Liga 1: Persib Tertinggal di Markas Persis Solo pada Babak Pertama

Persib tertinggal 1-2 dari Persis setelah sempat lebih dulu unggul.

Dok Republika
Persis Solo vs Persib Bandung
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persib Bandung terkena comeback pada babak pertama saat bertandang ke markas Persis Solo pada laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (8/8/2023) malam. Gol Ciro Alves yang memecah kebuntuan langsung dibalas dengan cepat oleh Ramadhan Sananta, yang mencetak brace sebelum turun minum untuk memberikan keunggulan Persis 2-1.

Baca Juga

Kedua tim yang diperkuat sederet pemain berkualitas Tanah Air menampilkan pertarungan menarik sejak awal. Peluang terbaik dimiliki Persis saat Ramadhan Sananta mendapat umpan terobosan di sisi kiri. Namun umpannya ke tengah gawang tak jelas arahnya.

Tak lama kemudian, peluang on target pertama pertandingan itu dimiliki Persib yang dilepaskan Ezra Walian pada menit ketujuh.

Setelah 15 menit pertandingan berlangsung, tidak ada peluang berbahaya ke gawang yang berhasil diciptakan kedua tim. Kedua tim saling jual beli serangan dengan permainan terbuka. Tekanan Persis lebih dilancarkan dari sisi sayap tapi belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-21, peluang dimiliki Dedik saat mengejar umpan terobosan di sisi kanan. Namun, peluang tersebut digagalkan oleh kiper Pancar Nur Widiastono yang meninggalkan posisinya hingga keluar kotak penalti untuk menghentikan laju Dedik meskipun harus diganjar kartu kuning karena pelanggaran. 

Tiga menit berselang, Ciro mengambil umpan dari David yang menerobos ke tengah pertahanan Persis. Ciro yang bebas tanpa penjagaan memiliki ruang tembak yang ideal tapi bola sepakannya masih dapat ditahan di area pertahanan. Bola keluar lapangan dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

David Gonzalez memiliki...

David Gonzalez memiliki peluang terbaik saat menerima umpan terobosan di sisi kiri kotak penalti pada menit ke-29. Ia langsung melepaskan tembakan ke gawang, tapi bola masih mengarah tepat ke kiper Persib Fitrul Dwi Rustapa. 

Ciro berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-32. Berawal dari umpan dari Klok, Ciro mengontrol bola memastikan posisi kiper Pancar sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke sudut kiri atas gawang. Pancar yang tidak dalam posisi ideal gagal mengantisipasi bola tersebut. Skor 1-0 untuk Persib.

Namun, hanya semenit kemudian, Ramadhan Sananta membayar kontan gol untuk menyamakan kedudukan. Berawal dari pergerakan Messidoro di sisi kanan, ia kemudian melepaskan umpan ke tengah yang disambut dengan tandukan keras oleh Ramadhan. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Sananta mencetak brace untuk membalikkan keadaan di menit ke-44. Berawal dari Messidoro yang melakukan pergerakan yang membuat pertahanan Persib kacau. Sananta memaksimalkan bola liar pantulan Messidoro dengan tembakan mendatar ke sudut kanan gawang. Skor 2-1 untuk Persis.

Daftar Susunan Pemain:

Persis (4-3-1-2): Pancar Nur Widiastono (kiper); Chrystna Bhagascara, Jaimerson, Rian Miziar, Eky Taufik (C); Sutanto Tan, Moussa Sidibe, David Gonzalez; Alexis Messidoro; Fernando Rodriguez, Ramadhan Sananta 

Cadangan: Gianluca Pandeynuwu, Althaf Alrizky, Rifgi Ray,  Diego Bardanca, Shulton Fajar, Arapenta Poerba, Taufiq Febriyanto, Samuel Simanjuntak, Kanu Helmiawan, dan Irfan Jauhari

Persib (4-4-2): Fitrul Dwi Rustapa (kiper); Putu Gede Juni Antara, Victor lgbonefo (C), Rachmat Irianto, Edo Febriansah; Marc Anthony Klok, Dedi Kusnandar, Beckham Putra, Ciro Alves; Ezra Walian, David da Silva

Cadangan: Teja Paku Alam, Sheva Sanggasi, Achmad Jufriyanto, Abdul Aziz, Febri Hariyadi, Ryan Kurnia, Robi Darwis, Daisuke Sato, Levy Madinda, dan Eriyanto

 

 
Berita Terpopuler