Buah Surga ini Ada di Dunia, Kecil Bulat Tapi Berkhasiat Besar untuk Turunkan...

Buah surga bukat kecil ini disebut 11 kali dalam Alquran.

Republika.co.id
Buah Surga ini Ada di Dunia, Kecil Bulat tapi Berkhasiat Besar untuk Turunkan...Foto: Buah surga bukat kecil ini disebut 11 kali dalam Alquran.
Rep: Umar Mukhtar Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anggur adalah buah dengan segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan anggur merupakan salah satu buah surga yang tumbuh subur dan terhampar luas di surga kelak. Buah-buahnya menjuntai sehingga mudah dipetik oleh para penghuni surga.

Baca Juga

Dalam Alquran, Allah SWT menyebut buah anggur sebanyak 11 kali. Penyebutan anggur yang berulang kali itu sebagai bagian dari penjelasan tentang berbagai nikmat yang dilimpahkan Allah SWT kepada para hamba-Nya baik di dunia dan akhirat.

Allah SWT berfirman, "Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air. Supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?" (QS Yasin ayat 34-35)

Dalam Surat lain, anggur juga disebutkan sebagai sebuah hadiah kemenangan bagi mereka yang bertakwa. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan,(yaitu) kebun-kebun dan buah anggur." (QS An Naba ayat 31-32)

Dari ayat-ayat Alquran tersebut, diketahui bahwa Allah SWT telah memberi gambaran tentang apa saja yang diterima oleh orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT, yaitu mereka yang takut kepada-Nya sehingga mendapatkan rahmat dan kebaikan. Mereka itulah para peraih surga.

 

Surga di mana di dalamnya terdapat pepohonan yang berbatang-batang. Di antaranya ada pohon kurma dan anggur yang dikelilingi dinding atau pagar.

Adapun anggur disebutkan secara khusus karena buah ini diketahui oleh para penghuni surga. Buah-buahnya tumbuh menjuntai sehingga hanyalah kemudahan bagi penghuni surga untuk mencapainya. Hamparan pohon-pohon anggur terbentang luas seperti yang telah dipandang di kehidupan dunia.

Anggur sungguh adalah buah yang baik dan memberi kesehatan yang maksimal pada tubuh. Ada segudang manfaat dan khasiat yang dimilikinya. Salah satunya, anggur mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengonsumsi anggur berarti meningkatkan kesehatan pembuluh darah atau arteri dan jantung serta membantu memperlancar proses pencernaan. Dengan demikian, anggur berkhasiat untuk membantu menyehatkan fungsi usus, otot dan saraf.

Anggur mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Membantu mencegah penyakit menular dan berbagai infeksi terutama radang sendi. Asam yang terkandung dalam anggur meningkatkan kesehatan mulut dan gigi.

Anggur juga berkhasiat mengatasi sembelit karena kandungannya melembutkan perut. Sekaligus mengaturnya agar tidak mencapai jumlah berlebihan, yang dapat merugikan manusia.

 

 

Infografis Ayat Alquran Membahas Buah Delima - (Republika)

 
Berita Terpopuler