Peristiwa-Peristiwa Ajaib Ketika Nabi Muhammad Lahir

Nabi Muhammad merupakan kebanggaan semua makhluk.

dok. Republika
Warga Jakarta membaca Salawat saat mengikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta,
Rep: Ratna Ajeng Tejomukti Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peristiwa-peristiwa besar mengiringi kelahiran Rasulullah SAW. Tentu saja, hal ini menjadi ciri lahirnya seorang yang mulia dan agung, kekasih Tuhan. Kelahiran beliau SAW menjadi rahmat dan berkah bagi semesta alam.

Baca Juga

Dikutip dari buku Jalan Damai Rasulullah karya Fuad Abdurrahman, berikut adalah peristiwa-peristiwa ajaib yang mengiringi kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW selain kehancuran pasukan Abrahah.

Cahaya terang

Imam Baihaqi menuturkan bahwa seorang wanita bernama Fatimah berkata, "Aku hadir dan menyaksikan sendiri kelahiran Muhammad. Ketika itu, aku melihat cahaya terang menyinari seisi rumah tempat beliau dilahirkan. Selain itu, aku melihat beberapa bintang bersinar turun mendekat hingga aku merasa seolah-olah bintang-bintang itu hendak mematuhi diriku.”

"Baginda Nabi sendiri pernah menjelaskan bahwa ibunya melihat cahaya yang memancar ke Timur dan dan Barat saat beliau lahir" (HR Ahmad).

Padamnya api Majusi

Sebelum kelahiran Rasulullah SAW, masyarakat Majusi menyembah api dan menganggap api itu sebagai Tuhan. Konon, api itu tidak pernah padam selama beratus-ratus tahun. Namun, saat Baginda Nabi lahir, api itu seketika padam.

Tentu saja, para pengikut agama Majusi berusaha menyalakan kembali apinya, tetapi tetap tidak bisa menyala. Mereka menduga bahwa padamnya api yang selama ini mereka sembah, pasti menunjukkan terjadinya peristiwa besar di dunia.

Robohnya tiang-tiang Istana Kaisar

Imam Baihaqi juga meriwayatkan tentang robohnya tiang-tiang istana Kaisar, juga beberapa gereja dan biara yang runtuh.

Ka'bah bergetar dan berhala jatuh

Dalam sebuah riwayat dikisahkan bahwa Abdul Muthalib pernah berkata, "Sewaktu aku berada di dekat Ka'bah, patung berhala yang ada di dalam Ka'bah tiba-tiba jatuh tersungkur dari tempatnya dalam bentuk bersujud kepada Allah. Aku juga mendengar suara dari dinding Ka'bah, 'Nabi terpilih telah lahir yang akan menghancurkan orang-orang kafir, dan membersihkan aku dari beberapa patung berhala, serta memerintahkan untuk menyembah kepada Zat yang Merajai Alam ini."

Dalam riwayat lain, Ka'bah sempat bergetar tiga hari berturut-turut dan ada suara dari dalam Ka'bah: "Katakanlah telah datang kebenaran (Islam) dan tidak akan memulai kebatilan, juga tidak akan mengembalikan kekufuran."

 

Keajaiban lainnya, lihat halaman setelah ini >>>

 

Arsy Allah bergetar

Dalam kitab Maulid ad-diba’i, Imam Abdurrahman menuturkan bahwa pada saat kelahiran Baginda Rasul, Arasy seketika bergetar hebat karena meluapkan kebahagiaan dan kegembiraannya.

Selain itu, Kursi juga semakin bertambah kewibawaan dan keagungannya. Seluruh, langit dipenuhi cahaya yang bersinar terang serta seluruh malaikat serentak bergemuruh memanjatkan tahlil, tahmid, dan istighfar kepada Allah Swt.

Jin gagal dapatkan bocoran langit

Sebelum kelahiran Baginda Nabi, para jin leluasa mencuri berita gaib dari langit untuk disampaikan kepada para tukang sihir. Ketika kelahiran Nabi Muhammad, mereka tidak bisa lagi mencuri dengar berita gaib dari langit.

Mereka akan menjumpai panah api yang akan membunuh mereka. Ketika mereka dilarang naik ke langit, maka mereka berkumpul dan menemui Iblis, lalu berkata,

"Dahulu kami bisa naik ke langit, tetapi hari ini kami telah dilarang untuk naik."

"Menyebarlah kalian di muka bumi dari Barat sampai Timur," ujar Iblis, "dan perhatikan dengan saksama apa yang sebenarnya telah terjadi!"

Mereka lalu menyebar mengelilingi bumi. Sampailah mereka ke Kota Makkah. Di sana, mereka melihat Baginda Nabi sedang dikelilingi para malaikat. Cahaya memancar dari dirinya hingga ke langit. Sedangkan, para malaikat itu saling memberi ucapan selamat satu sama lain.

Selanjutnya, para jin itu kembali menghadap Iblis dan menceritakan semua yang telah mereka saksikan. Maka, Iblis pun berteriak dengan suara keras, "Aaah, telah keluar 'ayatul 'alam' dan rahmat bagi Bani Adam, karena itulah kalian telah dicegah untuk naik ke langit, tempat ia dan umatnya memandang."

Ibnu Katsir, dalam al-Bidayah wa an-Nihayah, menuturkan: "Iblis menangis sangat keras sebanyak empat kali. Ketika Iblis dilaknat oleh Allah Swt., ketika dia diusir dari surga, ketika Rasulullah Saw. dilahirkan, dan ketika surah al-Fatihah diturunkan."

Iblis menangis saat kelahiran Rasulullah Saw. karena dia tahu bahwa kelahiran Rasulullah Saw. akan membawa petunjuk bagi umat manusia, dan secara otomatis akan menghalangi misi jahat Iblis.

 

Keajaiban lainnya, lihat halaman setelah ini >>>

 

 

Bintang besar bercahaya

Para ahli kitab (Yahudi dan Nasrani) melihat bintang besar bercahaya seolah berlensa tepat pada hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. Sebelumnya, bintang itu tak pernah terlihat. Di antara mereka ada yang berseru, "Nabi penutup zaman sudah lahir."

Dalam hal ini, Ka'ab al-Ahbar, seorang sahabat Nabi, pernah berkata, "Saya telah melihat di dalam Taurat bahwa Allah telah mengabarkan kepada kaum Musa tentang saat lahirnya Muhammad Saw., 'Sesungguhnya bintang tetap yang telah kamu ketahui itu, bila ia bergerak dari tempatnya, hal itu menandakan bahwa Muhammad telah keluar."

Ketika Baginda Nabi lahir, bintang itu pun bergerak dan berpindah dari tempat asalnya. Maka, orang-orang Yahudi itu semuanya mengetahui bahwa Nabi yang diberitakan Allah itu telah lahir ke dunia. Namun, mereka merahasiakannya karena kedengkian mereka.

Salam burung-burung

Saat kelahiran Nabi Muhammad Saw., burung-burung indah beterbangan di atas langit Mekkah dan berkicau seolah memberi salam sejahtera kepada Nabi akhir zaman.

Pohon kurma kering kembali berbuah

Dalam Injil, digambarkan tentang tanda-tanda kelahiran Nabi akhir zaman: "Bahwasanya apabila pohon kurma kering mengeluarkan daun-daunan, maka itu menandakan keluarnya utusan Allah ke dunia.”

Nah, ketika Baginda Nabi lahir, pohon kurma kering dan layu menjadi segar, berdaun, dan berbuah. Melihat hal itu, orang-orang Nasrani mengetahui bahwa rasul yang dijanjikan Allah di dalam kitab Injil itu telah lahir ke dunia. Namun, mereka juga merahasiakannya karena kedengkian mereka.

Mata air kering memancar kembali

 

 

Di dalam Zabur, dikabarkan juga tentang kelahiran Nabi Muhammad Saw.: "Ketika mata air yang sudah kalian kenal kering dan tiba-tiba memancarkan air dengan derasnya, maka pada saat itulah Nabi akhir zaman telah lahir ke dunia.”

 
Berita Terpopuler