Ini Tim Indonesia pada International Olympiad on Astronomy and Astrophysics 2023 di Polandia

Wakil Indonesia telah menjalani seleksi berjenjang.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Indonesia akan memberangkatkan lima siswa di ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) yang digelar di Polandia Agustus 2023. Foto : puspresnas

Kampus—Sebanyak lima siswa Indonesia akan mewakili Indonesia di ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) tahun 2023. Tim Indonesia rencananya akan mengikuti IOAA ke-16 yang diselenggarakan secara luring 10 sampai 20 Agustus 2023 di Chorzów, Polandia.

Kelima siswa ini sebelumnya terpilih melalui ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) jSMA/MA bidang Astronomi tahun 2022. Setelah ini mereka mengikuti tahapan seleksi pembinaan.

Baca juga :

Pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Astronomi, Cek Sekolahmu

Mereka adalah Dzaky Rafiansyah (SMA Semesta, Jawa Tengah), Zahran Nizar Fadhlan (SMAN 1 Padang, Sumatra Barat), Bryan Herdianto (SMAS Kanisius DKI Jakarta), Ferdinand (SMAS 1 Kristen BPK Penabur DKI Jakarta), dan Indra Rhamadan (SMAN 1 Manggar, Kepulauan Bangka Belitung).

Peserta IOAA merupakan siswa SMA/MA yang telah melalui seleksi berjenjang, yaitu OSN tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional, serta telah mengikuti pembinaan serta seleksi pembinaan. Sebelumnya, pada tanggal 28 Mei sampai 11 Juni 2023, telah dilaksanakan pembinaan tahap II IOAA 2023 yang diselenggarakan secara daring. Selanjutnya pada 28 Mei sampai 3 Juni 2023) dan luring 5 sampai 11 Juni 2023)di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan Tim Pembina Olimpiade Astronomi (TPOA) Indonesia.

Tujuan pembinaan II yaitu memberi pembekalan astronomi kepada peserta dan melakukan seleksi. Dari 17 peserta menjadi lima peserta yang akan menjadi calon peserta IOAA 2023. Kelima siswa tersebut selanjutnya akan mengikuti Tahap Pembinaan ke-III (pra-keberangkatan) pada tanggal 24 Juli 2023 untuk mengikuti pembinaan intensif dan kemudian siap berlaga di ajang IOAA tahun 2023.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hendarman, memberikan ucapan selamat dan motivasi kepada siswa yang terpilih. “Selamat kepada adik-adik yang terpilih menjadi bagian tim IOAA. Berikan prestasi yang terbaik untuk Indonesia,” kata Hendarman seperti dirilis laman puspresnas.

International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) merupakan salah satu ajang kompetisi internasional bidang astronomi. Kegiatan ini digelar sejak tahun 2007 dan dilaksanakan setiap tahun sekali. IOAA bertujuan mempromosikan minat yang tumbuh dalam astronomi dan ilmu terkait, khususnya melalui pendidikan untuk generasi muda, dan meningkatkan pengembangan kontak internasional dalam mempromosikan astronomi dan astrofisika di sekolah-sekolah.

Salah seorang siswa perwakilan Indonesia di IOAA, Dzaky Rafiansyah dari SMA Semesta, Jawa Tengah mengatakan ia sudah mempersiapkan yang terbaik untuk berjuang di IOAA 2023. “Sebagai siswa yang beruntung mewakili Indonesia dalam IOAA 2023, saya memiliki persiapan studi intensif yang matang untuk menghadapi IOAA ini. Saya berharap usaha selama tiga tahun berkecimpung dalam Olimpiade Astronomi ini dapat memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia di IOAA 2023,” jelas Dzaky.

Tim IOAA Indonesia akan didampingi oleh Dr Hakim L Malasan dan Dr rer nat M Ikbal Arifyanto sebagai Team Leader dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga :

Rebut 11 Medali, MAN 2 Kota Malang Kembali Jadi Sekolah Peraih Medali Terbanyak OSN Tingkat Nasional

Ini Juara OSN Tingkat Nasional 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Ekonomi, Cek dari Sekolahmu

Pemenang OSN Tingkat Nasional 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Kebumian, Jawa Timur Teratas

Ini Daftar Peraih Medali OSN Tingkat Nasional 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Biologi

Siswa SMP Mendominasi Pemenang OSN Tingkat Nasional 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Fisika

Pemenang OSN Tingkat Nasional Tahun 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Matematika, Ada dari Sekolahmu ?

Pemenang OSN Tingkat Nasional Tahun 2022 Jenjang SMA/MA Bidang Kimia, Banten dan Jabar Mendominasi

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler