Hadits-Hadits tentang Keutamaan Bulan Muharram

Muharram adalah salah satu bulan yang suci dalam Islam.

Saudigazette
Hadits-Hadits tentang Keutamaan Bulan Muharram
Rep: Umar Mukhtar Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muharram adalah salah satu bulan yang suci dalam Islam. Hal ini terdapat dalam Surat At Taubah ayat 36, di mana Allah SWT berfirman:

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa." (QS At Taubah ayat 36)

Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya menyebutkan dengan menukil dari riwayat Ibnu Abbas RA bahwa empat bulan dalam ayat tersebut ialah bulan Muharram, Dzulhijjah, Dzulqa'dah, dan bulan Rajab.

Demikian pula dikatakan dalam hadits Nabi Muhammad, yang bersabda tentang kemuliaan bulan Muharram:

عن أبي بكرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم خطب في حجَّة الوداع، فقال في خطبته: ((إِنَّ الزَّمَانَ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبٌ شَهْرُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ)).

"Sesungguhnya waktu telah berputar sebagaimana mestinya, hal itu ditetapkan pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun ada dua belas bulan, di antaranya ada empat bulan yang mulia. Tiga darinya berturut-turut, yaitu Dzul Qaidah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab yang biasa diagungkan Bani Mudlar yaitu antara Jumadil tsani (Jumadi Akhir) dan Sya'ban.'" (HR Bukhari)

Baca Juga

Di bulan Muharram, terdapat satu amal ibadah yang dianjurkan...

Di bulan Muharram, terdapat satu amal ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ)).

"Puasa yang paling afdhal (utama) setelah bulan Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah, (yaitu) bulan Muharram. Adapun sholat yang paling utama setelah (sholat) fardhu adalah sholat malam." (HR Muslim)

BACA JUGA: Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram

Ada hari dengan keutamaan besar dalam bulan Muharram, yaitu hari kesepuluh atau hari asyuro. Mengapa demikian?

Alasannya ada di dalam riwayat...

Alasannya ada di dalam riwayat Ibnu Abbas RA berikut ini:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ فَرَأَى الْيَهُودَ تَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ مَا هَذَا قَالُوا هَذَا يَوْمٌ صَالِحٌ هَذَا يَوْمٌ نَجَّى اللَّهُ بَنِي إِسْرَائِيلَ مِنْ عَدُوِّهِمْ فَصَامَهُ مُوسَى قَالَ فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْكُمْ فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ. رواه البخاري

"Ketika Nabi SAW baru saja tiba di Madinah, beliau SAW menemukan orang-orang Yahudi berpuasa. Beliau pun menanyakan ihwal puasa mereka, 'Ada apa dengan hari ini?'

Lalu mereka (orang-orang Yahudi) berkata, 'Ini adalah hari baik karena ketika itu Allah menyelamatkan Musa dan orang-orang yang bersamanya dari bani Israil, dari musuh mereka. Kemudian Musa melaksanakan puasa di hari itu.' Kemudian Nabi SAW bersabda, '

Setelah itu Nabi SAW bersabda, 'Aku lebih berhak atas Musa daripada kalian.' Beliau SAW pun berpuasa dan memerintahkan (umat Muslim) untuk berpuasa." (HR Bukhari)

Infografis Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah. Ilustrasi masjid - (Republika.co.id)

 
Berita Terpopuler