Prabowo Serahkan Bantuan Sumur Bor dan Pipanisasi Ke Gunungkidul

Bantuan ini diharap mencukupi kebutuhan air bersih di setiap titik penerima bantuan.

Dok Tim Media Prabowo
Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Rep: Idealisa Masyrafina Red: Fernan Rahadi

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan satu dari 10 titik bantuan Sumur Bor dan Pipanisasi untuk warga di Kabupaten Gunungkidul dan 1 titik di Kabupaten Bantul secara simbolis yang dilaksanakan di Pasar Sidowayah Wareng, Kapanewon Wonosari, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga

Bupati Gunungkidul mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Gunungkidul.

"Suatu kebanggaan dapat dikunjungi serta memberikan bantuan sarana prasarana khususnya untuk air bersih di Kabupaten Gunungkidul ini," kata Bupati dalam rilis yang diterima Republika, Kamis (10/8/23).

Bantuan yang berasal dari program pengabdian masyarakat Universitas Pertahanan Republik Indonesia tersebut diharapkan dapat membantu permasalahan air yang seringkali terjadi di Gunungkidul.

"Tolong dimanfaatkan sebaik mungkin dan dirawat sarana dan prasarana bantuan sumur bor ini," pesan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Prabowo juga berharap dengan adanya bantuan ini dapat mencukupi kebutuhan air bersih di setiap titik penerima bantuan.

Rektor Universitas Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza menjelaskan, proyek sumur bor ini dimulai dari tanggal 15 Mei 2023 dan selesai pada tanggal 4 Agustus 2023 dan merupakan program ke-4 yang telah dilaksanakan oleh Menteri Pertahanan.

"Merupakan wujud dari kepedulian Menteri Pertahanan terhadap kebutuhan air, mengatasi dan membantu permasalahan air didaerah-daerah yang kesulitan air," papar Jonni.

Untuk fasilitas sumur bor di Gunungkidul ini pun dapat melayani sekitar 1.760 kepala keluarga (KK) atau sekitar 6.000 jiwa. Sedangkan 11 titik penerima bantuan diantaranya Dusun Bayakan 3 Sitimulyo, Bantul, Dusun Klegung Desa Ngoro-Oro, Dusun Trosari Desa Salam, Dusun Jelok Desa Beji, Dusun Ngasinan Desa Hargomulyo, Dusun Kwarasan Wetan Desa Kedung Keris, Dusun Keposari Kalurahan Katongan, Dusun Buyutan Kalurahan Watusigar, Dusun Wareng 5 Kalurahan Wareng, Dusun Turunan Kalurahan Girisuko, serta Dusun Duwet Kalurahan Purwodadi.

 
Berita Terpopuler