Pentingnya Mengetahui Tumbuh Kembang Anak pada Masa Keemasan

Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit IV.D.2 mengadakan kegiatan posyandu di Kelurahan Notoprajan RW 06 Notoprajan

retizen /Universitas Ahmad Dahlan
.
Rep: Universitas Ahmad Dahlan Red: Retizen

Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit IV.D.2 mengadakan kegiatan posyandu di Kelurahan Notoprajan RW 06 Notoprajan (Foto: Bagus Prakoso)

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia bidang Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, menyatakan bahwa kegiatan rutinitas posyandu sangat penting untuk dilakukan. Perlu diketahui, posyandu bukan hanya tempat untuk melakukan vaksinasi, melainkan kegiatan tersebut bermanfaat untuk mengetahui tumbuh kembang anak pada masa keemasannya (0‒5 tahun), memantau kesehatan ibu, mencegah gangguan pertumbuhan balita, serta yang paling penting ibu dan balita akan memperoleh penyuluhan gizi yang baik untuk pertumbuhan.

Dengan pernyataan tersebut, mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit IV.D.2 mengadakan kegiatan posyandu di Kelurahan Notoprajan RW 06 Notoprajan. Partisipasi mahasiswa KKN tersebut adalah membantu dalam mendata dan mencatat perkembangan tinggi badan serta berat badan balita. Setelah melakukan beberapa pengecekan, posyandu akan memberikan makanan ringan untuk balita seperti bubur kacang hijau dan roti agar memenuhi kebutuhan gizinya.

Kegiatan yang dilaksanakan Selasa, 20 Juni 2023, tersebut memperoleh banyak respons positif karena mahasiswa KKN dinilai peduli dan berkontribusi dalam permasalahan kesehatan balita serta ibu sehingga dapat menyelesaikan gangguan kesehatan dengan baik dan benar. Lebih dari itu, kegiatan kolaborasi antara mahasiswa KKN dan petugas kesehatan ini juga dapat menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman masalah kesehatan anak.

Melalui kegiatan posyandu yang sudah ada, mahasiswa KKN yang terlibat dan berpartisipasi dapat terlatih untuk aktif dalam kegiatan masyarakat serta dapat mengembangkan kemampuan nonakademis seperti bersosialisasi, berinteraksi, serta menerapkan ilmu yang sudah didapat di bangku kuliah ke ranah masyarakat. KKN yang berlangsung selama 2 bulan sejak 20 Mei 2023 ini diharapkan mampu menciptakan program kerja yang baik dan bermanfaat untuk ke depannya, baik tematik maupun yang mengharuskan bentuk kontribusi langsung untuk masyarakat. (syf)

uad.ac.id

 
Berita Terpopuler