Fitur Pesan Video Baru dari WhatsApp, Seperti Apa?

Pesan video akan dilindungi oleh layanan enkripsi end-to-end.

EPA-EFE/IAN LANGSDON
Aplikasi perpesanan WhatsApp merilis fitur pesan video baru di mana pengguna bisa merekam dan mengirimkan klip berdurasi 60 detik kepada pengguna lain.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi perpesanan WhatsApp merilis fitur pesan video baru, yakni pengguna bisa merekam dan mengirimkan klip berdurasi 60 detik kepada pengguna lain. Kehadiran fitur disampaikan oleh Mark Zuckerberg, bos Meta yang merupakan perusahaan induk WhatsApp.

Baca Juga

"Baru untuk WhatsApp, kami menambahkan kemampuan untuk merekam dan berbagi pesan video secara instan di obrolan WhatsApp Anda. Semudah mengirim pesan suara cepat," ujar Zuckerberg, dikutip dari laman DailyMail, Rabu (2/8/2023).

Dalam sebuah postingan blog, perusahaan juga mengumumkan fitur teranyar itu. "Kami pikir ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang berasal dari video, apakah itu mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar baik," demikian pernyataan dari Meta.

Seperti semua pesan tertulis dan catatan suara, pesan video akan dilindungi oleh layanan enkripsi end-to-end. WhatsApp mengatakan pembaruan sedang diluncurkan secara bertahap dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa pekan mendatang.

Selama ini, fitur pesan suara dinilai mampu menyediakan cara cepat dan aman untuk membagikan suara. WhatsApp lantas mengembangkan fitur itu dengan kehadiran pesan video instan baru, yang dapat direkam dan dibagikan  langsung di obrolan. 

Saat membuat pesan suara, selama ini pengguna cukup menahan ikon mikrofon di bagian kanan bawah obrolan. Cara mengirim pesan video berdurasi maksimal 60 detik itu nantinya pun mirip. Setelah pembaruan, ikon berubah jadi gambar kamera video jika ditahan beberapa saat.

Ikon dapat digeser ke atas untuk mengunci dan merekam video secara handsfree. Video yang sudah direkam dan terkirim akan diputar secara otomatis tanpa suara saat dibuka dalam obrolan, lalu mengetuk video akan membuat suaranya muncul.

Pembaruan tersebut muncul tak lama setelah Apple mengonfirmasi fitur baru di pembaruan iOS 17 yang secara otomatis menyalin catatan suara dan pesan suara. Raksasa teknologi itu mengungkapkan fitur tersebut di Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023.

Apple mengatakan fitur teranyarnya bakal tersedia di iOS 17, yang akan hadir di iPhone mulai September 2023. Pada fitur baru yang dihadirkan Apple, pengguna bisa secara otomatis mengonversi pesan suara yang masuk menjadi teks saat diucapkan oleh pengirim.

 

 
Berita Terpopuler