Peran Amanah dalam Kehidupan Umat Islam

Allah SWT menitipkan sifat amanah kepada umat muslim.

retizen /Amalia Uyun Ayunda
.
Rep: Amalia Uyun Ayunda Red: Retizen

Menjadi pribadi yang dapat di percaya adalah sosok bertanggung jawab atas seluruh tugas-tugasnya. Hal ini dapat di jadikan tolak ukur sebagai pribadi yang dapat menjaga rahasia atau memiliki sifat amanah. Di dalam Islam, Allah SWT sudah menitipkan sifat amanah untuk dilaksanakan kepada para umatnya. Untuk memiliki sifat yang amanah tergantung manusianya, menginginkan atau tidak. Namun di dalam Islam memiliki sifat amanah adalah kewajiban setiap umat muslim. Oleh sebab itu, Allah SWT sangat membenci umatnya yang tidak memiliki sifat amanah dan memilih untuk berkhianat. Dan saat menjadi pribadi yang amanah, akan banyak sekali manfaat yang di terima, seperti menjadi pendengar yang baik, dapat di percaya, dll.

Sosok yang memiliki sifat amanah ialah dasar utama dalam berlangsungnya kehidupan sehari-hari. Karena dalam kehidupan sehari-hari akan sering bertemu dengan manusia yang memiliki berbagai kondisi perasaan dan sering kali di sampaikan melalui bercerita, dari sinilah mulai timbul sifat amanah yang wajib di lakukan.

Sifat amanah yang di berikan oleh Allah SWT kepada umatnya sangat luas, bukan hanya mencakup mengenai menjaga rahasia orang lain, tetapi juga menjalankan perintah-perintah yang di berikan oleh Allah SWT juga termasuk memiliki sifat amanah. Secara singkat, sifat amanah yaitu mengikuti segala perintah dan menghindari larangannya. Berikut beberapa contoh sifat amanah, yaitu :

1. Menjaga rahasia

Saat teman atau orang terdekat kita sedang bertukar cerita dan meminta untuk di rahasiakan alangkah baiknya kita tidak membocorkan cerita tersebut ke orang lain atau dijadikan bahan gosip. Karena untuk bercerita kepada orang lain membutuhkan rasa kepercayaan terhadap orang tersebut.

2. Memelihara yang telah di berikan oleh Allah SWT

Umat muslim semasa hidupnya sudah di beri titipan oleh Allah SWT dalam bentuk, umur yang panjang, kesehatan, kesuksesan, dan masih banyak lagi. Tugas kita sebagai umat muslim wajib menjaga yang sudah di titipkan oleh Allah SWT, karena itu termasuk bentuk rasa bersyukur dan terima kasih kita kepada Allah SWT.

3. Tidak melakukan tindakan korupsi

Hal ini sudah bukan sesuatu yang jarang terjadi namun marak terjadi dan sering di perbincangkan oleh banyak khalayak. Tindakan korupsi yaitu seseorang yang melakukan penyalahgunaan uang untuk kepentingan pribadi. Dan Allah SWT sangat membenci tindakan tersebut karena dapat merugikan orang lain.

4. Tidak menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan sama halnya dengan menambah pekerjaan. Sering kali menunda pekerjaan dengan beralasan mager, deadline masih jauh, dan masih banyak alasan yang digunakan. Namun dengan kita menunda pekerjaan bukan malah cepat selesai, yang ada kita menjadi pribadi yang pemalas dan pekerjaan akan semakin menumpuk. Maka dari itu apabila ada tugas, alangkah baiknya langsung di kerjakan dan waktu istirahat juga semakin banyak.

5. Bersikap jujur

Dengan memiliki sifat jujur, maka hidup terasa lebih mudah di jalani. Karena Allah SWT sangat menyukai umatnya yang bersikap jujur. Seperti kita melakukan kesalahan dan kita mengakui bahwa kita salah, itu akan menjadi nilai plus orang lain terhadap kita. Dan kita akan di kelilingi orang-orang baik.

6. Menjaga titipan

Di saat ada orang lain yang menitipkan barang, rumah, makanan, uang, dll. Maka harus menjaga titipan tersebut dengan baik, tidak boleh ada yang kurang. Jika terdapat kekurangan dari barang yang di titipkan maka harus bersikap jujur, tidak di perkenankan untuk berbohong dan memilih untuk menjauh.

7. Tindakan mengurangi takaran

Ketika menjual barang seperti beras dan ada customer yang membeli beras 1kg namun dari pihak penjual mengurangi timbangan tersebut, tindakan tersebut tentu tidak amanah dan merugikan pembeli.

Sifat-sifat amanah tersebut memang sebagian ada yang melaksanakan dan sebagiannya tidak. Bisa di tinjau melalui lingkungan sekitar atau orang terdekat, masih ada umat muslim yang melalaikan sifat amanah. Banyak ibu-ibu berkumpul untuk bergosip, menceritakan rahasia tetangganya, dan hal itu sudah seperti rutinitas bagi mereka.

Menanamkan sifat amanah kepada diri sendiri bukanlah kerugian melainkan sebuah keuntungan serta kebaikan yang belum tentu orang lain mampu melakukannya. Banyak dampak baik yang akan kita terima saat memiliki sifat amanah, yaitu : Kita akan lebih mudah di percaya orang, di kelilingi orang baik, dan Allah SWT akan memberikan jaminan kehidupan yang sukses.

Dalam sifat amanah memiliki akar yang sering kali umat muslim merasa susah menjadi pribadi yang Istiqomah untuk menjalankan amanah tersebut. Karena bentuk amanah yaitu, menyampaikan seluruh hal yang terjadi melalui lisan dan perbuatan.

Untuk memiliki serta menjalankan amanah memang tidak mudah sama halnya kita di beri tanggung jawab besar oleh seseorang. Namun bagi umat muslim terutama perempuan, menjaga amanah memang sangat sulit untuk di lakukan, karena terlalu banyak cobaan, salah satunya berkhianat. Hingga terdapat istilah yang ditujukan ke perempuan, bahwa lisan wanita itu tajam.

 
Berita Terpopuler