Makanan Muslim di Pesawat, Sudahkah Bersertifikat Halal?

Beberapa maskapai menjelaskan mengenai kriteria makanan halal di situsnya.

Unsplash
Menu makanan di pesawat/ilustrasi
Rep: Rossi Handayani Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Santapan di maskapai penerbangan memberikan salah satu opsi, yakni makanan Muslim, namun apakah sajian tersebut sudah dipastikan kehalalannya?

Seperti melansir dari Salaam Gateway, Rabu (9/8/2023), maskapai penerbangan menawarkan tiga jenis utama makanan religius di pesawat: makanan Muslim (MOML), makanan Kosher (KSML), dan makanan Hindu (HNML). MOML mengacu pada makanan halal, KSML mengacu pada makanan yang sesuai dengan hukum agama Yahudi, dan HNML adalah makanan non-vegetarian yang cocok untuk umat Hindu.

CEO badan sertifikasi halal India Mohamed Jinna menjelaskan masalah yang menjadi perhatian industri halal selama beberapa tahun. Hal ini dia sampaikan dalam surat terbukanya kepada International Air Transport Association (IATA) pada 2011.

“Saat ini banyak penyedia layanan katering makanan maskapai mengklaim dan memberi label makanan sebagai MOML tanpa mengikuti proses sertifikasi halal yang benar, dan mereka sendiri mengklaim makanan tersebut cocok untuk wisatawan Muslim,” katanya.

Disebutkan bahwa makanan Muslim tidak akurat dan diskriminatif. Itu menunjukkan hanya untuk umat Islam, ketika apa yang dimaksud, makanan halal, dan tidak hanya harus untuk konsumsi Muslim.

Selanjutnya, kode MOML saat ini yang ditetapkan oleh IATA, yang mungkin diasumsikan oleh banyak orang sebagai makanan halal bersertifikat, tidak serta merta menyiratkan jenis sertifikasi apa pun.

Di samping itu Finnair turut menggambarkan makanan Muslim yang disajikan. “Makanan dipilih, disiapkan, dan disajikan sesuai dengan hukum dan kebiasaan diet Muslim. Tidak mengandung produk sampingan babi atau babi, gelatin, alkohol, ekstrak penyedap yang mengandung alkohol, atau daging ikan bukan putih dari spesies tanpa sisik atau sirip,” ujarnya.

Baca Juga

Namun, banyak Muslim makan...

Namun, banyak Muslim makan salmon dan udang, dan operator obrolan pelanggan Finnair tidak mengonfirmasi pertanyaan bahwa maskapai tersebut memiliki makanan bersertifikat halal. Padahal, baru saja dijelaskan katering mereka berbeda-beda berdasarkan lokasi.

“Tidak mengandung babi, produk sampingan babi, atau bahan yang mengandung alkohol. Semua daging berasal dari hewan yang disembelih secara ritual. Mungkin tidak tersedia di beberapa penerbangan Eropa,” kata situs web British Airways.

Akan tetapi, mungkin ada yang bertanya apakah proses ritual itu disertifikasi secara resmi oleh lembaga yang kredibel? Email ke British Airways untuk informasi lebih lanjut tidak menerima balasan segera.

Bahkan Garuda Indonesia tidak menjelaskan detail tentang makanannya di situs webnya. Garuda memenangkan World’s Best Airline for Halal Travelers 2016 dalam World Halal Tourism Awards dengan 1,9 juta suara yang diterima dari 116 negara.

Namun, Global Contact Center Garuda membalas pertanyaan dengan menyatakan, "Kami ingin memastikan makanan kami bersertifikat halal, dan bahwa MOML (Makanan Muslim) hanya tersedia di penerbangan Internasional Garuda Indonesia.”

Dari negara mayoritas Muslim lainnya, Turkish Airlines tidak memiliki kategori khusus untuk makanan Muslim, tetapi bilah samping di situs maskapai menyatakan: “Semua makanan yang disajikan di penerbangan Turkish Airlines halal dan disiapkan sesuai dengan persyaratan diet Islami.”

Demikian pula, Emirates Airline mengatakan tentang makanannya: "Semua makanan di penerbangan Emirates cocok untuk Muslim dan disiapkan sesuai dengan metode halal. Tidak mengandung daging babi, alkohol, atau makanan siap saji non-halal."

Menariknya, meskipun Malaysia Airlines menyatakan...

Menariknya, meskipun Malaysia Airlines menyatakan di situs webnya bahwa mereka hanya menyajikan makanan halal di dalam pesawat dan makanan mereka disiapkan menurut ritus dan resep Muslim, itu lebih spesifik untuk halal. "Makanan halal kami sesuai dengan hukum agama Yahudi, disiapkan dan dikemas oleh produsen bersertifikat Kosher," ujarnya.

Mempertimbangkan semua maskapai penerbangan yang berbeda ini, namun bagaimana konsumen dapat mengetahui jika definisi halal satu perusahaan cukup memenuhi syarat untuk disertifikasi secara resmi dan diakui industri sebagai halal? Tampaknya logis bahwa standar harus diterapkan.

Maskapai tertarik menawarkan makanan khusus untuk menciptakan persepsi nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan mereka di tahun 1970-an ketika British Airways memprakarsai makanan vegetarian untuk penumpang kelas satu. Seiring berkembangnya spesialisasi menu diet, yaitu, bebas gluten, tanpa garam, dan lain-lain, jumlah menu dan partisipasi dalam preferensi pelanggan ini telah bertambah.

Dalam wawancara telepon, Wakil Presiden Urusan Pemerintah dan Industri untuk Kargo di IATA Michael White mengatakan kepada Salaam Gateway bahwa pada suatu waktu ada lebih dari 20 menu khusus yang ditawarkan oleh United Airlines yang berbasis di Chicago, tetapi saat ini hanya tersedia 10.

IATA menciptakan standar untuk 265 maskapai penerbangan yang bertanggung jawab atas 83 persen lalu lintas udara. Ini menerbitkan banyak direktori kode dan menawarkan pelatihan dan laporan ke industri.

Adapun travel merupakan sektor pertumbuhan dan IATA mengonfirmasi kenaikan permintaan perjalanan udara sebesar 6,3 persen pada 2016 dibandingkan 2015. IATA menyampaikan peningkatan tersebut melampaui tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sepuluh tahun sebesar 5,5 persen.

Spesialis perjalanan Halal dan Muslim Crescent Rating memperkirakan 121 juta Muslim melakukan perjalanan internasional pada 2016. Kemudian memproyeksikan jumlahnya mencapai 157 juta pada 2020.

Trisha Ramdihal dari penyedia katering dan perhotelan dengan layanan lengkap di 11 negara dan di tiga benua DO & CO, melaporkan kepada delegasi pada Konferensi IFANCA April 2017 di Chicago bahwa ada lebih dari 38 persen pertumbuhan permintaan makanan halal antara tahun 2013/14 dan periode pelaporan 2016/17. Dia juga merinci bahwa IATA mengindikasikan jumlah penumpang internasional di seluruh dunia diperkirakan melewati tujuh miliar pada 2030.

 
Berita Terpopuler