Catat, Inilah Cara Unduh Buku Dari Google Books

Google menawarkan gudang ebooks yang luas melalui Google Books. Ada mesin pencari Google Books dan toko Google Play Books. Kedua layanan memungkinkan Anda menyimpan salinan buku untuk membacanya secara offline, membuat pengunduhan buku cukup mudah.

retizen /Slamet Samsoerizal
.
Rep: Slamet Samsoerizal Red: Retizen

Google Books (tagari.com/SSDarindo)

Google menawarkan gudang ebooks yang luas melalui Google Books. Ada mesin pencari Google Books dan toko Google Play Books. Kedua layanan memungkinkan Anda menyimpan salinan buku untuk membacanya secara offline, membuat pengunduhan buku cukup mudah.

Dikutip dari laman MUO, inilah cara mengunduh buku dari Google Books. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Mesin Pencari Buku Google

Pertama, mari kita lihat cara mengunduh buku dari Google Books secara gratis. Mesin pencari Google Books yang ada sejak tahun 2004, memungkinkan Anda mencari lebih dari 30 juta judul, yang masing-masing telah dipindai oleh Google dan diubah menjadi teks menggunakan OCR. Beberapa majalah juga disertakan.

Saat Anda mengeklik hasil pencarian, Anda akan melihat halaman yang dipindai, informasi tentang buku tersebut (seperti penulis, tanggal publikasi, dan ringkasan), dan tautan untuk membeli judul dalam bentuk ebook atau cetak.

Anda juga dapat menambahkan ulasan Anda sendiri dan menyimpan buku ke perpustakaan Anda.

Bisakah Anda Mengunduh Judul Apa Saja di Google Buku Secara Gratis? Tidak. Setiap judul di Google Buku diberi salah satu dari empat tingkat akses sebagai berikut.

1. Tanpa Pratinjau: Jika Google belum memindai buku, Anda tidak akan dapat melihat teksnya. Namun, Anda tetap memiliki akses ke metadata dan ISBN-nya.

2. Cuplikan: Jika Google tidak memiliki izin hak cipta yang diperlukan, Anda dapat melihat hingga tiga cuplikan teks. Cuplikan menampilkan beberapa kalimat di kedua sisi kueri tertentu. Tidak ada cuplikan yang ditampilkan untuk buku referensi seperti ensiklopedi dan kamus.

3. Pratinjau: Sebagian besar buku di Google Buku termasuk dalam kategori Pratinjau. Itu adalah buku-buku yang tersedia yang masih dicetak dan Google telah menyatakan izin dari pemilik hak cipta. Jika sebuah buku berada dalam kategori Pratinjau, Anda akan dapat menelusuri sejumlah halaman yang bervariasi. Semua halaman diberi tanda air, dan Anda tidak dapat mengunduh, menyimpan, atau menyalinnya.

4. Tampilan Lengkap: Google menetapkan kategori Tampilan Lengkap untuk buku-buku yang sudah tidak dicetak lagi dan berada dalam domain publik. Beberapa buku cetak juga disertakan. Ini adalah satu-satunya kategori tempat Anda dapat mengunduh buku dari Google Buku. Anda biasanya dapat mengunduh buku Google dalam kategori ini sebagai PDF atau format ebook biasa.

Cara Download Buku Dari Google Books

Google Books adalah tempat yang tepat untuk mengunduh buku unik gratis jika Anda tahu cara menggunakannya. Tapi bagaimana cara mengunduh buku dari Google Books yang masuk kategori Full View?

Kecuali Anda tahu judul yang sudah tidak dicetak lagi yang Anda inginkan, kami sarankan untuk menggunakan fitur Penelusuran Lanjutan Google Buku. Ini memungkinkan Anda memasukkan beberapa parameter tertentu, salah satunya adalah kategori buku. Jelas, Anda harus memilih Tampilan Penuh atau Full View.

Anda dapat memasukkan kata kunci, penerbit pilihan, pengarang, ISBN, ISSN, dan judul. Google Books bahkan memungkinkan Anda mencari berdasarkan plot atau subjek. Saat Anda siap, tekan tombol Google Search di pojok kanan atas. Dari daftar hasil, klik judul buku yang Anda cari. Halaman informasi buku akan dimuat.

Jika Anda menggunakan Google Buku Klasik, Anda dapat menemukan tautan unduhan di pojok kiri atas. Itu diberi label sebagai Baca ebook.

Dengan mengarahkan kursor ke tautan, Anda dapat melihat format di mana Anda dapat mengunduh buku tersebut. Anda juga dapat mengeklik tautan instruksi ereader untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses pengunduhan.

Saat Anda mengeklik tautan unduhan, Anda akan menerima konfirmasi tambahan untuk mengonfirmasi keputusan Anda. Buku itu sekarang akan terbuka di browser Anda. Anda dapat mengeklik ikon Unduh di sudut kanan atas untuk mengunduh buku itu.

Alternatifnya, Anda dapat memilih Baca setelah mengeklik tautan, dan buku tersebut akan tersedia di bagian Buku Saya di Google Play Store. Untuk mengunduhnya, klik tiga titik pada daftar dan pilih Unduh PDF atau Unduh EPUB (tergantung ketersediaan).

Jika Anda menggunakan Google Buku baru, cari buku menggunakan bidang pencarian dan klik hasil yang paling sesuai. Anda akan melihat opsi Unduh PDF di bagian atas layar. Konfirmasikan tindakan Anda di jendela berikut untuk melanjutkan pengunduhan.

Setelah Anda selesai membaca buku, Anda dapat membagikan pemikiran Anda tentangnya di berbagai situs ulasan dan peringkat buku. Jika Anda pengguna Mac, Anda juga memiliki opsi untuk mengimpor ebook ke Apple Books di Mac.

Cara Mengunduh Buku Dari Google Play Buku

Google Play Books adalah toko ebook Google, dan merupakan toko ebook terbesar kedua di web setelah Amazon. Ini menawarkan lebih dari enam juta judul untuk dibeli, dan Anda juga dapat menggunakan platform untuk membeli buku audio dan menyewa buku teks.

Google Play Buku memungkinkan Anda mengunduh buku apa pun yang Anda miliki, sehingga Anda dapat membacanya secara offline. Opsi yang tersedia untuk Anda akan bervariasi tergantung pada apakah Anda membeli buku itu atau gratis.

Jika Anda memiliki ebook gratis di perpustakaan Anda (baik karena Anda menyimpannya dari Google Buku menggunakan metode sebelumnya atau memanfaatkan penawaran ebook gratis di toko), Anda dapat mengunduh file versi PDF atau EPUB. Namun, untuk buku berbayar, Anda hanya dapat mengunduh salinannya ke perangkat Anda untuk dibaca saat offline. Anda tidak akan dapat mengakses file PDF atau EPUB.

Untuk mengunduh buku, Anda memerlukan aplikasi smartphone Google Play Books (untuk perangkat seluler) atau browser Chrome dan ekstensi Play Books dari Toko Web Chrome (untuk desktop).

Unduh Google Play Buku di Android atau iOS

Untuk mengunduh buku ke perangkat seluler Anda, ikuti petunjuk di bawah:

1. Dapatkan salinan aplikasi Google Play Buku gratis dari toko aplikasi yang sesuai.

2. Pastikan perangkat Anda memiliki koneksi internet.

3. Ketuk tab Perpustakaan di bagian bawah layar.

4. Ketuk buku yang ingin Anda simpan untuk dibaca secara offline.

5. dua Gambar

6. Menutup

Proses pengunduhan akan dimulai secara otomatis. Setelah selesai, Anda akan melihat tanda centang muncul di thumbnail buku. Untuk melihat buku mana yang telah Anda unduh dari Google Play, buka Menu > Yang Diunduh Saja.

Unduh: Google Play Buku untuk Android | iOS (Gratis)

Unduh Google Play Buku di Windows dan Mac. Jika Anda lebih suka mengunduh buku di komputer desktop, gunakan petunjuk ini.

1. Unduh Google Chrome untuk sistem operasi pilihan Anda.

2. Unduh aplikasi web Google Play Buku untuk Google Chrome.

3. Buka Chrome dan akses aplikasi Google Play Buku.

4. Temukan buku yang ingin Anda unduh untuk dibaca secara offline.

5. Arahkan mouse Anda ke thumbnail buku dan klik Jadikan tersedia offline.

Jika Anda ingin menghapus buku di masa mendatang, cukup hapus centang pada kotak yang sama. Perhatikan bahwa, pada saat penulisan ini, aplikasi Google Play Buku di Chrome belum diperbarui selama beberapa tahun, tetapi masih berfungsi. Kami tidak bisa menjanjikan berapa lama ini akan berlangsung. ***

 
Berita Terpopuler