mereka akan mempertimbangkan untuk membuatnya. Adapun masalah biaya dan pengelolaan bisa dicarikan solusi yang sesuai dengan kondisi masing masing pengusaha.

Lalu, apa sih manfaat website bagi UMKM? Dan Solusi apa saja untuk masalah tingginya harga pembuatan website dan sulitnya dalam pengelolaan?

Artikel Elfaaza Media kali ini akan mengupas apa saja manfaat website bagi usaha kecil dan tips membuat website dengan biaya rendah serta pengelolaannya.

Yuk, simak sampai selesai artikel ini, agar mendapatkan gambaran yang utuh tentang perlunya website untuk UMKM!

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memiliki website bagi para pebisnis, khususnya pelakuk UMKM. Di sini kami cantumkan 7 manfaat website, antara lain:

Dengan memiliki website, usaha Anda akan terlihat lebih profesional dan kredibel, sehingga calon pelanggan Anda semakin yakin untuk berbisnis dengan Anda. Anda terlihat lebih maju beberapa langkah dibandingkan dengan pesaing Anda yang tidak memiliki website.

Tidak seperti halnya bisnis konvensional yang berada di satu tempat dengan jam operasional terbatas, pelanggan Anda bisa mengakses bisnis Anda melalui website kapan saja dan di mana saja, tidak terkendala tempat dan waktu. Bahkan saat Anda tidurpun, website bisnis Anda mungkin sedang dilihat orang.

Calon pelanggan yang cerdas biasanya akan melakukan pengecekan terhadap informasi yang mereka miliki tentang bisnis Anda. Beruntung Anda yang memiliki website, sehingga pelanggan Anda bisa mendapatkan informasi penting yang mereka butuhkan dalam website Anda

Anda bisa melengkapi semua informasi yang Anda anggap penting, baik tentang perusahan, produk, layanan maupun testimoni dari pelanggan, sehingga mereka semakin percaya dengan Anda

Website Anda akan menggantikan pemasaran produk/jasa konvensional Anda. Kalau sebelumnya mungkin membutuhkan cetak brosur, poster dan SDM untuk menyebarkannya, sekarang cukup dengan website saja dan share link URL untuk menyebarkannya ke seluruh penjuru negeri. Jika dibandingkan biaya yang dikeluarkan, tentu lebih murah membuat website.

Anda bisa mendapatkan data pelanggan dari leads toko online Anda, seperti nama, nomor telepon dan email. Dari data tersebut, Anda bisa melakukan tindak lanjut kepada mereka dengan penawaran penawaran yang menarik. Intinya, database pelanggan bisa Anda kelola untuk kepentingan bisnis Anda.

Semakin sering orang mengunjungi bisnis Anda, maka brand bisnis Anda akan semakin meningkat. Ini akan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda dalam jangka panjang. Anda bisa melakukan optimasi kata kunci untuk menggiring pelanggan menemukan brand Anda.

Itulah 6 manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki website untuk bisnis Anda.

Mahal tidaknya membuat website itu tergantung dari seberapa besar manfaat yang akan diraih dari website tersebut. Selain itu, kelengkapan fitur juga mempengaruhi harga pembuatan sebuah website.

Namun mahalnya pembuatan website sebenarnya bisa Anda siasati dengan 2 hal:

Anda bisa membuat website bisnis Anda sendiri yang tentunya tidak memakan biaya yang tinggi. Anda hanya beli domain, hosting dan install wordpress gratis, kemudian tinggal membangun website.

Apakah bisa orang yang tidak faham IT bisa membuat website?

Saat ini membuat website tidak serumit seperti dulu yang harus faham bahasa pemrograman dan coding. Sekarang, membuat website lebih mudah, tinggal drag and drop tanpa memiliki perlu pengetahuan coding. Anda hanya perlu tahu langkah langkahnya saja dan itu bisa Anda dengan mudah di internet. Sebagai contoh artikel Cara Membuat website Sendiri Dalam 5 Langkah bisa Anda jadikan rujukan.

Tidak semua penyedia jasa layanan pembuatan website mematok harga tinggi untuk pembuatan situs web. Banyak penyedia jasa yang memang peduli dengan UMKM dengan memberikan harga yang terjangkau. Sebagai contoh Elfaaza Media yang memang concern dengan perkembangan usaha kecil, khususnya dalam hal transformasi digital bagi UMKM.

Anda bisa berkonsultasi secara gratis, baik tentang pembuatan website maupun digitalisasi bisnis secara umum.

Setelah memiliki website, masalah yang dihadapi berikutnya adalah pengelolaan. Mengelola website tentu membutuhkan waktu dan ketekunan, juga pengetahuan. Namun bukan berarti tidak bisa Anda lakukan sendiri.

Carilah tutorial cara mengelola website yang baik di internet khususnya bagi pemula. Lakukan secara bertahap apa yang disarankan dari para ahli tersebut. Dengan kesabaran dan ketekunan, yakinlah Anda akan mampu mengelola website dengan baik dan bisa mendatangkan pengunjung ke website Anda, yang berarti akan membawa dampak positif bagi bisnis Anda.

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup dan ingin lebih berkonsentrasi kepada bisnis Anda, tidak ada salahnya menggunakan jasa kelola website. Carilah penyedia layanan jasa pengelolaan website yang terpercaya, agar Anda bisa lebih mengoptimalkan bisnisa Anda tanpa dibuat pusing dengan pengelolaan situs web.

Adaptasi digital untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis mutlak diperlukan di era yang serba digital saat ini. Salah satu bentuk adaptasi digital untuk bisnis adalah dengan mwmbangun sebuah website. Selain mampu memberikan informasi yang lengkap tentang bisnis dan layanan Anda, website juga memiliki banyak manfaat seperti yang telah kami sebutkan.

Permasalahan biaya dan pengelolaan website seharunya bukan menjadi masalah. Karena saat ini, pembuatan website cenderung lebih mudah dibandingkan dengan tahun tahun yang lalu. Artinya, semakin mudah pembuatannya, maka sesungguhnya semakin ringan dari sisi biaya.

Delam pengelolaan website juga bisa diserahkan kepada penyedia jasa kelola web agar Anda bisa lebih berkonsentrasi mengembangkan bisnis Anda. Banyak penyedia layanan ini di internet yang bisa Anda pilih untuk bekerja sama.

Semoga bermanfaat

 
Berita Terpopuler