Badai Matahari Mematikan 2: Ilmuwan Ciptakan AI untuk Peringatkan Bumi

Para ilmuwan belum memprediksi badai matahari yang mematikan pada Juli 2025

network /Ilham Tirta
.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner

Visualisasi komputer tentang angin matahari berinteraksi dengan medan magnet bumi selama badai matahari yang kuat. Gangguan serupa di sistem bintang yang jauh mungkin memancarkan sinyal radio yang aneh. Gambar: Lab Visualisasi Lanjutan, Pusat Nasional untuk Aplikasi Superkomputer, Universitas Illinois di Urbana-Champaign

ANTARIKSA -- Terlepas dari segudang klaim tentang bagaimana matahari dapat 'membunuh' planet bumi, tidak ada prediksi yang didukung sains bahwa badai matahari yang mematikan akan terjadi pada tahun 2025. Menurut Vishal Upendran, rekan peneliti di Laboratorium Surya dan Astrofisika Lockheed Martin, meramal tingkat keparahan kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh badai matahari di Bumi sangatlah rumit.

Misalnya, saat matahari mendekati puncak aktivitas magnetiknya, struktur di permukaannya menjadi semakin rumit, membuatnya sulit dimasukkan ke dalam model. Selain itu, semburan yang dipancarkan matahari adalah struktur 3-D yang berinteraksi dengan sistem medan magnet Bumi, yang juga merupakan struktur 3-D, dengan cara yang tidak sepenuhnya dipahami dan sulit dimodelkan.

"Ini adalah sistem yang rumit, dan tidak tepat untuk membuat pernyataan tegas tentang terjadinya duper badai," kata Upendran kepada Space.com.

Dia dan timnya telah mengembangkan model kecerdasan buatan yang menggunakan data satelit tentang angin matahari. Model itu penting untuk menghasilkan prakiraan badai matahari hingga 30 menit sebelum terjadi. "Kekuatan utama model kami adalah dapat memberikan prakiraan dalam hitungan detik, dan memberikan hasil setiap menit dengan rentang waktu 30 menit," katanya.

Tim peneliti berharap model mereka akan memberikan peringatan awal yang cukup untuk operator satelit, pengelola jaringan listrik, dan perusahaan telekomunikasi untuk membuat sistem mereka offline sementara. Setidaknya, memindahkan satelit ke orbit yang lebih aman untuk mengurangi kerusakan, jika memungkinkan.

Prediksi semacam itu dapat berguna selama peningkatan aktivitas matahari, yang menurut perkiraan resmi National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) akan terjadi pada Juli 2025. Saat itulah aktivitas magnetik matahari yang menimbulkan bintik matahari dan jilatan api matahari akan mencapai kekuatan puncaknya. Tetapi tidak ada perkiraan resmi tentang kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh badai matahari ketika saatnya tiba. Sumber: Space.com

 
Berita Terpopuler