Teknologi AI Bikin Cemas Penulis Buku, Benarkah?

Bagi sebagian besar penulis buku, kecerdasan buatan (AI) merupakan ancaman.

UNM
Kendati dianggap sebagai ancaman, tak sedikit penulis yang mendapatkan inspirasi dari kehadiran teknologi kecerdasan buatan (AI)/ilustrasi.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bagi sebagian besar penulis buku, kecerdasan buatan (AI) merupakan ancaman bagi penghidupan mereka dan gagasan kreativitas. Lebih dari 10.000 dari mereka mendukung surat terbuka dari Authors Guild musim panas ini, mendesak perusahaan AI untuk tidak menggunakan karya berhak cipta tanpa izin atau kompensasi.

Baca Juga

Pada saat yang sama, AI adalah sebuah cerita untuk diceritakan, dan tidak lagi hanya dalam fiksi ilmiah. Seperti yang hadir dalam imajinasi seperti politik, pandemi, atau perubahan iklim, AI telah menjadi bagian dari narasi bagi semakin banyak novelis dan penulis cerita pendek yang hanya perlu mengikuti berita untuk membayangkan dunia yang terbalik.

“Saya takut dengan AI, tetapi juga terpesona olehnya. Ada harapan untuk pemahaman yang bersifat ketuhanan, untuk akumulasi semua pengetahuan, tetapi pada saat yang sama ada teror yang melekat karena digantikan oleh kecerdasan non-manusia,” kata Helen Phillips, yang novel mendatangnya Hum bercerita tentang seorang istri dan ibu yang kehilangan pekerjaannya karena AI, dilansir dari Japan Today, Rabu (16/8/2023).

“Kami telah melihat semakin banyak tentang AI dalam proposal buku,” kata Ryan Doherty, wakil presiden dan direktur editorial di Celadon Books, yang baru-baru ini menandatangani novel Fred Lunzker Sike yang menampilkan psikiater AI.

“Inilah bentuk kekuatan sekarang. Apa pun yang ada dalam ruh budaya merembes ke dalam fiksi,” ujar Doherty.

Novel bertema AI lainnya yang diharapkan dalam dua tahun ke depan termasuk Do You Remember Being Born? karya Sean Michaels, di mana seorang penyair setuju untuk berkolaborasi dengan perusahaan puisi AI; In Our Likeness karya Bryan Van Dyke, tentang seorang birokrat dan sebuah program pengecekan fakta dengan kekuatan untuk mengubah fakta, dan Awakened dari A.E. Osworth tentang seorang penyihir gay dan pertikaian hebatnya dengan AI.

Penulis Jeffrey Diger, yang dikenal dengan latar thrillernya di Yunani kontemporer, sedang mengerjakan sebuah novel yang menyentuh AI dan metaverse, hasil dari "terus mencari apa yang meresap di tepi perubahan sosial," katanya.

Beberapa penulis tidak hanya menulis tentang AI, tetapi  secara terbuka mengerjakannya. Awal tahun ini, jurnalis Stephen Marche menggunakan AI untuk menulis novel Death of An Author, yang dia gunakan untuk semua orang mulai dari Raymond Chandler hingga Haruki Murakami.

Penulis skenario dan humoris Simon Rich berkolaborasi dengan Brent Katz dan Josh Morgenthau untuk “I Am Code”, sebuah thriller dalam syair yang keluar bulan ini dan dihasilkan oleh program AI “code-davinci-002”. 

Jadi, masihkan penulis 'bermusuhan' dengan AI?

 
Berita Terpopuler