Resmi Ditinggal Gundogan, City Langsung Kejar Declan Rice

City menyiapkan Rp 1,7 triliun untuk memboyong Declan Rice dari West Ham.

AP/Abbie Parr
Declan Rice diburu Manchester City.
Rep: Reja Irfa WIdodo Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City langsung bergerak cepat untuk bisa mencari pengganti Ilkay Gundogan. Pada hari yang sama seusai menampilkan wawancara perpisahan dengan Gundogan, The Citizens melayangkan tawaran perdana kepada West Ham United terkait kemungkinan perekrutan Declan Rice.

Baca Juga

Tidak tanggung-tanggung, City langsung menawarkan total biaya transfer hingga mencapai 90 juta poundsterling (Rp 1,7 triliun) kepada the Hammers.

''Pembayaran nilai transfer itu akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, City akan menggelontorkan 80 juta poundsterling. Sisanya, 10 juta poundsterling merupakan biaya transfer terkait bonus penampilan,'' tulis laporan Sky Sports, Selasa (27/6/2023) WIB.

Minat juara Liga Primer Inggris dalam dua musim terakhir terhadap Rice bukan tanpa alasan. Kendati gagal membawa the Hammers finish di papan tengah Liga Primer Inggris musim ini, Rice mampu mengantarkan West Ham United merengkuh titel UEFA Conference League pada musim ini.

Gelandang berusia 24 tahun itu menjadi kapten tim saat mengangkat trofi kompetisi Eropa pertama The Hammers dalam 58 tahun terakhir. Dari segi performa di atas lapangan, Rice merupakan salah satu gelandang paling konsisten di pentas Liga Primer Inggris.

Pada lima musim terakhir, Rice selalu mampu tampil lebih dari 30 partai di pentas Liga Primer Inggris. Bahkan, pada musim ini, eks jebolan akademi sepak bola Chelsea itu hanya absen satu partai di arena Liga Primer Inggris. Total, Rice telah merumput di 50 partai di semua kompetisi pada sepanjang musim ini.

Sejak memperkuat...

 

Sejak memperkuat tim utama the Hammers pada awal musim 2016/2017, Rice telah mengemas 245 penampilan di semua ajang. Kendati berposisi asli sebagai gelandang bertahan, Rice dinilai memiliki kemampuan untuk bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah. 

Pelatih City, Pep Guardiola, yang dikenal gemar melakukan eksperimen terkait posisi bermain, dinilai mampu memaksimalkan potensi Rice sebagai gelandang tengah. Bukan tidak mungkin, pemain yang masih terikat kontrak selama setahun bersama the Hammers itu bakal menempati posisi baru, yang sebelumnya ditempati Gundogan, apabila hijrah ke the Citizens. 

Kendati begitu, City bukan satu-satunya klub yang tertarik memboyong pemilik 43 caps buat timnas Inggris tersebut. Arsenal dilaporkan menjadi klub yang paling bernafsu mendatangkan Rice. Bahkan, the Gunners telah dua kali melayangkan tawaran buat the Hammers. Namun, dua tawaran itu masih mendapatkan penolakan dari manajemen the Hammers.

Nilai transfer yang ditawarkan the Gunners dinilai masih terlalu rendah dari banderol transfer yang ditetapkan manajemen the Hammers. West Ham United kabarnya siap melepas Rice apabila ada klub yang bersedia membayar 100 juta poundsterling. Di titik ini, tawaran City hanya memiliki selisih 10 juta poundsterling dari nilai transfer permintaan the Hammers.

 

 
Berita Terpopuler