Timnas U-23 Amuk China Taipei di Stadion Manahan Sembilan Gol Tanpa Balas

Indonesia U-23 berhak menempati posisi teratas klasemen sementara.

Republika/ Wihdan
Pertandingan Timnas U-23 Indonesia melawan China Taipei pada pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). Indonesia menang telak 9-0.
Rep: Reja Irfa Widodo/Febrianto Adi Saputro Red: Fernan Rahadi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Indonesia U-23 berhasil menggeser Turkmenistan di puncak klasemen sementara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kemenangan besar Garuda Muda atas China Taipei U-23 di lanjutan penyisihan Grup K, Sabtu (9/9/2023) malam WIB.

Tidak tanggung-tanggung, Indonesia U-23 memborong sembilan gol ke gawang China Taipei U-23 dan tanpa kebobolan satu gol pun dalam laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, tersebut. Dengan raihan tiga angka di laga ini, Indonesia memiliki poin yang sama dengan Turkmenistan.

Kendati begitu, Indonesia U-23 berhak menempati posisi teratas klasemen sementara Grup K lantaran unggul produktivitas gol dibanding Turkmenistan. Pada laga sebelumnya, Turkmenistan mencuku China Taipei, 4-0, tengah pekan ini. 

Rencananya, Indonesia U-23 akan berduel dengan Turkmenistan U-23 di laga terakhir penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23, Selasa (12/9/2023) malam WIB. Laga itu akan menentukan satu tempat di putaran final Piala AFC U-24, yang bakal digelar di Qatar pada April hingga Mei 2024 mendatang.

Jalannya laga berlangsung...

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan dua menit, Indonesia U-23 sudah mencatatkan keunggulan. Sebuah kesempatan tendangan bebas di sisi kiri pertahanan China Taipei u-23 berhasil dimaksimalkan oleh Marselino Ferdinan. Bola mendatar hasil sepakan gelandang berusia 19 tahun itu meluncur ke sisi kiri gawang China Taipei U-23.

Hanya berselang tiga menit pasca gol Ferdinan tersebut, Garuda Muda mampu menggandakan keunggulan. Ramadhan Sananta berhasil merebut bola dari salah satu pemain bertahan China Taipei U-23. Penyerang Persis Solo itu langsung merangsek ke kotak penalti dan menaklukan kiper China Taipei dengan sepakan mendatar ke tengah gawang.

Kendati sudah unggul dua gol, para penggawa Garuda Muda itu terus menekan pertahanan China Taipei. Tim besutan Shin Tae-yong itu terlihat lebih unggul dalam kemapuan teknik dan terus mengendalikan permainan. Pun dengan berbagai variasi serangan yang ditunjukan runner-up Piala AFF U-23 2023 tersebut.

Di sisi lain, China Taipei U-23 kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan dan membangun serangan. Bahkan, China Taipei tercatat tidak mampu mencatatkan satu pun tembakan hingga pertengahan babak pertama. Gawang China Taipei U-23 malah kembali kebobolan pada menit ke-19. Kali ini via torehan Rafael Struick.

Pada menit ke-29, Witan Sulaeman ikut menyumbang gol buat Garuda Muda di laga ini. Setelah menerima umpan dari Ivar Jenner, Sulaeman langsung melepaskan sepakan terarah ke sisi kanan gawang China Taipei tanpa bisa dihalau penjaga gawang. 

Gawang China Taipei benar-benar menjadi bulan-bulanan para penggawa Garuda Muda. Ilham Rio mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan keras dari sisi kiri kotak penalti China Taipei. Awal terjadinya gol Rio ini hampir mirip dengan torehan gol Witan. Gol Rio ini sekaligus menjadi gol terakhir pada babak pertama.

Dominasi Indonesia berlanjut pada babak kedua. Elkan Baggott mencatatkan namanya di papan skor. Bek tengah Ipswich Town itu sukses menanduk bola hasil sepak pojok. Ferdinan berhasil mencetak gol kedua Ferdinan mencetak gol kedua sekaligus gol ketujuh Garuda Muda di laga ini.

Setelah menerima umpan dari Jenner, Ferdinan mampu menembus kotak penalti China Tapie dan menyelesaikan aksinya tersebut dengan sepakan keras ke sisi kanan gawang. Indonesia sudah unggul tujuh gol saat laga menginjak menit ke-58. Kendati begitu, pesta gol Indonesia belum berhenti.

Pada menit ke-78, Hokky Caraka, yang masuk sebagai pemain pengganti, ikut menyumbang gol. Hokky memanfaatkan umpan Fajar Fathur tepat di depan mulut gawang China Taipei. Sebuah kesalahan fatal penjaga gawang China Taipei pada menit ke-84 berujung pada gol kesembilan Indonesia di laga ini.

Garuda Muda nyaris menggenapi kemenangan ini dengan gol ke-10 via hadiah tendangan penalti. Namun, Struick gagal memaksimalkan kesempatan tersebut. Sepakan penalti Struick mampu dihalau oleh kiper China Taipei

Susunan pemain Indonesia Vs China Taipe...

 

Susunan Pemain Laga Timnas Indonesia U-23 vs China Taipei

Timnas Indonesia U-23:

Baca Juga

Ernando Ari Sutaryadi, Ilham Rio, Elkan Baggott, Rizky Ridho Ramadhani (C), Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Arkhan Fikri, Pratama Arhan Alif, Rafael William Struick. 

Timnas China Taipei U-23:

Chang Hsiang Chun, Liang Meng Hsin (C), Yang Chia-Pao, Lu Cheng Eng, Lin Chun Kai, Hsu Po-Chieh, Huang Wei-Chieh, Chao Wei-Chieh, Ing Pui-Hei, Liu Hsuan Wei, Cheng Chung Liang.

Daftar pemain cadangan Indonesia:

Komang Teguh Trisnanda, Jeam Kelly Sroyer, Dzaky Asraf, Muhammad Fajar Fathur, Muhammad Rayhan Hannan, Muhammad Ferarri, Titan Agung Bagus, Alfeandra Dewangga, Hokky Caraka Brilliant, Dony Tri Pamungkas, Nuri Agus Wibowo, Daffa, Fasya Sumawijaya.

Daftar pemain cadangan China Taipei:

Huang Yung Chun, Shih Cheng-Hsi, Lai Wei, Chen Shih-Hsun, Hamiang Guo Fu, Yuan Yung-Cheng, Kuo Ping-Sheng, Tsai Yu Hsiang, Hsu Yu-Jen, Chen Chun Fu, Hung Shih-Cheng, Tseng Yun-Hao.

Pertandingan dipimpin oleh wasit asal Arab Saudi Ibrahim Abdullah Aldakhil.

 

 
Berita Terpopuler