Sikap Anak di Rumah Berbeda dengan Sekolah, Jangan Buru-Buru Bantah Penjelasan Guru

Ada kalanya sikap anak di sekolah tak sebaik saat di rumah.

Prayogi/Republika.
Mengambil rapor anak (Ilustrasi). Saat ambil rapor, tanyakan juga bagaimana sikap anak di sekolah.
Rep: Desy Susilawati Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ambil rapor, selain menanyakan kemampuan akademis, orang tua juga biasanya menanyakan sikap buah hatinya di sekolah. Apakah anak tampil sebagai pribadi yang baik atau justru memiliki sikap kurang baik?

Jika dari penjelasan guru ternyata anak memiliki sikap kurang baik di sekolah, biasanya orang tua sedikit tidak terima. Apalagi, jika orang tua menilai sikap anaknya baik-baik saja di rumah. Praktisi psikolog keluarga, Nuzulia Rahma Tristinarum, menyarankan orang tua jangan terburu-buru membantah penjelasan guru.

"Sebaiknya, didengarkan dan dicerna baik baik. Bisa jadi memang anak menampilkan hal yang berbeda antara di rumah dan di sekolah," ujar perempuan yang akrab disapa Lia itu kepada Republika.co.id, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga

Lia menyarankan untuk menyampaikan dengan baik-baik mengenai kondisi anak jika di rumah seperti apa. Perbedaan ini justru bisa jadi masukan bagi kedua belah pihak baik orang tua maupun guru dalam memahami anak dan memahami bagaimana memperlakukan anak dengan tepat

"Jika sikap anak yang kurang baik itu ditampakkan di sekolah, maka boleh meminta guru memberi nasihat pada anak," ujar perempuan yang juga berprofesi sebagai konselor, trainer, dan juga penulis ini.

Sementara itu, jika sikap yang kurang baik hanya ditampakkan di rumah, maka orang tua bertanggung jawab sepenuhnya dalam mengoreksi perilaku anaknya.

 
Berita Terpopuler